Wow! 30 Juta Anak Indonesia Mainkan Gim Online Setiap Hari

Foto: Pexel

Kepopuleran mobile game tidak dapat dipungkiri melonjak drastis beberapa waktu terakhir. Semakin murahnya harga ponsel pintar serta murahnya harga paket internet bisa jadi menjadi dua faktor utama industri gim online dapat berkembang dengan sangat pesat. Tidak hanya menyasar orang dewasa, jumlah anak-anak yang menyukai mobile game pun sangat besar.

Baca juga: Mobile Legends: Bang Bang Mulai Gak Laku? Ini Alasannya

Menurut Plt. Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, di Indonesia saja ada sekitar 142 juta pengguna internet dengan 30 juta di antaranya adalah anak-anak yang gemar bermain gim. Jumlah ini tercatat aktif menggunakan internet untuk bermain gim setiap hari. Lebih lanjut, Ferdinandus menjelaskan banyak di antara anak-anak ini memainkan gim yang tidak sesuai dengan usianya.

Baca juga: Bukan Hanya Dilarang, PUBG Mobile Bakal Difatwa Haram di Indonesia?

Hal ini sangat disayangkan karena menurut Ferdinandus, gim seharusnya didasari dengan batasan umur. Batasan umur gim idealnya mulai dari 3 tahun 7 tahun, 13 tahun, 18 tahun hingga gim untuk dewasa. Gim untuk dewasa ini, menurut Ferdinandus adalah gim-gim dengan konten pornografi dan kekerasan vulgar. Gim-gim dewasa semacam ini yang menurutnya bisa diblokir agar tidak beredar di Indonesia.

Baca juga: Baru Satu Tahun Dirilis, PUBG Mobile Raih Banyak Penghargaan Bergengsi

Mengenai gim yang sedang menjadi sorotan saat ini, yakni gim PUBG yang sedang dalam proses pengkajian oleh MUI dan Kominfo. Gim dengan tema pertarungan ini dianggap perlu dipertimbangkan untuk dilarang mengingat potensinya untuk mempertontonkan kekerasan kepada para pemainnya, khususnya anak-anak. Selain itu, gim ini baru-baru ini juga mendapat kecaman karena menampilkan ikon kotak yang dianggap mirip dengan Kabah.

Baca juga: Menyusul India, Malaysia Akan Larang Gim PUBG?

Waduh, ternyata banyak banget anak-anak Indonesia yang main game online tiap hari, ya, Sobat. Anak atau adik Sobat suka main game online juga? Ini dia rekomendasi gim untuk anak usia 7-9 yang bisa Sobat kenalkan kepada anak kecil di sekitar Sobat agar tidak memainkan gim yang tidak sesuai dengan usia mereka.

Jangan lewatkan informasi terkini mengenai topik favoritmu. Pastikan kuota internetmu selalu terisi dengan Unitedtronik. Dapatkan aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store sekarang juga.