Fitur Baru Instagram Diuji, Bisa Blokir Bully

Nampaknya Instagram belum akan berhenti melakukan upaya agar platform-nya bersih dari bullying atau perundungan. Salah satu langkah teranyar yang dilakukan adalah dengan uji coba fitur baru Instagram, di mana pengguna bisa melakukan shadowban terhadap pengguna lain.

Uji Coba Fitur Baru Instagram

Dengan shadowban, pemilik akun bisa “membatasi” visibilitas komentar yang ditinggalkan oleh pengguna tertentu. Ketika seorang pengguna di-shadowban, komentar yang ia tinggalkan hanya bisa dilihat oleh pengguna itu sendiri. Sementara itu, pengguna Instagram lainnya tidak bisa melihat komentar yang ditulis oleh pengguna yang di-shadowban tersebut.

Ilustrasi cara pemilik akun men-shadowban pengguna pelaku perundungan online di Instagram. (Foto: Instagram)

Selain membatasi visibilitas komentar, pengguna yang di-shadowban juga tidak akan bisa melihat tanda jika pemilik akun sedang online di Instagram. Jika pengguna tersebut mengirim pesan kepada pemilik akun yang men-shadowban lewat fitur Direct Message, pengguna pun tidak bisa mengetahui apakah pesannya sudah terbaca atau belum.

Upaya untuk Kurangi Komentar Ofensif

Instagram juga membuat pengumuman lain secara terpisah soal fitur baru yang juga punya tujuan sama. Fitur baru Instagram tersebut memanfaatkan teknologi AI untuk menandai komentar yang diidentifikasi sebagai komentar kasar, hinaan, atau ofensif. Kemudian, Instagram akan menampilkan pertanyaan apakah pengguna akan tetap mengirim komentar tersebut atau tidak. Fitur baru ini juga menawarkan fitur Undo agar komentar yang sudah terlanjur dikirim bisa dibatalkan.

Berdasarkan keterangan dari Instagram, fitur baru yang telah dicoba ini mendorong beberapa pengguna agar merenungkan isi komentarnya dan membatalkan apa yang ia tuliskan. Walaupun “beberapa pengguna” tersebut tidak bisa dipastikan angka pastinya, dan masih ada pengguna yang tetap mengirimkan komentar walaupun ia sadar kalau yang ia tuliskan kasar.

Kalau menurut Sobat, apakah kedua fitur baru Instagram tersebut memang benar-benar dibutuhkan oleh para pengguna platform ini?

Yuk, mulai budayakan untuk menggunakan media sosial dengan bijak! Supaya makin lancar mainan Instagram-nya, jangan lupa teratur isi kuota internet Sobat, ya. Sobat bisa isi paket sendiri tanpa harus antri di konter #denganUnitedtronik, lho. Cukup dengan satu aplikasi, Sobat bisa beli pulsa dan paket data dari provider mana saja! #tanparibet

Download aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store, ya. Untuk tawaran dan promosi dari provider favorit Sobat, cek di sini.