Hati-hati! 4 Tanda Ini Jadi Sinyal Sobat akan Sulit untuk Sukses

Beberapa tanda Sobat akan sulit untuk sukses. (Foto: phys.com)

Terlepas dari jumlah gaji, kemampuan seseorang mengelola keuanganlah yang lebih menentukan kemungkinan kesuksesan seseorang. Seseorang dengan pendapatan kecil bisa sukses jika mampu mengelola keuangan dengan baik. Sebaliknya, jika penghasilan Sobat besar namun Sobat tidak pandai mengelola, bisa jadi Sobat tidak akan memiliki apa-apa pada akhirnya.

Beberapa tanda di bawah ini menjadi sinyal bahwa Sobat masih kurang bijak dalam mengelola keuangan. Berikut beberapa tanda yang menunjukkan Sobat masih akan sulit untuk sukses karena tidak pandai mengelola uang.

Tidak terpikir untuk menabung

Tidak punya tabungan. (Foto: unsplash.com)

Setiap bulan, Sobat menggunakan seluruh gaji untuk bermacam-macam kebutuhan. Entah itu kebutuhan primer, sekunder maupun tersier, sudah menguras habis pendapatan Sobat. Meski demikian, Sobat merasa baik-baik saja dan tidak memikirkan untuk menabung. Jika Sobat mengalami hal ini, maka Sobat harus mulai memikirkan untuk menyisihkan uang untuk menabung tiap bulan.

Gaji untuk bertahan hidup

Uang gajian selalu habis duluan. (Foto: Guardian)

Sobat merasakan hidup dari gaji ke gaji saja? Dalam artian, di tiap bulan, uang Sobat sudah benar-benar menipis dan harus ekstra berhemat untuk bisa bertahan, padahal secara hitung-hitungan, gaji Sobat cukup untuk hidup sebulan? Jika iya, hal itu menjadi pertanda bahwa ada yang salah dengan gaya hidup Sobat. Entah Sobat gemar belanja atau jajan yang di luar hitungan pengeluaran.

Tidak punya hitungan pengeluaran

Tidak mencatat pengeluaran tiap bulan. (Foto: Techinasia)

Di pertengahan bulan, Sobat kaget karena isi rekening sudah menipis. Sobat pun tidak betul-betul ingat ke mana perginya uang Sobat. Jika hal tersebut terjadi, maka Sobat harus segera memperbaikinya. Catat semua pengeluaran Sobat mulai dari yang terkecil hingga terbesar sehingga Sobat benar-benar menyadari ke mana Sobat membelanjakan pendapatan Sobat dari waktu ke waktu.

Tidak punya dana darurat

Tak punya dana darurat. (Foto: Reuters)

Salah satu tanda bahwa Sobat belum mampu untuk sukses mengelola keuangan adalah Sobat tidak memiliki dana darurat. Jika ada hal di luar dugaan yang membutuhkan dana lebih, Sobat mengatasinya dengan berhutang kepada teman/saudara. Padahal. berhutang akan membuat jatah anggaran untuk bulan depan terpaksa berkurang juga. Maka dari itu, mulai sisihkan pendapatan untuk dana darurat agak Sobat tidak kelimpungan saat membutuhkannya.

Gimana, Sobat? Apa Sobat masih dalam kondisi di atas? Jika iya, #YukMulai atur keuangan lagi. Biar Sobat memiliki tabungan dan tidak hanya bertahan dari bulan ke bulan. Dengan memiliki tabungan, setidaknya, gaji Sobat tidak habis begitu saja demi kebutuhan-kebutuhan yang sebeneranya tidak Sobat perlukan.