iPrice: Harbolnas 11.11, Orang Indonesia Belanjakan Rata-Rata Rp 300.000-an

Transaksi Belanja Online

Pada gelaran Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) pada 11 November kemarin – atau 11.11 – jadi momen yang dimanfaatkan para warganet Indonesia untuk berburu beragam barang dengan harga miring. Hal ini ditunjukkan dengan adanya berbagai macam promo yang ditawarkan sejumlah e-commerce dan marketplace untuk memeriahkan acara tersebut.

Lantas, berapa ya rata-rata pengeluaran pada momen Harbolnas 11.11 kemarin, terutama yang dibelanjakan oleh orang Indonesia? Rupanya, hal ini tidak luput dari perhatian para periset, seperti iPrice yang bergerak di bidang riset pasar.

Ilustrasi Belanja Online

Produk fashion jadi salah satu kategori paling laris sepanjang Harbolnas 11.11 kemarin. (Foto: The Opera Blog)

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh iPrice, disimpulkan bahwa orang Indonesia rata-rata membelanjakan uang sebesar Rp 319.000 selama momen Harbolnas 11.11 kemarin. Angka tersebut diperoleh berdasarkan rata-rata nilai produk barang yang ada di dalam keranjang belanja mereka sepanjang periode tersebut.

Dalam keterangan tertulis iPrice dan dilansir dari KompasTekno pada Jumat (22/11/2019), warga Indonesia paling banyak membelanjakan uang mereka untuk produk elektronik selama Harbolnas 11.11. Rata-rata nilai produk elektronik itu sendiri mencapai Rp 409.000.

Berada di belakang produk elektronik adalah perabot rumah tangga dan fashion. Untuk kedua kategori tersebut, rata-rata nilai belanjaan di keranjang adalah Rp 203.000 (rumah tangga) dan Rp 199.000 (fashion).

Kalau ada produk yang paling laris, apa kategori produk yang kurang laku? Berdasarkan data iPrice, kategori produk yang kurang laris adalah otomotif. Rata-rata nilai produk otomotif di keranjang belanja bahkan hanya Rp 104.000, dan nilai tersebut adalah yang paling rendah dibandingkan kategori lainnya.

Seluruh data yang terangkum di dalam studi iPrice tersebut diperoleh dari rekaman transaksi lewat situs iPrice.co. Situs tersebut menghubungkan lebih dari 94 juta produk dari ratusan online merchant di Indonesia.

Data yang dikumpulkan untuk studi ini diperoleh dari rekaman transaksi belanja online untuk tujuh kategori produk dalam situs iPrice saat berlangsungnya Harbolnas 11.11, yaitu: elektronik, kesehatan dan kecantikan, fashion, olahraga dan aktivitas luar ruangan, rumah tangga, otomotif, dan mainan anak.

Baca juga: Sekarang Bisa Bayar Gojek dengan LinkAja, Bagaimana Cara Aktivasinya?

Harbolnas 11.11 sudah lewat, Harbolnas 12.12 siap di depan mata. Apakah Sobat sudah siap? Supaya belanja makin lancar dan mudah, isi ulang paket data Sobat setiap saat Sobat membutuhkannya lewat aplikasi Unitedtronik, ya! Beli paket data makin mudah, bahkan sambil tiduran di sofa dan belanja.

Download aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store sekarang juga, gratis!