Layanan VPN Mozilla Buat Firefox, Lebih Aman

Logo Layanan VPN Mozilla untuk Firefox

Belum lama ini, Mozilla mengumumkan keberadaan layanan Virtual Private Network (VPN) gratisan untuk mesin perambahnya, Firefox. Layanan VPN Mozilla tersebut diberi nama Firefox Private Network, yang dapat digunakan untuk melindungi pengguna saat berselancar di dunia maya. Hanya saja, Mozilla mengklaim layanan VPN-nya tersebut jauh lebih aman.

Layanan VPN ini berbasis Firefox, yang artinya pengguna hanya bisa mendapatkan perlindungan dari Mozilla jika menggunakan browser Firefox. Fungsinya pun bisa diterapkan ketika pengguna ingin berselancar di dunia maya saat terhubung dengan Wi-Fi publik atau jika pengguna tidak ingin dibuntuti oleh pelacak iklan.

Baca juga: GoJek Luncurkan GoGames. Surga Gamers dalam Satu Platform

Saat ini, layanan VPN Mozilla tersebut masih dikembangkan dalam versi beta dan baru bisa dijajal oleh para pengguna Firefox di Amerika Serikat. Kemudian, pengguna juga harus masuk ke dalam akun Firefox terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan Firefox Private Network.

Layanan VPN Mozilla

Ilustrasi fitur Firefox Private Network saat digunakan. (Foto: KultureGeek)

Mirip seperti layanan VPN lainnya, alamat IP pengguna akan diubah begitu VPN aktif sehingga alamat yang sesungguhnya dapat disembunyikan dari pihak ketiga, terutama mereka yang ingin melacak aktivitas browsing pengguna. Meski demikian, VPN untuk Firefox ini hanya akan “memindah” alamat IP ke alamat yang wilayahnya berdekatan. Dengan begitu, iklan lokal pun masih berpotensi menyusup.

Layanan VPN ini untuk sementara waktu dapat dinikmati secara gratis. Nantinya, Mozilla akan membebankan biaya untuk penggunaan Firefox Private Network. Nampaknya layanan ini akan menjadi salah satu fitur premium dari layanan berbayar yang saat ini tengah disiapkan Mozilla untuk diluncurkan bulan Oktober.

Kalau Sobat lebih tertarik mana, menggunakan VPN untuk Firefox atau layanan VPN gratisan lainnya? Nah, apapun pilihan Sobat, yang penting jangan lupa isi ulang paket datanya supaya Sobat bisa bebas berselancar di dunia maya kapan saja. Apalagi, Sobat bisa beli paket data lewat aplikasi Unitedtronik langsung dari smartphone, bahkan sambil internetan di kasur, lho!

Belum punya aplikasinya? Gampang, Sobat bisa download langsung di Play Store dan App Store kok!