Masuk Daftar Hitam AS, 3 Smartphone Baru Huawei Tetap Rilis

Seri Smartphone Baru Huawei Diumumkan

Melalui acara perkenalan produk di Cina, Huawei memamerkan tiga smartphone baru yang masuk ke dalam jajaran seri Huawei Nova 5. Ketiga smartphone baru Huawei tersebut adalah Nova 5, Nova 5 Pro, dan Nova 5i.

Uniknya, acara tersebut berlangsung di tengah keriuhan perang dagang antara pemerintah AS dengan Cina, yang berujung pada masuknya Huawei ke dalam daftar hitam AS sehingga masa depan smartphone produksi perusahaan ini jadi tak jelas. Pasalnya, masuknya Huawei ke dalam daftar hitam AS – atau yang punya nama resmi Entity List – membuat beberapa perusahaan dilarang melakukan transaksi dengan perusahaan Cina tersebut, termasuk Google yang memutus lisensi Android untuk smartphone Huawei di masa depan.

Perangkat Smartphone Baru Huawei: Nova 5 dan Nova 5 Pro

Tampilan Desain Empat Kamera Belakang Huawei Nova 5

Seri smartphone Huawei Nova 5 akan dibekali dengan empat kamera belakang. (Foto: SoyaCincau)

Sementara itu, perangkat Huawei Nova 5 akan turut memperkenalkan chipset baru, yaitu Kirin 810. Sedangkan untuk Nova 5 Pro, perangkat ini akan dibekali dengan prosesor flagship Huawei, yaitu Kirin 980, yang juga disematkan pada P30 Pro dan Mate 20. Baik Kirim 810 dan Kirin 980 sama-sama merupakan prosesor octa-core – perbedaannya terletak pada inti chipset yang lebih hemat energi untuk Kirin 980.

Kemudian, untuk kapasitas penyimpanan dan RAM-nya, Huawei pun membedakan antara Nova 5 dengan Nova 5 Pro. Untuk Nova 5, perangkat ini punya RAM 6GB dengan ruang penyimpanan 128GB. Sementara itu, Nova 5 Pro punya RAM 8GB dengan kapasitas penyimpanan internal mencapai 256GB.

Baca juga: Perilisan Mate X Ditunda, Huawei Tuding Kegagalan Galaxy Fold Jadi Penyebabnya

Meski demikian, keduanya pada dasarnya merupakan perangkat yang nyaris serupa. Masing-masing punya layar OLED berukuran 6,39 inci dengan notch tetesan air super kecil, serta rangkaian empat kamera belakang. Keempat kamera tersebut terdiri atas kamera utama 48MP, 16MP sensor ultrawide, 2MP sensor kedalaman, dan 2MP sensor macro. Keduanya juga sama-sama punya baterai berkapasitas 3.500 mAh, sambungan charger USB-C, in-display fingerprint scanner, dan lubang untuk earphone.

Huawei Nova 5i

Desain Muka dan Belakang Huawei Nova 5i

Beda dengan kedua “kakak”-nya, Nova 5i punya punch hole di layar. (Foto: The Verge)

Selain Nova 5 dan Nova 5 Pro, ada juga Nova 5i yang masuk ke dalam daftar smartphone baru Huawei siap rilis. Berbeda dengan kedua “kakak”-nya, Nova 5i diproduksi untuk menyasar segmen menengah, dan punya layar LCD dengan hole-punch. Di samping itu, prosesornya pun lebih lamban, yaitu Kirin 710. Perbedaan lainnya adalah resolusi yang lebih rendah untuk konfigurasi kamera belakangnya. Walaupun sama-sama punya empat kamera, kamera utamanya hanya punya resolusi 24MP, sedangkan untuk sensor ultrawide-nya adalah 8MP.

Harga Seri Huawei Nova 5

Huawei sudah mengonfirmasi bahwa ketiga produk baru tersebut akan meluncur di Cina pada akhir Juni, di tanggal yang berbeda. Untuk Nova 5, tanggal penjualan perdananya adalah 20 Juni dengan harga 2.799 yuan (sekitar Rp 5,7 juta). Sementara itu, Nova 5 Pro dan 5i akan dijual mulai 28 Juni pada harga 2.999 yuan (Nova 5 Pro, sekitar Rp 6,1 juta) dan 2.199 yuan (Nova 5i, sekitar Rp 4,5 juta).

Hanya saja, mengingat situasi yang saat ini sedang dialami Huawei, masih belum diketahui kapan atau apakah ketiga smartphone tersebut akan dirilis di luar Cina. Artinya, Sobat yang tertarik dengan produk ini perlu rajin-rajin mengikuti informasi terbaru soal Huawei. Agar Sobat tidak pernah kelewatan berita terbaru, isi sendiri paket internet Sobat dengan UnitedtronikDownload aplikasinya di Play Store dan App Store .

Dapatkan promo menarik dari Unitedtronik untuk paket favorit Sobat di sini.