Melunasi Cicilan Lebih Awal, Menguntungkan atau Merugikan?

Melunasi Cicilan Lebih Awal

Melunasi cicilan utang, selain merupakan kewajiban, tentu bisa membuat hidup jadi terasa lebih mudah, Sebab, kewajiban berupa cicilan utang jadi segera terpenuhi, kan? Meski begitu, apakah melunasi kewajiban utang Sobat lebih cepat benar-benar menguntungkan?

Seperti yang dilansir dari Cermati, berikut ini adalah pro dan kontra dari melunasi cicilan lebih awal. Simak ulasannya berikut ini, yuk!

Keuntungan Melunasi Cicilan Kredit Lebih Awal

1. Menghemat Pengeluaran dan Memperingan Pembayaran Bunga Pinjaman

Membayar Cicilan Kredit

Ada bunga yang juga harus dibayarkan di dalam setiap cicilan. (Foto: FriendlyScore)

Ketika melunasi cicilan pinjaman, Sobat pasti sadar kalau ada bunga yang dibebankan pada setiap pembayaran cicilan, kan? Karena adanya bunga ini, banyak orang yang beranggapan bahwa makin cepat pinjaman dilunasi, bunga yang dibebankan makin ringan.

2. Bisa Menggunakan Uang untuk Kebutuhan Lain

Menabung untuk Kebutuhan

Setelah dilunasi lebih awal, uang bisa segera dimanfaatkan atau ditabung untuk kebutuhan lain yang penting. (Foto: DNA India)

Begitu menerima gaji, Sobat pasti juga perlu menggunakan uangnya untuk kebutuhan sehari-hari di rumah, kan? Sementara itu, ada cicilan kredit yang harus dipenuhi juga. Nah, karena inilah dengan membayar sisa cicilan lebih cepat daripada tenor yang ditentukan, banyak yang merasa bahwa akan ada lebih banyak dana di masa depan yang bisa dimaksimalkan untuk kebutuhan lain, atau bahkan menabung.

3. Munculnya Rasa Lega dan Nyaman dalam Hati

Ilustrasi Kebahagiaan

Setelah tanggungan utang selesai dilunasi, hati jadi terasa lebih tenang dan nyaman. (Foto: Medium)

Meskipun keputusan untuk berutang dilakukan karena adanya tuntutan kebutuhan mendesak, tak sedikit orang yang merasa terbebani, bahkan merasa “tersiksa” karena adanya tanggungan cicilan yang perlu dilunasi. Kalau Sobat adalah salah satunya, Sobat barangkali bisa mempertimbangkan keputusan untuk melunasi pinjaman dengan lebih cepat agar hati terasa lebih tenang.

Kerugian Melunasi Cicilan Lebih Cepat

1. Bunga yang Telah Ditetapkan Tetap Harus Dibayarkan

Penghitungan Bunga untuk Melunasi Cicilan

Dilunasi lebih awal atau sesuai skedul, jumlah bunga pinjaman yang harus dibayar tetap sama. (Foto: WikiHow)

Ketika Sobat mengajukan pinjaman, jumlah cicilan per periode telah ditentukan berdasarkan tenor atau masa pinjaman. Di dalam jumlah cicilan tersebut, ada bunga yang perlu dibayarkan. Rupanya, bunga pinjaman untuk setiap pembayaran cicilan tidak bisa dikurangi meskipun Sobat membayar cicilan lebih cepat dan ingin melunasi lebih awal. Artinya, jumlah total pembayaran yang Sobat lakukan tetap sama dengan total pembayaran dengan tenor yang telah ditentukan sebelumnya.

2. Uang untuk Melunasi Cicilan Bisa Digunakan untuk Kebutuhan Lain

Dompet Kosong

Langsung melunasi cicilan justru bisa menguras isi tabung. (Foto: Busy)

Sobat barangkali sudah merencanakan dengan baik sumber dana yang digunakan untuk membayar cicilan utang, misalnya dari gaji bulanan. Kemudian, ketika muncul keinginan untuk melunasi utang lebih awal, Sobat jadi terpikir untuk menggunakan simpanan atau tabungan agar bisa membayar semua cicilan yang masih terutang.

Padahal, dalam pembuatan anggaran keuangan yang baik, tabungan harus disiapkan untuk tujuan khusus yang sudah jelas. Kecuali memang tabungan tersebut disiapkan untuk melunasi utang – yang kemungkinannya sangat kecil terjadi – sebaiknya usahakan agar Sobat tidak perlu mengambil langkah ini. Pasalnya, bisa jadi ada hal-hal bersifat darurat yang akan terjadi di masa depan ketika tabungan Sobat sudah berkurang atau bahkan habis. Akibatnya, Sobat malah jadi terpaksa berutang lagi.

3. Bisa Memengaruhi Riwayat Kredit

Ilustrasi Skor Kredit Melunasi Cicilan

Selain tercatat dalam riwayat kredit, pelunasan cicilan lebih awal juga bisa memengaruhi skor kredit. (Foto: Duitologi)

Ketika Sobat mengajukan pinjaman dari lembaga keuangan resmi, hal tersebut akan tercatat di dalam histori atau riwayat kredit Sobat. Nah, rupanya jika Sobat melunasinya lebih cepat, hal tersebut bisa memengaruhi skor atau penilaian kredit Sobat, lho! Pasalnya, perusahaan maupun lembaga keuangan penyedia kredit rupanya lebih menyukai nasabah dengan pembayaran cicilan yang dilakukan secara berkala sesuai dengan kesepakatan yang dibuat sampai tenornya berakhir.

Pada akhirnya, apapun keputusan Sobat terkait dengan pembayaran pelunasan cicilan ada di tangan Sobat sendiri. Dengan mengetahui pro-kontra pembayaran cicilan lebih awal seperti yang dirangkum di atas, semoga Sobat bisa membuat keputusan dengan lebih cermat, ya!

Kalau melunasi cicilan lebih awal saja bisa memengaruhi riwayat kredit, bagaimana kalau sering terlambat atau mangkir saat harus melakukan pembayaran cicilan, ya? Bagi Sobat yang terpaksa harus mengambil kredit sehingga kondisi keuangan jadi serba pas-pasan, Sobat bisa manfaatkan penghasilan tambahan untuk membantu meringankan beban, lho.

Apalagi, sekarang ada banyak ide bisnis sampingan untuk penghasilan tambahan yang bisa dimulai hanya dengan modal minim. Contohnya jadi agen pulsa dan pembayaran PPOB dengan aplikasi Unitedrtronik. Bahkan, modal awal untuk berjualan bisa Sobat tentukan sendiri tanpa harus senilai jutaan, kok! Praktis, kan?

Jadi, tunggu apa lagi? Buat kondisi keuangan makin lega dengan penghasilan tambahan lewat peluang usaha sampingan sebagai mitra Unitedtronik. Download aplikasinya sekarang juga di Play Store dan App Store, gratis!