Mengenal WhatsApp Pay, E-Wallet yang Akan Masuk Indonesia

Logo WhatsApp

Beberapa waktu belakangan ini, santer diberitakan kabar soal WhatsApp Pay yang akan masuk ke Indonesia. Seperti yang namanya tunjukkan, metode pembayaran non-tunai ini diusung oleh aplikasi perpesanan WhatsApp yang berada di bawah naungan Facebook.

Seperti yang dikutip dari Reuters, sumber anonim menyebutkan bahwa WhatsApp saat ini sedang dalam tahap diskusi dengan beberapa penyedia layanan e-wallet alias dompet digital Tanah Air, yaitu GoPay, OVO, dan DANA. Meski demikian, belum ada konfirmasi resmi dari pihak-pihak terkait soal masuknya WhatsApp Pay di Indonesia.

Ilustrasi Pembayaran dengan WhatsApp Pay

Ilustrasi transaksi pembayaran lewat WhatsApp. (Foro: imandiri)

WhatsApp Pay sendiri bukan nama baru di dunia pembayaran digital. Pasalnya, fitur ini sudah lebih dulu diuji coba di India sejak Februari 2018. Di negara tersebut, WhatsApp menawarkan metode pembayaran peer-to-peer di mana akun WhatsApp pengguna dapat dihubungkan dengan akun perbankan. Dengan begitu, pengguna pun dapat mengirim uang maupun melakukan transaksi keuangan lewat WhatsApp.

Hanya saja, karena ketatnya peraturan soal pembayaran non-tunai di Indonesia, WhatsApp Pay akan hadir hanya sebagai platform untuk mendukung transaksi pembayaran non-tunai lewat e-wallet lokal.

Sumber anonim yang membocorkan informasi ini menambahkan bahwa masuknya platform ini ke Indonesia menjadi langkah awal WhatsApp sebelum meluncurkan layanan serupa di negara berkembang lainnya. Selain itu, strategi yang dipilih pun dilakukan untuk menyiasati regulasi lokal, mengingat posisi WhatsApp sebagai pemain asing di pasar Tanah Air.

Baca juga: Pusing Cari Nama? Google Lebih Pilih Android 10

Kalau menurut Sobat, apakah kehadiran e-wallet dari WhatsApp ini punya potensi sukses di Indonesia? Sambil menunggu kehadiran WhatsApp Pay secara resmi, Sobat bisa terus update informasi terkini dengan paket data yang tak pernah mati. Apalagi, Sobat bisa beli sendiri paket internet favorit lewat aplikasi Unitedtronik, lho. Dapatkan aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga!