Mirip Aplikasi Ubah Wajah, Website Ini Sulap Foto Jadi Lukisan Klasik yang Nyeni

Situs aiportraits Ubah Foto Jadi Lukisan Klasik

Dalam beberapa waktu belakangan ini, aplikasi ubah wajah FaceApp sedang jadi topik populer bukan hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Dengan aplikasi tersebut, Sobat bisa “sulap” wajah jadi terlihat tua. Sayangnya, isu privasi pada FaceApp membuktikan bahwa aplikasi yang kelihatannya hanya untuk iseng-iseng saja tersebut punya tujuan terselubung yang menyangkut data pengguna, terutama foto wajahnya.

Nah, kalau Sobat ingin menjajal serunya menyulap wajah jadi berbeda tanpa harus mengkhawatirkan masalah privasi seperti pada aplikasi ubah wajah, Sobat bisa kunjungi situs aiportraits.com. Dalam situs yang dibangun oleh para peneliti di MIT-IBM Watson AI Lab tersebut, Sobat bisa mengubah foto jadi 100% lebih artistik.

Bukan Aplikasi Ubah Wajah, Ini Cara Kerja aiportraits

Hasil Foto yang Berbeda dari Aplikasi Ubah Wajah

Wah, foto Steve Jobs jadi lukisan klasik! (Foto: Bright)

Di aiportraits, terdapat sebuah algoritme yang diterapkan pada 45.000 potret klasik untuk mengubah foto pengguna ke dalam sebuah lukisan. Database yang dimiliki menyimpan banyak gaya lukis, mulai dari van Gogh, Rembrandt, sampai Titian.

Para peneliti yang menggarap situs ini menjelaskan bahwa cara kerja algoritme airportraits pun berbeda dibandingkan potret buatan AI pada aplikasi smartphone. Pasalnya, algoritme airportraits bukan hanya “menggambari” wajah pada foto yang diunggah dalam gaya yang baru. Justru di situs ini, algoritmenya menggunakan metode yang disebut dengan generative adversarial network (GAN) untuk menghasilkan gambar baru dari nol.

Dalam foto yang diunggah pengguna, adanya beberapa elemen atau fitur tertentu akan memberi “tanda” pada algoritme agar memilih gaya potret tertentu. Jika Sobat menjajal mengunggah selfie yang berbeda, akan ada hasil potret yang berbeda juga.

Contoh Foto yang Diproses Lewat aiportraits

Karena elemen khusus pada foto aslinya, algoritme akan pilih gaya lukisan yang paling pas. (Foto: The Verge)

Lantas, bagaimana soal keamanan privasi Sobat jika menggunakan airportraits? Berdasarkan penjelasan yang ada, foto-foto yang Sobat unggah di situs ini akan dikirim ke server untuk menghasilkan lukisan portrait. Meski begitu, para peneliti berjanji bahwa mereka tidak akan menggunakan data Sobat untuk tujuan apapun. Foto yang diunggah pun akan dihapus dengan segera.

Sobat tertarik mengubah wajah di situs ini? Jangan lupa pastikan paket internet Sobat masih aktif supaya koneksinya tidak terputus di tengah jalan, ya! Sobat bisa beli paket internet sendiri sambil tiduran di kasur lewat aplikasi Unitedtronik, lho!

Dapatkan aplikasinya di Play Store dan App Store, dan temukan berbagai promo menarik dari Unitedtronik di sini.