Demi Pendidikan Finansialnya, Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengenalkan Uang pada Anak

Ilustrasi Orang Tua Mengenalkan Uang pada Anak

Sebagai orang tua, Sobat pasti sadar kalau ada berbagai hal penting yang perlu diajarkan kepada anak sejak dini. Bukan hanya soal baca-tulis-hitung saja, tapi juga soal keahlian atau pengetahuan tertentu yang akan berguna ketika buah hati Sobat tumbuh dewasa. Salah satunya adalah bagaimana mengenalkan uang pada anak.

Mengenalkan uang pada anak bukan hanya soal menghitung, tapi juga soal kebiasaan si kecil dalam menggunakan uang. Apalagi, anak juga perlu dibiasakan untuk menabung. Kalau begitu, apa saja yang bisa Sobat lakukan untuk mengajarkan uang kepada buah hati?

Cara Mengenalkan Uang pada Anak

1. Mengenalkan Uang pada Anak Lewat Permainan

Bermain Pasar-Pasaran untuk Mengenalkan Uang pada Anak

Kenalkan anak dengan uang lewat permainan. (Foto: Orami)

Sobat pasti masih ingat permainan peran yang dilakukan waktu masih kecil dengan berpura-pura jadi penjual, kan? Dalam permainan tersebut, Sobat berperan jadi penjual, dan teman Sobat menjadi pembelinya. Saat “berjualan”, Sobat menerima “uang” dari pembeli yang biasanya berupa daun atau potongan kertas yang ditulisi angka. Atau, Sobat mungkin dulu menggunakan uang mainan yang dijual di warung.

Nah, Sobat bisa mengajak anak untuk melakukan permainan yang sama untuk mengenalkan uang, lho! Di sini, anak pun bisa mempelajari konsep soal transaksi dan pasar, di mana ada penawaran dari penjual dan permintaan dari pembeli.

2. Mengajak Anak Saat Belanja

Belanja Bersama Anak Bisa Bantu Kenalkan Konsep Uang

Selain mengenalkan uang, belanja dengan anak juga bisa kenalkan soal harga. (Foto: Gerrity’s Grocery Store)

Cara ini juga tak kalah seru dan menyenangkan untuk Sobat dan buah hati. Apalagi, belanja bersama juga bisa mendekatkan hubungan Sobat dengan anak. Meski begitu, bukan berarti Sobat harus mengajak anak belanja di supermarket atau mal, ya. Sekadar berbelanja di pasar atau warung terdekat pun juga sudah cukup. Sebab, pada dasarnya tujuan dari cara ini adalah untuk mengenalkan uang dan bahwa barang-barang yang dijual memiliki harga yang berbeda-beda.

Dengan cara ini juga Sobat bisa ajarkan anak untuk membiasakan diri membeli sesuatu sesuai dengan uang yang dimiliki alias budget secara sederhana. Berbelanja langsung di warung atau toko pun melatih kemampuan berhitung serta sosial anak, lho!

3. Memberikan Uang Saku

Ilustrasi Uang Saku untuk Anak

Latih kedisiplinan dalam mengatur keuangan pada anak lewat uang saku. (Foto: Orami)

Apabila anak sudah mengenal dan paham soal nilai uang, Sobat bisa lanjutkan dengan mulai mengajarkan anak cara mengatur keuangan mereka lewat uang saku. Karena usia yang masih muda, Sobat bisa mulai dengan memberi uang saku harian lebih dulu, dan jelaskan pada anak kalau uang saku yang diterima adalah untuk satu hari. Dengan begitu, anak akan belajar melatih kedisiplinan dalam menggunakan uang dan menghindari pemborosan.

4. Mengajarkan dan Membiasakan Menabung dan Berdonasi

Mengajarkan Kebiasaan Menabung pada Anak

Ajak si kecil untuk menyisihkan sebagian dari uang sakunya setiap hari untuk ditabung. (Foto: HelloSehat)

Jangan lupa juga untuk ajarkan konsep menabung pada anak, dan bentuk kebiasaan tersebut. Ajak si kecil untuk menyisihkan sebagian dari uang sakunya setiap hari untuk ditabung ke dalam celengan. Kalau memungkinkan, Sobat bahkan bisa buat beberapa jenis tabungan, misalnya tabungan untuk mainan baru dan tabungan khusus untuk berdonasi atau beramal.

Dengan menabung, anak pun akan belajar memahami bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan, ia harus berusaha dan bukannya hanya meminta kepada orang tua. Cara ini pun dapat menghindarkan anak dari kebiasaan boros. Sedangkan sebagian uang yang disisihkan untuk beramal akan bantu memupuk jiwa kepedulian anak terhadap orang-orang yang membutuhkan.

5. Mengajarkan Perbedaan Kebutuhan dengan Keinginan

Ilustrasi Anak Gemar Menabung

Ajari anak untuk membedakan kebutuhan dengan keinginan. (Foto: BukaReview)

Sobat pasti sudah paham kalau membedakan kebutuhan dengan keinginan adalah salah satu kunci penting keuangan sehat dan hemat. Nah, dalam mengenalkan uang pada anak, Sobat juga perlu ajarkan hal yang satu ini. Dengan begitu, anak pun bisa belajar dan biasakan diri untuk mengutamakan kebutuhan. Jika dibarengi dengan pengenalan menabung, anak pun dapat diajarkan untuk mengumpulkan uang terlebih dahulu agar bisa mendapatkan yang ia inginkan.

Kebiasaan penggunaan uang yang bijak tidak bisa terbentuk hanya dalam sehari dan semalam. Makin dini Sobat mengenalkan kebiasaan ini, tentu kebiasaan positif ini akan lebih lama tertanam di dalam diri anak. Seiring dengan bertambahnya usia sampai anak menjadi dewasa, kebiasaan memboroskan uang pun dapat dihindari.

Untuk Sobat yang ingin mengelola uang dengan lebih baik lewat pemasukan tambahan, Sobat bisa jalankan bisnis sampingan, lho. Dengan banyaknya pilihan bisnis sampingan modal minim saat ini, Sobat tak perlu lagi menunda-nunda lagi. Contohnya dengan menjadi agen pulsa dan PPOB dengan Unitedtronik. Hanya dengan men-download aplikasi Unitedtronik, registrasi, dan isi saldo, bisnis sampingan Sobat sudah bisa jalan, bahkan tanpa harus punya konter. #tanparibet

Download aplikasi Unitedtronik dan mulai bisnis Sobat sekarang juga, yuk! Dapatkan aplikasinya di Play Store atau App Store, gratis! #denganUnitedtronik