Mode Gelap Instagram Resmi Dirilis, Inilah Cara Mengaktifkannya

Mode Gelap Instagram

Setelah sebelumnya diuji coba kepada pengguna versi beta, dark mode alias mode gelap Instagram akhirnya resmi digulirkan juga. Mode gelap ini hadir bersamaan dengan pembaruan Instagram versi 114.0 baik untuk Android maupun iOS.

Meskipun mode gelap Instagram hadir bebarengan dengan versi terbaru aplikasi, pengguna juga harus sudah menjalankan Android 10 atau iOS 13, yang juga dibekali dengan fitur mode gelap. Meski begitu, dalam uji coba yang dilakukan sebelumnya, beberapa pengguna Android 9 (Android Pie) rupanya juga kebagian fitur ini.

Untuk mengaktifkan mode gelap, pengguna tidak perlu menggunakan tombol khusus ketika mengakses Instagram. Pasalnya, mode gelap akan aktif secara otomatis ketika pengaturan mode gelap smartphone juga sudah diaktifkan.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap Instagram

Tampilan Mode Gelap Instagram

Instagram resmi gulirkan tampilan mode gelap. (Foto: Instagram Engineering)

Karena itu, pengguna yang ingin mengaktifkan mode gelap Instagram perlu memastikan lebih dulu bahwa pengaturan mode gelap smartphone sudah diaktifkan. Bagi pengguna perangkat iOS 13, pengguna bisa mengaktifkannya lewat menu “Display & Brightness,” lalu pilih opsi “Dark.” Sedangkan bagi pengguna perangkat Android, cukup buka menu pengaturan lalu pilih “Display,” dan aktifkan “Night Mode” atau “Mode Malam” untuk mengaktifkannya.

Begitu pengaturan utama perangkat sudah mengaktifkan mode gelap, Sobat pun bisa menggunakan Instagram dengan tampilan warna latar gelap, bukannya putih sepert biasanya. Tentunya, pastikan juga bahwa Sobat sudah mengunduh pembaruan aplikasi Instagram, ya!

Lantas, bagaimana kalau Sobat ingin mematikan mode gelap? Caranya juga mudah, yaitu cukup matikan saja pengaturan mode malam atau mode gelap pada pengaturan layar perangkat.

Baca juga: Diam-Diam, Instagram Hapus Fitur Ini, Lho!

Kehadiran mode gelap ini kabarnya akan diterapkan juga ke produk lain yang berada di bawah Facebook. Sejauh ini, baru Instagram dan Messenger saja yang kebagian fitur anyar tersebut. Sementara itu, pengguna masih menanti-nanti kehadiran mode gelap di aplikasi WhatsApp.

Nah, apakah Sobat juga sudah mencicipi mode gelap ala Instagram ini? Kalau belum, coba saja update ke Instagram versi terbaru. Untuk Sobat yang belum pakai iOS 13 atau Android 10 juga tak ada salahnya iseng mencoba; barangkali Sobat kebagian fitur ini, kan?

Supaya lancar download aplikasi Instagram versi terbaru, cek dulu masa aktif paket internet Sobat. Kalau sudah harus diperpanjang, beli lewat Unitedtronik aja, ya! Mudah dan praktis, karena Sobat bisa beli sambil tiduran di kasur atau ngopi cantik di kafe.

Kalau belum punya aplikasinya, Sobat tinggal download Unitedtronik di Play Store dan App Store , gratis!