Pembajakan Akun YouTube Besar-Besaran, Kreator Jadi Korban

Ilustrasi Pembajakan Akun YouTube

Dalam beberapa hari belakangan ini, terjadi serbuan pembajak di YouTube yang mengambilalih akun para kreator, terutama mereka yang mengunggah konten review mobil atau otomotif. Seperti yang dilansir dari ZDNet, banyak kreator komunitas mobil yang jadi korbannya, seperti Built, Troy Sowers, MaxtChekVids, PURE Functuion, dan Musafir.

Meski demikian, ZDNet melaporkan bahwa komunitas mobil YouTube bukanlah satu-satunya yang jadi sasaran. Pasalnya, banyak kreator YouTube lain yang juga melaporkan bahwa akun mereka dibajak sepanjang minggu lalu, terutama di akhir pekan.

Memanfaatkan Situs Phishing

Rupanya, aksi pembajakan tersebut merupakan sebuah tindakan terorganisir. Dalam aksi tersebut, pembajak menggunakan pesan untuk menjebak pengguna ke situs phishing alias situs palsu yang dibuat mirip seperti situs aslinya – dalam kasus ini, situs phishing tersebut dibuat mirip seperti halaman login Google. Dari sana, pembajak mencatat data-data penting terkait dengan akun pengguna YouTube, termasuk kata sandi untuk login.

Berdasarkan keterangan salah satu pemilik kanal (channel) YouTube yang berhasil memulihkan akunnya sebelum diambilalih sepenuhnya, pembajak menggunakan informasi login untuk masuk ke dalam akun dan melemparkan kanal-kanal populer ke pemilik baru. Kemudian, URL kanal tersebut diubah agar pemilik asli dan pengikut kanal mengira kalau kanal tersebut sudah dihapus.

Ilustrasi Pembajak Akun YouTube Kreator

Selain menggunakan situs phishing, aksi para pembajak juga mampu menembus keamanan 2FA. (Foto; Hypebeast)

Yang lebih mengkhawatirkan lagi, para peretas tersebut juga dilaporkan mampu menembus sistem pengaman autentikasi dua faktor (two-factor authentication alias 2FA) meskipun sudah diaktifkan oleh pemilik aslinya. Hal ini dikonfirmasi oleh Ryan Scott, pemilik kanal PURE Function yang sudah mengaktifkan 2FA, namun akunnya masih tetap diambilalih pembajak.

Pembajak Perlu Jual Akun

Lebih jauh lagi, ZDNet berhasil mengontak seorang pembajak alias hacker dengan nama Askamani. Hacker tersebut aktif di OGUsers, yaitu sebuah forum di internet yang dikenal jadi sarang untuk jual-beli akses ke akun-akun yang dibajak, termasuk YouTube.

Berdasarkan penjelasan Askamani, sebuan pembajak di YouTube tersebut menunjukkan tanda-tanda operasi pembajak pada umumnya. Artinya, seseorang memiliki daftar alamat email dari sektor tertentu – Askamani sendiri memprediksi bahwa ada seseorang yang sudah meretas masuk ke dalam salah satu database influencer media sosial.

Tambah Askamani, siapapun bisa mengirim spam ke orang-orang semau mereka. Akan tetapi, tetap saja pembajak tidak akan mendapatkan akses ke akun-akun dengan jumlah subscriber yang bagus, alias good subs.

Justru dengan adanya lonjakan komplain seperti yang terjadi saat ini, artinya siapapun pembajaknya benar-benar telah memegang database yang bagus dan saat ini tengah menikmati uang dari aksi pembajakannya. Selain itu, pembajak juga harus menjual akun yang sudah diretas dengan sangat cepat sebelum akun-akun tersebut tidak lagi dianggap tak bernilai.

Supaya Sobat selalu bisa update informasi terbaru setiap hari lewat smartphone, pastikan paket data Sobat tidak pernah hangus, ya! Apalagi, Sobat bisa gunakan Unitedtronik untuk beli paket internet kapan saja Sobat membutuhkan, bahkan sambil chatting dan tiduran di kamar.

Belum punya aplikasinya? Sobat bisa download di Play Store dan AppStore aja, dan temukan promo menarik lainnya di sini.