Selamat! JD.id Jadi Unicorn Keenam Indonesia

JD.id telah mencapai gelar unicorn pada tahun lalu. (Foto: kumparan)

Kabar baik datang dari platform penjualan JD.id. Laman penjualan dengan logo kuda ini baru saja menembus status unicorn. Dilaporkan oleh DailySocial, JD.id telah melampaui nilai valuasi 1 miliar dollar Amerika Serikat.

Terkait hal ini, JD.id memberikan pernyataan bahwa nilai valuasi ini telah mereka capai sejak tahun lalu. Meski demikian, JD.id tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai nilai valuasi perusahaan saat ini. JD.id diketahui mendapatkan status unicorn setelah menggelar joint venture dengan Gojek.

Sebelumnya, beberapa perusahaan startup yang lebih dulu menjadi unicorn adalah Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, dan OVO. Keberadaan berbagai perusahaan startup dengan valuasi cukup besar ini membuat nilai pasar e-commerce di Indonesia mencapai 21 miliar dolar AS. Angka tersebut akan terus tumbuh hingga 82 miliar dolar AS pada 2025.

JD.id telah ikut ‘bertarung’ dalam pasar e-commerce Indonesia sejak 2015. Platform ini merupakan besutan JD.com, yakni raksasa e-commerce asal Tiongkok yang disokong oleh perusahaan ekuitas swasta Provident Capital yang juga merupakan salah satu investor Gojek.

Saat ini, JD.id masih terus berupaya meningkatkan layanan dan jangkauan, bersaing dengan pemain besar marketplace lain seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee.