Waspada! Begini Modus Baru Penipuan lewat WhatsApp

Modus baru penipuan melalui WhatsApp. (Foto: Reddit)

Modus baru penipuan melalui WhatsApp kembali menyeruak. Setelah sebelumnya berbagai modus dilakukan untuk mengambil keuntungan secara ilegal melalui aplikasi ini telah banyak terkuak, baru-baru ini muncul kasus baru yang membuat banyak orang geleng-geleng kepala.

Modus baru penipuan melalui WhatsApp baru-baru ini ditemukan di Singapura. Sebanyak 18 orang dilaporkan ditipu oleh seseorang yang mengambil alih akun WhatsApp teman mereka dan meminta foto kartu kredit atau kartu debit.

Penipu yang sebelumnya telah mengambil alih akun WhatsApp seseorang, mengirim pesan ke rekan atau keluarga untuk meminta mereka mengirimkan foto kartu debit atau kartu kredit dengan dalih untuk mendaftar dan mengklaim hadiah undian di berbagai situs seperti Lazada, Shopee atau Qoo10.

Korban yang lalai, bisa tanpa pikir panjang mengirimkan foto tersebut karena mengira rekan dekatnya yang memintanya. Selanjutnya, korban akan meminta kode verifikasi OTP yang nantinya akan menjadi kunci otorisasi bagi penipu tersebut untuk melakukan transaksi dengan kartu-kartu yang sebelumnya telah dikirimkan gambarnya.

Oleh karena itu, ada baiknya Sobat senantiasa berhati-hati. Jangan sampai Sobat dengan mudah memberikan data pribadi termasuk foto kartu debit atau kredit, apalagi kode OTP. Sebab, informasi tersebut tergolong sangat rahasia dan berpotensi disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan secara ilegl.

Waspada dan hati-hati selalu, ya, Sobat Unitedtronik!