Sibuk Urus Bisnis, Inilah 8 Tips Mengatur Waktu Agar Selalu Produktif

Ilustrasi Tips Mengatur Waktu untuk Pemilik Bisnis

Apakah Sobat punya bisnis sendiri? Kalau iya, Sobat barangkali sudah merasakan sendiri pentingnya mengatur waktu, terlepas dari apakah Sobat menjalankan bisnis sambil tetap bekerja di kantor, atau mendedikasikan waktu Sobat sepenuhnya untuk usaha yang sudah dijalankan. Karena mengurus bisnis jelas adalah sebuah pekerjaan yang menyita waktu dan tenaga, ikuti tips mengatur waktu berikut ini untuk kelancaran usaha, yuk!

Ilustrasi Tips Mengatur Waktu

Foto: Medium

8 Tips Mengatur Waktu untuk Bisnis Sukses

1. Tentukan Tujuan

Tujuan adalah salah satu hal yang harus dipikirkan dan diketahui ketika Sobat akan melakukan apapun, termasuk dalam menjalankan aktivitas sehari-hari maupun mengurus bisnis. Tentukan tujuan jangka panjang, seperti target omzet bisnis dalam 10 tahun ke depan, serta tujuan tahunan, bulanan, mingguan, sampai harian. Tentunya, pastikan semua tujuan tersebut selaras dan sesuai dengan tujuan utama bisnis.

2. Tentukan Waktu Kerja

Tentunya tidak realistis kalau Sobat berharap bisa menghasilkan omzet besar dalam sehari jika Sobat hanya bekerja saat si kecil beristirahat, atau mengurus bisnis hanya jika ada waktu luang. Kalau Sobat benar-benar ingin bisnis Sobat berkembang dan sukses, Sobat harus meluangkan waktu.

Tentu saja, karena Sobat tidak bekerja dari kantor, Sobat tidak perlu harus bekerja dari jam 8 pagi sampai 4 sore seperti pegawai kantoran setiap harinya. Yang penting adalah tentukan jadwal kapan Sobat akan sepenuhnya fokus untuk mengurus bisnis.

3. Ikuti Jadwal Jam Kerja

Menetapkan jam kerja harian saja tak cukup kalau Sobat tidak mengikutinya dengan disiplin. Artinya, apabila sudah masuk jam kerja, jangan sampai Sobat tergoda ajakan ngopi dengan teman atau bermain dengan anak. Tentu saja, hanya kondisi darurat saja yang bisa membuat Sobat mengalihkan fokus untuk urusan lain selama jam kerja. Pastikan juga bahwa Sobat juga tidak akan menggunakan waktu pribadi dan keluarga untuk mengurus bisnis. Dengan begitu, keseimbangan antara kehidupan priadi dan bisnis pun bisa dijaga.

4. Tahu Apa yang Harus Dikerjakan

Meskipun mengurus bisnis sendiri biasanya berarti ada tumpukan pekerjaan yang selalu menanti setiap hari, ada kalanya Sobat merasa tidak tahu apa yang harus Sobat lakukan. Jangan sampai Sobat biarkan hal ini terjadi, atau Sobat hanya akan membuang waktu. Nah, di sinilah tujuan harian akan membantu Sobat karena tujuan tersebut jadi panduan apa yang perlu Sobat lakukan setiap hari.

5. Jangan Buang Waktu

Jangankan kalau Sobat tidak membuat rencana atau jadwal apa yang harus dikerjakan setiap hari – mereka yang sudah membuat rencana pun sering terganggu konsentrasinya oleh pesan masuk, media sosial, meja kerja yang berantakan, dan godaan melakukan hal lainnya untuk menunda-nunda pekerjaan.

Pada intinya, tips mengatur waktu yang satu ini berarti jika sudah waktunya bekerja, maka berkonsentrasilah untuk bekerja. Kalaupun media sosial adalah bagian dari pekerjaan, Sobat tahu apa yang perlu dilakukan – pastinya bukan membuka-buka akun toko online dan cuci mata, kan?

6. Jangan Segan Dapatkan Bantuan

Serapi apapun jadwal yang dibuat, ada kalanya ketika pekerjaan terasa menumpuk. Padahal, waktu yang Sobat miliki terbatas setiap harinya. Untuk mengantisipasi hal ini, jangan ragu memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari Sobat, seperti menggunakan alat untuk membalas pesan pelanggan secara otomatis. Apabila memungkinkan, Sobat juga bisa minta bantuan pada anggota keluarga.

7. Lakukan Pemasaran Setiap Hari

Pastinya, ukuran kesuksesan bisnis yang paling nampak adalah laba, yang berarti angka penjualan yang sesuai target. Akan tetapi, orang-orang tidak bisa membeli produk Sobat kalau mereka bahkan tidak tahu. Karenanya, jadikan pemasaran sebagai salah satu kegiatan harian Sobat, misalnya dengan mengunggah konten baru di media sosial setiap hari.

8. Rawat Diri Sendiri

Memulai bisnis sendiri di rumah membutuhkan energi yang besar, baik itu fisik maupu mental. Apalagi kalau Sobat masih harus mengurus keluarga di rumah juga. Kalau Sobat tidak merawat diri, stres dan kelelahan jadi masalah yang tak terhindarkan. Karena itu, selalu jaga kondisi fisik Sobat seperti dengan tidur cukup dan makan teratur. Selain itu, manfaatkan waktu libur semaksimal mungkin untuk segarkan pikiran Sobat.

Tahu saja tidak cukup; untuk merasakan sendiri bagaimana tips mengatur waktu di atas bisa membantu Sobat atau tidak, Sobat jelas harus melakukannya. Sobat juga bisa gunakan semua tips tersebut sebagai langkah awal untuk menjaga agar waktu yang ada dihabiskan untuk kemajuan bisnis Sobat, sebelum akhirnya menemukan metode yang lebih cocok untuk Sobat.

Bagi Sobat yang ingin memulai usaha sendiri, tapi selalu terhalang masalah modal, Sobat tak perlu khawatir karena memulai bisnis sendiri tidak selalu berarti keluarkan modal jutaan. Dengan menjadi agen pulsa dan PPOB bersama Unitedtronik, Sobat bahkan bisa tentukan sendiri berapa modal yang akan Sobat keluarkan, lho!

Selain itu, Sobat juga bisa lakukan semua transaksi hanya dengan satu aplikasi Unitedtronik. Jadi, Sobat yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan di sela-sela jam kantor juga tidak akan terganggu produktivitasnya.

Yuk, download aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store dan mulai bisnis Sobat sekarang juga!