Smart SIM Siap Rilis 22 September, Apa Bedanya dengan SIM Biasa?

SIM Biasa Akan Digantikan Smart SIM

Pada Hari Lalu Lintas Bhayangkara yang jatuh tanggal 22 September, Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas Polri) siap merilis Smart SIM sebagai bentuk baru Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan berbagai keunggulan. Beda dengan SIM biasa, Smart SIM menyimpan chip untuk merekam data pemegangnya serta memiliki desain yang berbeda.

Lantas, apa saja ya kelebihan Smart SIM? Kemudian, bagaimana proses penggantian SIM biasa menjadi SIM baru ini, dan berapa biayanya? Nah, supaya Sobat tidak bingung lagi, yuk simak informasi lengkap tentang Smart SIM di sini!

Keunggulan Smart SIM

 

Perbedaan Smart SIM dengan SIM biasa bukan hanya dari adanya chip di dalamnya, tapi juga karena kemampuannya yang terbilang jauh lebih canggih. Salah satunya adalah pencatatan data identitas forensik dan pelanggaran lalu lintas pemegang SIM sebagai pengendara yang bisa dicek dan dipantau secara real time.

Di samping itu, Smart SIM pun bisa digunakan untuk membayar denda jika pemegang terkena tilang. Selain itu, Smart SIM pun dapat digunakan untuk membayar tiket KRL, tol, sampai belanja online seperti e-money lainnya. Sebab, Smart SIM sudah bekerja sama dengan tiga bank BUMN terdepan di Indonesia, yaitu Mandiri, BNI, dan BRI, sehingga kartunya dapat diisi dengan saldo maksimal Rp 2 juta.

Bagian Depan Smart SIM

Detail bagian muka Smart SIM. (Foto: RILIS.ID Lampung)

Baca juga: Cara Menghemat Uang: 10 Pola Pikir yang Bantu Keungan Lebih Sehat!

Cara Ganti SIM Lama Jadi Smart SIM

Karena Smart SIM akan dirilis resmi 22 September 2019, apakah artinya para pemilik SIM harus segera mengganti SIM lama mereka? Kalau masa berlaku SIM Sobat belum habis, jawabannya adalah tidak. Akan tetapi, kalau Sobat baru akan membuat SIM baru, atau SIM yang lama sudah akan habis masa berlakunya, Sobat bisa langsung mengurus pengajuan Smart SIM. Nah, untuk proses yang dilakukan setelah peluncuran resmi Smart SIM nanti, Sobat akan langsung mendapat Smart SIM.

Nah, apa saja ya syarat dan ketentuan untuk membuat Smart SIM baru atau perpanjang SIM lama menjadi Smart SIM? Persyaratan dan ketentuannya masih sama seperti pembuatan atau perpanjang SIM baru.

Biaya Pembuatan atau Penggantian ke Smart SIM

Bagian Belakang Smart SIM

Detail bagian belakang Smart SIM. (Foto: RILIS.ID Lampung)

Kalau syarat dan ketentuannya tetap sama, apakah biayanya juga sama? Sobat juga tak perlu cemas, karena biaya pembuatan Smart SIM baru, atau penggantian dari SIM lama ke Smart SIM juga masih sama, kok.

Wah, SIM sekarang jadi semakin canggih. Akan tetapi, apakah Sobat sudah menjadi pengendara yang tertib berlalulintas? Soalnya, Smart SIM bisa mencatat secara detail setiap pelanggaran lalu lintas yang Sobat lakukan, baik itu pelanggaran ringan atau berat, lho!

Zaman sekarang, SIM bahkan sudah jadi semakin praktis. Jadi, Sobat juga jangan mau kalah praktis, dong! Yuk, jadi bagian #GenerasiPraktis bareng Unitedtronik. Cukup dengan satu aplikasi di smartphone, Sobat bisa top-up saldo e-money, bayar tagihan listrik dan PDAM, sampai berdonasi.

Download aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store dan nikmati mudahnya transaksi pembayaran cuma lewat smartphone!