Cara Menghemat Uang: 10 Pola Pikir yang Bantu Keungan Lebih Sehat!

Ilustrasi Sukses Menghemat Uang Membuat Bahagia

Berhemat bukanlah sesuatu yang bisa jadi kebiasaan tanpa dilatih. Karena itu, kebiasaan berhemat memang perlu dibiasakan sejak awal. Meski begitu, Sobat yang sudah dewasa juga bisa terapkan berbagai cara menghemat uang untuk bantu kondisi keuangan pribadi agar selalu sehat, kok. Salah satunya adalah dengan menerapkan pola pikir yang mendukung kebiasaan yang satu ini.

Tanpa buang lebih banyak waktu lagi, yuk simak daftar pola pikir positif sebagai cara menghemat uang yang bisa Sobat lakukan sekarang juga!

Cara Menghemat Uang Lewat Pola Pikir yang Tepat

1. Ingat Pentingnya Berhemat

Cara Menghemat Uang untuk Bayar KPR

Yuk, semangat menabung demi rumah idaman untuk keluarga! (Foto: Investor Sinamot)

Setiap kali muncul godaan untuk memboroskan uang, ingat apa tujuan Sobat berhemat. Kalau perlu, Sobat catat juga tujuan Sobat berhemat dan menabung selama ini, atau diucapkan berulang-ulang sebagai pengingat untuk diri sendiri. Tak peduli sekecil atau sebesar apapun tujuan Sobat berhemat, selalu ingatkan diri sendiri agar Sobat bisa semakin termotivasi untuk mencapainya, ya!

2. Transparan pada Diri Sendiri

Ilustrasi Catatan Pengeluaran

Buat catatan keuangan supaya lebih mudah mengontrol pengeluaran. (Foto: FortuneBuilders)

Membuat anggaran, mencatat daftar belanja, dan mencatat pengeluaran secara rutin memang terdengar merepotkan dan membosankan. Meski demikian, jangan ragu untuk terus membiasakan hal ini. Sebab, orang-orang yang sudah terbiasa menulis catatan, anggaran, atau daftar pengeluaran cenderung lebih sukses dalam berhemat dan disiplin mengikuti anggaran, lho!

3. Naik Gaji? Pengeluaran Tak Perlu Ikut Naik!

Ilustrasi Uang Terbang

Tetap kontrol pengeluaran walaupun gaji nambah, ya! (Foto: Time)

Sobat baru saja dapat tambahan gaji? Selamat, ya! Tapi, jaga hasrat berbelanja agar pengeluaran tidak ikut-ikutan naik. Soalnya, gaya hidup yang ikut naik gara-gara tambahan penghasilan bisa berdampak buruk di masa depan, lho! Justru, Sobat perlu anggap tambahan gaji sebagai tambahan tabungan sambil tetap hidup sederhana.

Baca juga: Irit atau Pelit? Hati-Hati, 4 Tips Hemat yang Salah Ini Malah

4. Tingkatkan Motivasi Lewat Vision Board

Contoh Visual Board Sebagai Cara Menghemat Uang

Buat visual board agar Sobat makin semangat menabung. (Foto: Ruby Montalvo)

Masih merasa ragu kalau Sobat benar-benar bisa berhemat untuk mengumpulkan uang sesuai target? Jangan khawatir, karena sebenarnya apapun yang ingin Sobat beli bisa terwujud, kok. Untuk meyakinkan diri Sobat, coba buat vision board; mirip seperti majalah dinding alias mading, vision board adalah papan tempat Sobat menempelkan foto atau gambar yang mewakili tujuan Sobat berhemat. Misalnya foto pemandangan di Korea kalau Sobat ingin menabung untuk berlibur ke sana, atau gambar laptop untuk tabungan laptop baru di masa depan.

5. Kebutuhan versus Keinginan

Ilustrasi Memisahkan Keinginan dengan Kebutuhan untuk Berhemat

Kunci penting dalam berhemat: tahu apa keinginan dan kebutuhan. (Foto: DBS Bank)

Membedakan kebutuhan dengan keinginan adalah salah satu tips terpenting dalam cara menghemat uang. Sebab, dengan mengutamakan kebutuhan daripada keinginan, tanpa disadari Sobat bisa berhemat banyak, lho! Ada banyak cara untuk membedakan kebutuhan dengan keinginan. Salah satunya adalah dengan berpikir ulang dan menunda pembelian selama beberapa hari untuk memastikan bahwa apa yang akan Sobat beli adalah benar-benar kebutuhan, atau sekadar keinginan.

6. Apa Alasan Keluarkan Uang?

Contoh Belanja Boros untuk Gaya Hidup Mewah

Kalau alasan belanja hanya untuk pamer, jangan heran kalau pengelaran Sobat jadi super boros! (Foto: The Drum)

Sobat akan lebih mudah berhemat jika Sobat tahu apa alasan mendasar Sobat membeli atau mengeluarkan uang untuk sesuatu. Misalnya, apakah Sobat membeli banyak baju hanya agar bisa jadi yang paling fashionable di antara teman-teman? Atau apakah Sobat sering membeli kopi di kafe hanya agar dibilang gaul? Kalau tujuannya untuk saingan atau pamer, Sobat jelas butuh mengatasi masalah ini secepatnya.

7. Buat Berhemat Jadi Menyenangkan

Keluarga Menabung dengan Ceria

Buat menabung jadi sesuatu yang menyenangkan. (Foto: Christian Mommy)

Sesulit apapun berhemat, Sobat perlu terus berkomitmen. Bahkan, Sobat buat berhemat dan menabung jadi seru, lho. Misalnya dengan membuat target untuk menabung Rp50.000 di minggu pertama, lalu tambah jumlahnya jadi Rp60.000 di minggu kedua, dan seterusnya.

8. Catat Kemajuannya

Mencatat Kemajuan Kondisi Keuangan

Cermati kemajuan Sobat dalam menabung dan berhemat secara teratur. (Foto: Vectra Bank)

Walaupun Sobat sudah lama mulai menabung dan sudah mempunyai jumlah tabungan yang lumayan, jangan cepat merasa puas. Justru Sobat harus lebih cermat dalam mengawasi kemajuan menabung Sobat. Misalnya dengan menandai kalender setiap kali target penghematan tercapai agar Sobat bisa terus termotivasi. Atau, Sobat bisa gunakan aplikasi keuangan pribadi untuk membantu memantau kemajuan Sobat dalam menabung.

9. Kumpulkan Banyak Informasi

Mencari Informasi dari Internet

Ada banyak informasi, tips, dan trik di internet untuk bantu berhemat, lho! (Foto: VideoBlocks)

Terus perbanyak ilmu dan informasi Sobat tentang manajemen keuangan pribadi. Dengan begitu, Sobat bisa terus mendapatkan informasi, tips, dan trik yang penting untuk menjaga kondisi keuangan Sobat selalu sehat dan semakin memotivasi Sobat untuk berhemat.

10. Atasi Masalah Keuangan yang Dialami

 Ilustrasi Pengeluaran Boros

Punya masalah keuangan? Cari tahu penyebab dan temukan solusinya. (Foto: DMV Soft)

Kalau Sobat benar-benar ingin membiasakan pola pikir berhemat, Sobat perlu mengatasi masalah keuangan yang buruk. Bisa jadi, Sobat yang belum lama ini lulus sekolah belum terbiasa punya banyak uang yang bisa digunakan sendiri, sehingga Sobat jadi sering jajan ini-itu. Atau, mungkin Sobat malah selama ini mengeluh soal gaji yang terasa kurang.

Nah, untuk Sobat yang merasa gajinya pas-pasan atau malah kurang, Sobat bisa cari pemasukan tambahan dengan menjalankan bisnis sampingan, lho. Walaupun Sobat sudah punya pekerjaan di kantor dengan jam tetap, ada banyak ide bisnis sampingan yang menarik dan mudah dilakukan, kok. Apalagi, Sobat juga bisa mulai bisnis sampingan walaupun dengan modal minim sekalipun.

Salah satunya adalah dengan menjadi agen pulsa dan PPOB menggunakan aplikasi Unitedtronik. Cukup download aplikasinya, registrasi, dan top up saldonya, Sobat sudah bisa berjualan! Apalagi, saldonya bisa bebas Sobat tentukan sendiri. Mudah, kan?

Yuk, download aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store dan mulai bisnis Sobat sekarang juga!