Telegram Panen 3 Juta Pengguna Baru Akibat Facebook Down

Foto: Techrasa

Hari Kamis (14/3) kemarin, secara serentak Facebook, Instagram dan WhatsApp mengalami gangguan. Server down yang menimpa tiga aplikasi ini membuat warganet di seluruh dunia tidak bisa menggunakan layanan selama belasan jam. Rentang waktu ini tercatat adalah gangguan terlama dalam sejarah Facebook.

Akibat dari kejadian
ini, banyak orang yang merasa dirugikan karena tidak bisa menggunakan layanan
ketiga platform ini seperti biasa. Akan tetapi, ada satu pihak yang justru
menuai keuntungan karena gangguan Facebook ini. Keuntungan berhasil dituai oleh
Telegram yang kebanjiran pengguna baru seharian kemarin.

Telegram yang merupakan pesaing Facebook Messenger dan WhatsApp dalam ranah aplikasi chat, mendapatkan tiga juta pengguna baru karena Facebook dan WhatsApp yang down selama berjam-jam. Hal ini diklaim oleh CEO Telegram sendiri, yakni Pavel Durov. Meskipun tidak secara langsung menyebut bahwa penambahan pengguna baru ini adalah akibat dari Facebook down, namun pihak Telegram tidak menyangkal bahwa gangguan-gangguan semacam ini memang selalu membawa pengguna baru untuk Telegram.

Namun demikian, rupanya tidak hanya persoalan gangguan yang bisa membuat para pengguna Facebook hijrah ke Telegram. Praktik curang Facebook dalam menggunakan data pribadi pengguna serta kasus pelanggaran privasi yang tak henti-henti membuat banyak orang mulai tidak memercayai Facebook dan mulai menghapus akun Facebook mereka. Tahun lalu saja, Facebook kehilangan 15 juta pengguna hanya dari wilayah Amerika Serikat.

Jadi, Sobat termasuk yang hijrah ke Telegram karena WhatsApp dan Facebook gangguan, gak, nih? Ikuti terus informasi terkini mengenai topik favoritmu. Pastikan kuota internetmu selalu terisi #denganUnitedtronik. Install aplikasinya melalui Play Store atau App Store sekarang juga! (Ind.)