Supaya Ketemu yang Klik, Yuk Ikuti 3 Tips Memilih Nama untuk Bisnis Ini!

Memilih Nama untuk Bisnis yang Sesuai

Sobat sudah menemukan ide bisnis dan selesai menyusun rencana bisnis. Kemudian, tiba-tiba Sobat ingat kalau Sobat belum memilih nama untuk bisnis yang akan dibuat. Waduh, padahal nama untuk bisnis sangat penting agar usaha Sobat bisa dengan mudah dibedakan dari kompetitor, lho!

Kalau begitu, apa yang perlu Sobat lakukan? Sebenarnya, ada berbagai cara memilih nama untuk bisnis, lho. Sobat bisa gunakan jasa pakar branding dan pemasaran, atau berdiskusi dengan para partner yang juga ikut memodali usaha Sobat.

Hanya saja, tidak ada formula pasti yang wajib Sobat lakukan ketika memilih nama yang pas untuk usaha Sobat. Meski begitu, ada beberapa tips yang bisa Sobat ikuti supaya Sobat bisa menemukan ide nama bisnis dengan lebih mudah, lho! Apa saja tipsnya?

Tips Memilih Nama untuk Bisnis yang Pas

1. Pilih Nama yang Unik dan Sesuai dengan Bisnis

Ilustrasi Memilih Nama untuk Bisnis

Bukan hanya unik, pilih nama yang juga menggambarkan bisnis Sobat. (Foto: Forbes)

Sadarkah Sobat kalau banyak nama bisnis dan merk yang sukses – termasuk yang baru sekalipun – juga didorong oleh pemilihan namanya? Karena itu, memilih nama yang unik jelas perlu jadi pertimbangan utama. Akan tetapi, unik saja ternyata tidak cukup, lho! Sebab, karena nama yang Sobat pilih juga perlu menunjukkan nilai, visi, maupun karakteristik yang Sobat bangun untuk usaha tersebut.

Baca juga: 5 Tips Memulai Usaha Rumahan Sebagai Bisnis Sampingan yang Menguntungkan

2. Pertimbangkan Makna yang Lebih Luas

Barista Melayani Pelanggan di Kedai Kopi

Apakah ada makna lain dari nama yang dipilih yang bisa mewakili bisnis? (Foto: Shutterstock)

Terlepas dari apakah Sobat ingin memilih nama dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia, atau kombinasi antara keduanya, tak ada salahnya jika Sobat juga mempertimbangkan arti lebih luas dari calon nama yang akan dipilih. Contohnya, brand Nike merupakan nama yang diambil dari dewi kemenangan dalam mitologi Yunani. Dengan nama itu, Nike ingin menyatakan bahwa brand mereka berkaitan dengan kemenangan, baik itu dalam dunia olahraga maupun aktivitas sehari-hari.

3. Gunakan Jasa Profesional (atau Tidak)

Ilustrasi Konsultasi Bisnis

Jika memang merasa membutuhkan, Sobat bisa pertimbangkan jasa profesional untuk bantu pilih nama buat bisnis. (Foto: Shutterstock)

Tanpa proses atau inspirasi, proses memilih nama yang sesuai untuk bisnis bisa jadi mentok. Jadi, apakah Sobat benar-benar harus menggunakan jasa branding profesional? Jawabannya bisa iya, bisa tidak, tergantung kebutuhan Sobat. Selain itu, ingat bahwa menggunakan jasa profesional juga berarti ada tambahan biaya.

Pada akhirnya, semua keputusan soal nama untuk bisnis serta apa langkah yang akan ditempuh dalam pemilihannya kembali ke tangan Sobat sebagai pemilik.

Untuk Sobat yang sudah lama ingin punya usaha sendiri, tapi selalu terhalang modal, sekarang Sobat tidak perlu menunda-nundanya lagi. Soalnya, sekarang Sobat bisa mulai bisnis sendiri walaupun dengan modal minim dengan menjadi agen pulsa dan PPOB bersama Unitedtronik.

Hanya tinggal download aplikasi, registrasi, dan isi saldo yang nominalnya bebas Sobat tentukan sendiri, Sobat sudah bisa langsung berjualan, lho! Mudah, kan?

Yakin masih tetap mau menunda-nunda? Yuk, download aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store dan mulai bisnis Sobat sekarang juga!