Tips Meningkatkan Konsentrasi Kerja: 8 Kebiasaan untuk Tingkatkan Produktivitas

Tips Meningkatkan Konsentrasi Saat Bekerja

Menjaga performa kerja selalu produktif adalah salah satu kunci penting menuju sukses. Agar produktivitas Sobat bisa selalu terjaga, konsentrasi juga perlu jadi perhatian. Untungnya, konsentrasi Sobat bisa ditingkatkan juga dengan membiasakan beberapa hal penting berikut ini. Yuk, simak 8 tips meningkatkan konsentrasi saat bekerja berikut ini!

Tips Meningkatkan Konsentrasi untuk Kinerja Prima

1. Tentukan Jam Bangun dan Tidur yang Optimal

Ilustrasi Waktu Istirahat di Rumah

Buat jadwal jam tidur dan bangun yang teratur agar kebutuhan istirahat setiap hari terpenuhi. (Foto: iStock)

Seperti yang mungkin sudah Sobat ketahui, ada banyak tips untuk mengatur jadwal kerja yang bisa ditemukan dengan mudah. Kebanyakan tips tersebut menganjurkan bangun pagi dan tidur lebih awal untuk menjaga produktivitas, padahal ada juga beberapa jenis pekerjaan yang menuntut jam kerja lebih larut.

Kalau pekerjaan Sobat termasuk kategori yang tidak mengharuskan untuk datang pagi-pagi, Sobat tak perlu khawatir. Sebab, selama Sobat bisa memenuhi kebutuhan untuk istirahat selama kira-kira 8 jam tiap malam, tak ada masalah sama sekali, kok. Sobat cukup tentukan jam tidur dan bangun yang sesuai, dan lakukan setiap hari sampai menjadi kebiasaan. Jika tubuh beristirahat dengan cukup, kecil kemungkinan konsentrasi terganggu.

2. Singkirkan Rasa Kantuk

Berolahraga Setelah Bangun Tidur untuk Tips Meningkatkan Konsentrasi

Aktivitas fisik setelah bangun tidur bisa hilangkan kantuk dan tingkatkan konsentrasi. (Foto: My Life My Rules)

Kalau sudah bangun, lalu apa yang perlu dilakukan? Untuk menyingkirkan rasa kantuk yang masih tersisa setelah bangun tidur, buat tubuh Sobat bergerak, misalnya dengan berolahraga. Olahraga ringan seperti stretching dan jalan kaki juga ampuh, kok. Atau, Sobat bisa bersihkan rumah, yang sama-sama membuat tubuh bergerak. Cara yang sama juga bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa pegal setelah duduk berjam-jam saat bekerja.

Ketika tubuh bergerak, aliran darah pun meningkat ke seluruh tubuh, yang berarti ada lebih banyak energi tersalurkan dan oksigen yang mengalir ke otak. Karena itulah menjaga tubuh aktif bergerak adalah salah satu tips meningkatkan konsentrasi yang penting dilakukan.

3. Kerjakan Tugas Terbesar Lebih Dulu

Tips Meningkatkan Konsentrasi Kerja di Kantor

Mumpung tenaga masih penuh, kerjakan tugas yang lebih berat dulu. (Foto: LinkedIn Learning)

Begitu sampai di kantor, Sobat mungkin tergoda untuk mulai bekerja dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Padahal, mumpung tubuh masih segar dan bertenaga, Sobat justru sebaiknya kerahkan semuanya untuk pekerjaan yang lebih sulit lebih dahulu. Begitu tugas besar selesai, hal-hal kecil sisanya yang dilakukan akan membuat sisa hari jadi terasa lebih mudah.

4. Konsentrasi Goyah? Gunakan Pertanyaan Ini!

Konsentrasi Saat Bekerja

Ilustrasi konsentrasi ketika bekerja. (Foto: DeskTime)

Seiring dengan berlalunya waktu dan energi yang berkurang, tak mengherankan kalau konsentasi Sobat jadi ikut menurun. Atau, Sobat mungkin merasa sedang mengerjakan hal yang tidak penting hanya untuk menghabiskan waktu. Kalau hal ini Sobat alami, coba atasi dengan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri, seperti:

  • Apa hal terpenting yang sebenarnya bisa dilakukan sekarang?
  • Bagaimana cara menyelesaikan tugas ini dengan lebih cepat dan efisien?
  • Apa cara yang lebih baik untuk menyelesaikan tugas ini?

Pada dasarnya, pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah untuk mengingatkan Sobat soal apa yang perlu dikerjakan dan untuk tugas apa konsentrasi penuh dibutuhkan. Jadi, Sobat pun bisa terhindar dari hal-hal yang hanya bersifat membuang waktu.

5. Kerjakan dengan Segera, Saat Ini Juga

Konsentrasi Bekerja di Kantor

Satu-satunya cara untuk menyelesaikan sesuatu adalah mengerjakannya. (Foto: Medium)

Hal ini tak perlu diragukan lagi: satu-satunya cara untuk menyelesaikan sesuatu adalah mengerjakannya. Meskipun terdengar sederhana, banyak orang yang sering kali menunda-nunda sesuatu karena memilih mengerjakan hal lain yang sebenarnya bukan menjadi prioritas. Jadi, kalau ada tugas yang harus diselesaikan segera, kerjakan! Dengan cara inilah Sobat bisa terhindar dari perasaan ingin menunda-nunda pekerjaan alias prokrastinasi.

6. Beri Waktu Istirahat Sejenak untuk Otak

Waktu Istirahat Singkat Saat Bekerja

Berikan waktu istirahat sejenak untuk otak agar bisa kembali berkonsentrasi. (Foto: Whitten and Lublin)

Otak manusia hanya mampu berkonsentrasi secara terus-menerus hanya dalam jangka waktu tertentu. Dengan beristirahat sejenak – misalnya selama 5 menit setiap 1 atau 1,5 jam – Sobat pun memberikan waktu bagi pikiran untuk beristirahat sejenak agar bisa kembali memusatkan konsentrasi.

7. Refleksi Diri

Ilustrasi Refleksi Diri untuk Tips Meningkatkan Konsentrasi

Luangkan beberapa menit sebelum tidur untuk melakukan refleksi diri. (Foto: Forbes)

Setelah kembali ke rumah dan siap untuk beristirahat di malam hari, luangkan beberapa menit untuk melakukan refleksi diri. Ajukan pertanyaan kepada diri sendiri untuk mengukur seberapa baik performa Sobat dan apa yang bisa Sobat kerjakan dengan lebih baik keesokan harinya. Misal:

  • Apa yang sudah dicapai hari ini?
  • Apakah tujuan yang dibuat hari ini sudah tercapai?
  • Apa yang dikerjakan dengan baik hari ini?
  • Apa kesalahan yang dilakukan hari ini?
  • Apa keputusan yang dibuat hari ini?
  • Mengapa memilih keputusan ini, bukannya keputusan lain?
  • Apakah keputusan yang sudah dibuat memberi hasil yang efektif?

Tujuan refleksi diri adalah untuk melihat seberapa baik performa Sobat dan seberapa baik dalam menjalankan pekerjaan. Jika dilakukan secara teratur, Sobat pun bisa mengukur progres dari hari ke hari, dan mengamati apa saja kekurangan yang bisa diperbaiki, serta kelebihan yang bisa diperkuat.

8. Persiapkan untuk Hari Berikutnya

Ilustrasi To-Do List

Tentukan apa yang akan dilakukan di hari berikutnya sebelum tidur. (Foto: Living Well Mom)

Setelah melakukan refleksi diri, tentukan apa saja tujuan yang ingin Sobat selesaikan di hari esok. Selain itu, buat skala prioritas untuk masing-masing tugas yang akan dikerjakan hari berikutnya, pertimbangkan hambatan yang mungkin timbul, dan tantangan yang berpotensi mengganggu konsentrasi. Dengan begitu, Sobat bisa perkirakan juga solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal-hal pengganggu konsentrasi yang bisa muncul di tengah jam kerja.

Itulah beberapa hal yang bisa Sobat jadikan kebiasaan untuk meningkatkan fokus dan produktivitas saat bekerja. Semoga delapan tips meningkatkan konsentrasi kerja di atas bermanfaat, ya!

Untuk Sobat yang ingin menambah penghasilan dengan memulai usaha sampingan tanpa harus mengganggu pekerjaan di kantor, menjadi agen pulsa dan PPOB dengan aplikasi Unitedtronik bisa menjadi solusi yang pas. Hanya dengan satu aplikasi, Sobat bisa lakukan berbagai transaksi kurang dari satu menit! Apalagi, modalnya bisa bebas Sobat tentukan sendiri, bahkan dengan modal minim sekalipun.

Jangan tunda-tunda lagi! Yuk mulai bisnis Sobat sekarang juga dan download aplikasi Unitedtronik di di Play Store dan App Store sekarang juga!