Tips THR Hemat yang Ampuh Agar Tidak Miskin Mendadak Setelah Lebaran

Tips THR Hemat agar Kondisi Keuangan Tetap Stabil Setelah Hari Raya

THR alias Tunjangan Hari Raya adalah sesuatu yang banyak diharapkan oleh para pegawai dan pekerja jelang hari raya Idul Fitri. Karena dianggap sebagai rezeki nomplok, sayangnya banyak yang langsung menghabiskannya untuk belanja sampai tak sepeserpun tersisa begitu Lebaran selesai. Nah, kalau Sobat ingin menghindari hal tersebut, beberapa tips THR hemat berikut ini jelas perlu diterapkan.

Berikut ini adalah beberapa tips THR hemat dari Andi Nugroho, Financial Planner dari Mitra Rencana Edukasi, seperti yang dilansir dari MoneySmart. Selamat membaca dan menerapkan!

Tips THR Hemat yang Wajib Dilakukan

Buat Anggaran Pasca Lebaran

Menyusun Anggaran Setelah Lebaran untuk Tips THR Hemat

Foto: Video Blocks

Begitu uang THR mendarat di rekening, hal pertama yang harus Sobat lakukan adalah menyisihkan dana untuk kebutuhan setelah Lebaran berakhir. Karena itu, Sobat harus buat anggaran kebutuhan dan pengeluaran setelah libur hari raya selesai. Apalagi, Idul Fitri 2019 kali ini jatuh di awal bulan, yang artinya Sobat punya waktu panjang sampai tanggal gajian berikutnya datang.

Karena itu, jangan lupa anggarkan dan siapkan dana untuk kebutuhan rutin sehari-hari, seperti makan, uang transportasi, biaya pendidikan anak, tagihan listrik dan air, serta cicilan kredit (kalau ada). Kalau sudah, sebaiknya Sobat juga sisihkan untuk tabungan dan investasi, walaupun hanya 10% dari total uang THR.

Bagaimana dengan sisanya? Nah, sisa uang yang ada itulah yang bisa Sobat habiskan untuk kebutuhan selama berlebaran.

Baca juga: Atur Keuangan Saat Mudik dengan 4 Tips Jitu Ini!

Tabungan atau Investasi Tetap Perlu

Menabung dan Investasi untuk Keuangan Pribadi

Foto; Yahoo Finance

Sekali lagi, tak peduli seberapa kecil persentase dana THR yang disisihkan untuk tabungan dan/atau investasi. Sebab, tabungan dan investasi akan menambah aset Sobat, dan pastinya menambah dana cadangan. Apalagi, menabung dan berinvestasi merupakan salah satu kebiasaan penting yang baik dalam urusan manajemen keuangan pribadi.

Buat Anggaran Kebutuhan Lebaran

Tips THR Hemat dengan Buat Anggaran Selama Lebaran

Foto: Jurnal

Meskipun THR pada dasarnya memang dicairkan untuk memenuhi kebutuhan selama berlebaran, bukan berarti Sobat lantas bisa menghambur-hamburkannya begitu saja. Karena itu, serupa dengan pengelolaan uang gaji tiap bulan, Sobat pun perlu buat anggaran kebutuhan untuk merayakan hari raya, apalagi jika Sobat harus mudik ke kampung halaman.

Tentukan apa saja kebutuhan selama berlebaran yang perlu dipenuhi, kemudian buat estimasi angkanya. Jangan lupa juga untuk membuat anggaran berdasarkan prioritas, yang artinya utamakan kebutuhan yang memang benar-benar mendesak. Contohnya, untuk Sobat yang mudik, semua kebutuhan untuk mudik dan kembali ke kota tempat tinggal saat ini perlu jadi prioritas pertama. Sementara itu, belanja baju baru bisa Sobat nomorduakan.

Baca juga: Butuh Tukar Uang Lebaran? Ini Jadwal Penukaran yang Resmi Lewat BI!

Disiplin dalam Penggunaan Uang THR

Menggunakan Uang THR

Foto: Solusi Ibu Attack

Pastinya, rencana dan anggaran penggunaan dana THR untuk berlebaran yang sudah dibuat jadi percuma kalau tidak Sobat laksanakan. Karena alasan itulah Sobat harus mengikuti rencana keuangan tersebut dengan disiplin: amankan dana untuk kebutuhan pasca Lebaran, buat anggaran kebutuhan selama berlebaran, tentukan pengeluaran yang jadi prioritas, dan terapkan.

Hari raya Idul Fitri, selain menjadi perayaan penting bagi umat Muslim, juga merupakan momen untuk berkumpul bersama keluarga. Karena itu, jangan sampai momen ini justru jadi penyebab Sobat mendadak jatuh miskin setelah masa Lebaran berakhir. Lebih gawat lagi kalau sampai Sobat tak bisa penuhi kebutuhan sehari-hari sampai gajian berikutnya.

Supaya komunikasi selama Lebaran nanti tetap lancar, jangan lupa pastikan pulsa dan paket data Sobat aman, ya! Dapatkan pulsa dan paket internet pilihan selama libur Lebaran dengan aplikasi Unitedtronik yang mudah, cepat, dan praktis. Yuk, dapatkan aplikasi Unitedtronik sekarang juga di Play Store dan App Store!