Atur Keuangan Saat Mudik dengan 4 Tips Jitu Ini!

Ilustrasi Mudik Bersama Keluarga dengan Mobil

Sudahkah Sobat melakukan rencana untuk atur keuangan saat mudik? Kalau belum, Sobat harus segera lakukan mulai dari sekarang. Soalnya, tanpa perencanaan yang baik, pengeluaran Sobat selama mudik bisa jadi tidak terkendali, lho!

Simak empat tips cerdas yang bisa bantu Sobat atur keuangan saat mudik berikut ini!

Tips Atur Keuangan Saat Mudik

Catat Jenis-Jenis Pengeluaran

Mencatat Alokasi Pengeluaran Bantu Atur Keuangan untuk Mudik

Foto; NerdWallet

Sobat bisa mulai rencana keuangan untuk mudik dengan menentukan apa saja pengeluaran yang dibutuhkan selama di perjalanan, di tempat tujuan, sampai akhirnya kembali pulang ke kota domisili saat ini. Untuk mempermudah, Sobat bisa buat beberapa pos pengeluaran yang utama, contohnya pos transportasi untuk tiket mudik PP, ongkos bahan bakar, tarif tol, dan sebagainya. Kemudian ada pos akomodasi untuk hotel atau penginapan jika dibutuhkan, pos rekreasi untuk hiburan, dan pos THR untuk membagikan rezeki Sobat dengan para saudara.

Baca juga: 5 Gejala Penyakit Gaya Hidup Boros, Sobat Juga Mengalaminya?

Gunakan THR untuk Mudik dengan Bijak

Ilustrasi Tunjangan Hari Raya untuk Lebaran

Foto: Okezone Ekonomi

Biasanya, banyak yang mengandalkan THR untuk biaya mudik. Sedangkan berapa jumlahnya, semuanya kembali pada diri masing-masing. Jadi, terserah Sobat jika Sobat ingin menggunakan semuanya atau hanya sebagian saja. Yang penting, Sobat perlu menggunakan THR dengan bijak dan bisa mengatur dana tersebut dengan baik.

Buat Juga Anggaran Setelah Mudik

Ilustrasi Bekerja dengan Semangat dan Ceria

Foto: Vodat

Setelah mudik selesai, ingat kalau Sobat masih harus kembali ke aktivitas sehari-hari. Artinya, Sobat juga harus pastikan kalau kebutuhan sehari-hari setelah mudik dan sampai gajian berikutnya juga terpenuhi. Karena inilah mengapa Sobat pun perlu atur keuangan untuk mudik dengan cermat. Dengan begitu, Sobat tidak justru menghambur-hamburkan uang ketika hari raya.

Hindari Membawa Uang Tunai Terlalu Banyak

Atur Keuangan untuk Mudik Lebih Mudah dengan Kurangi Uang Tunai

Foto; The Jakarta Post

Untuk mengendalikan pengeluaran agar tidak bocor selama merayakan libur lebaran bersama keluarga, sebaiknya Sobat batasi jumlah uang tunai yang dibawa. Bawa saja uang tunai secukupnya, dan pastikan kartu ATM Sobat juga ada di dalam dompet yang dibawa.

Alternatif lainnya, Sobat bisa gunakan uang elektronik atau digital selain uang tunai untuk berjaga-jaga. Apalagi, saat ini pembayaran menggunakan uang elektronik jadi semakin mudah karena banyak toko yang sudah menerima metode pembayaran ini. Mulai dari GoPay, OVO, Dana, atau LinkAja, pilih manapun yang Sobat sukai!

Baca juga: Yuk Dicoba! Ini Dia Cara Menghemat Uang Gaji dengan 4 Kebiasaan Sederhana

Agar saldo uang elektronik Sobat tidak kosong ketika dibutuhkan, pastikan Sobat mengisinya sebelum bersiap-siap berangkat mudik, ya. Apalagi, sekarang Sobat bisa mengisi saldo uang elektronik dengan mudah menggunakan aplikasi Unitedtronik. Artinya, Sobat tak perlu harus ke bank atau ATM. Mudah, praktis, dan cepat, kan?

Semoga keempat tips sederhana atur keuangan untuk mudik di atas bermanfaat untuk Sobat, ya! Jangan lupa juga untuk gunakan aplikasi Unitedtronik untuk berbagai transaksi pembayaran secara online. Dapatkan aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store sekarang juga!