Walau Ditinggal Mudik Lebaran, 8 Tips Ini Bantu Rumah Tetap Aman!

Keluarga Akan Berangkat Mudik Lebaran Bersama-Sama

Apa saja persiapan mudik lebaran yang sudah Sobat lakukan? Mulai dari tiket transportasi PP atau kendaraan pribadi, oleh-oleh, sampai THR, apakah semuanya sudah oke? Kalau sudah, bisa dibilang Sobat hanya tinggak berangkat saja, tuh!

Eh, tapi mudik Lebaran kan berarti Sobat juga harus meninggalkan rumah selama berhari-hari! Apakah Sobat sudah mempersiapkan rumah agar tetap aman selama Sobat pulang kampung?

Oh iya, menjaga rumah aman selama mudik bukan berarti aman hanya dari maling, lho! Tapi juga dari berbagai risiko lainnya, seperti sambungan arus pendek alias korsleting, dan sebagainya. Nah, agar Sobat tidak perlu waswas lagi saat mudik memikirkan kondisi rumah, yuk ikuti 8 tips jaga rumah tetap aman berikut ini!

Tips Jaga Rumah Tetap Aman Selama Mudik Lebaran

Bersihkan Rumah Sebelum Berangkat Mudik

Membersihkan Rumah Sebelum Berangkat Mudik Lebaran

Daripada kotoran numpuk makin tebal setelah pulang mudik, bersih-bersihnya bisa dicicil sejak sebelum berangkat! (Foto: Living Loving)

Terdengar sepele, sih. Tapi, kalau Sobat pergi mudik sampai kira-kira seminggu, bisa terbayang kah seberapa kotornya rumah Sobat nanti, apalagi kalau belum dibersihkan sebelumnya? Karena Sobat pasti ingin segera beristirahat begitu sampai rumah dan bukannya sibuk bersih-bersih, maka tak ada salahnya mencicil pekerjaan di awal. Dengan begitu, sepulangnya Sobat setelah mudik, Sobat tak perlu lagi keluar terlalu banyak tenaga untuk membersihkan rumah sebelum akhirnya bisa beristirahat,

Kunci Rapat Jendela dan Pintu

Mengunci Pintu Sebelum Bepergian untuk Keamanan Rumah

Pastikan pintu dan jendela terkunci dengan aman ya Sobat! (Foto: PxHere)

Jangan lupa, pastikan Sobat mengunci pintu dan jendela dengan rapat sebelum berangkat mudik Lebaran. Kalau merasa membutuhkan, pasang juga pengaman tambahan sebagai perlindungan ekstra seperti jerjak atau teralis agar tidak mudah dibobol pencuri. Pastikan juga kalau kuncinya Sobat bawa, termasuk kunci serepnya – terutama untuk Sobat yang sering meninggalkan kunci serep di teras untuk anggota keluarga lainnya.

Cabut Semua Steker dari Sumber Listrik dan Tabung Gas

Steker Listrik Perlu Dicabut Dulu Sebelum Meninggalkan Rumah

Selain bikin tagihan listrik bengkak, steker yang masih tersambung listrik juga berisiko korsleting. (Foto: Beres.id)

Sering kali, kebakaran yang menimpa rumah kosong yang ditinggal penghuninya mudik disebabkan pemilik rumah yang lupa mencabut steker alias colokan. Hal yang sama pun berlaku untuk tabung gas, walaupun tabung gas jelas tidak terhubung ke sumber listrik.

Pastikan Lampu dan Pompa Air Sudah Mati

Mematikan Lampu Sebelum Berangkat Mudik

Lagi-lagi supaya tagihan listrik tidak bengkak, jangan lupa matikan lampu ya! (Foto: Your Teen Magazine)

Pastinya Sobat tidak ingin disambut dengan jumlah tagihan listrik dan air yang membengkak sepulangnya dari mudik, bukan? Untuk mencegahnya, pastikan Sobat sudah mematikan pompa air, menutup semua keran air, serta mematikan lampu.

Tapi, bukannya rumah yang gelap gulita makin mengundang perhatian pencuri?

Untuk mengantisipasinya, Sobat bisa nyalakan hanya lampu luar saja agar siapapun yang mendekati rumah Sobat, baik itu pencuri atau bukan, bisa dengan mudah dilihat di malam hari sekalipun. Atau, Sobat bisa pilih gunakan lampu otomatis saja yang akan menyala dengan sendirinya begitu hari sudah gelap.

Simpan Barang Berharga di Tempat Penyimpanan yang Aman

Simpan Dokumen Penting di Tempat Aman

Simpan barang-barang penting di tempat yang aman. (Foto: Toko Alat Tulis Kantor)

Barang-barang berharga, termasuk dokumen penting seperti surat tanah, pastinya tidak bisa Sobat bawa-bawa ketika mudik Lebaran nanti. Agar aman walaupun ditinggal di rumah, simpanlah barang-barang tersebut di tempat yang aman seperti brankas, bukannya lemari pakaian. Kalau Sobat tidak punya brankas, Sobat bisa titipkan barang-barang berharga di kantor Pegadaian atau bank dengan membayar biaya administrasi, kok.

Baca juga: Mudik Saat Berpuasa? Ikuti 7 Tips Ini Agar Tetap Sehat dan Selamat Sampai Kampung Halaman!

Stop Langganan Majalah atau Koran untuk Sementara

Headline Berbagai Koran Nasional

Agar tidak menarik perhatian oknum tertentu, stop dulu langganan koran untuk sementara. (Foto; Fiveprime)

Kalau Sobat biasa langganan koran atau majalah, hentikan dulu langganan Sobat untuk sementara selama Sobat pergi mudik. Hal ini dilakukan untuk mencegah tumpukan koran atau majalah yang pastinya bisa mengundang rasa curiga dan menarik perhatian orang-orang dengan niat jahat.

Gunakan CCTV

CCTV yang Dapat Terhubung ke Smartphone

Untuk keamanan ekstra, pasang CCTV di rumah. (Foto: YouTube)

Jika daerah tempat tinggal Sobat terbilang rawan pencurian, tak ada salahnya keluar uang ekstra untuk memasang CCTV di beberapa sudut rumah. Misalnya di teras, halaman belakang, kamar, dan ruang tamu. Apalagi, sekarang Sobat sudah bisa mendapatkan kamera CCTV dengan harga yang terjangkau, lho!

Titipkan Rumah ke Tetangga Terpercaya

Mengobrol dengan Tetangga Sebelah Rumah di Kebun

Titipkan rumah ke tetangga yang bisa dipercaya. (Foto: Wetzel Languages)

Apakah ada satu atau dua orang tetangga Sobat yang tidak mudik dan bisa Sobat percaya? Kalau iya, maka Sobat bisa meminta tolong pada tetangga untuk membantu mengecek kondisi rumah, misalnya dua kali sehari.

Nah, agar komunikasi Sobat dengan tetangga tetap lancar, pastikan Sobat tak pernah kehabisan pulsa dan paket data, ya! Dengan begitu, Sobat bisa menanyakan kondisi rumah atau mendapatkan informasi dari tetangga dengan mudah! Yuk, isi sendiri pulsa dan paket data Sobat dengan aplikasi Unitedtronik. Dapatkan aplikasinya gratis di Play Store dan App Store sekarang juga!