YouTube Music Rilis di Indonesia, Apa Bedanya dengan Spotify?

YouTube Music Rilis di Indonesia

Setelah resmi diperkenalkan dan online di beberapa negara di dunia, YouTube Music akhirnya resmi hadir di Indonesia. Layanan berbasis musik milik Google ini diboyong karena potensi streaming musik di Indonesia yang menjanjikan.

Dilansir dari KompasTekno, peluncuran YouTube Music di Indonesia pada Selasa (5/11/2019) juga diadakan bersamaan dengan peluncuran di enam negara lainnya, di mana empat di antaranya merupakan negara Asia Tenggara. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Ruuben van den Heuvel, Head of Music Content Partnerships, YouTube, & Google Play (ANZ SEA) via video conference di kantor Google Jakarta.

Berbeda dengan YouTube yang selama ini dikenal sebagai platform streaming video, aplikasi yang satu ini merupakan platform untuk streaming musik. Sekilas, aplikasi ini mirip seperti Spotify. Apalagi, pengguna gratis juga akan mendapatkan iklan ketika mendengarkan lagu lewat YouTube Music. Iklan tersebut dapat dihapus jika pengguna memilih berlangganan.

Tampilan Aplikasi YouTube Music

Layanan baru streaming lagu secara online hadir dari YouTube. (Foto: Cnet)

Meski demikian, platform besutan Google ini dibekali dengan fitur pencarian Google. Dengan begitu, pengguna bisa mencari konten musik di aplikasi tersebut dengan menggunakan kata kunci apapun.yang diinginkan. Bahkan, pengguna bisa mencari lagu berdasarkan liriknya jika tidak tahu judul lagu yang ingin didengarkan, berkat dukungan Google Smart Search.

Harga YouTube Music Premium

Selain versi gratis, YouTube Music Premium juga dirilis untuk pelanggan yang ingin menghilangkan iklan dengan membayar biaya langganan. Untuk harganya, Google memasang biaya berlangganan sebesar Rp49.000 per bulan. Lewat fitur premium, pengguna juga bisa mengunduh lagu agar bisa didengarkan secara offline, alias tanpa koneksi internet.

Untuk mempromosikan produk baru mereka, Google menawarkan promosi selama periode 7 sampai 26 November. Selama periode ini, pengguna bisa menikmati akses YouTube Music Premium secara gratis selama 3 bulan setelah mengunduh aplikasinya.

YouTube Music Premium juga bisa dinikmati secara gratis jika pengguna berlangganan YouTube Premium yang juga dirilis pada waktu yang bersamaan. Dengan harga hanya Rp59.000 per bulan, pengguna YouTube Premium bisa menikmati layanan streaming video tanpa iklan, mengunduh video agar bisa ditonton secara offline, sampai memutar video di luar aplikasi lewat mekanisme PIP (picture-in-picture).

Baca juga: Spotify Kids Meluncur, Punya Tampilan Lucu dan Warna-Warni Lho!

Sobat tertarik mencoba layanan baru Google yang satu ini? Sebelumnya, cek dulu paket internet Sobat supaya serunya streaming lagu tidak harus terputus di tengah-tengah, ya! Butuh perpanjang paket data? Belinya lewat aplikasi Unitedtronik aja, yuk. Download aplikasinya di Play Store dan App Store, gratis!