4 Tips Hemat Gaji Kecil, Dijamin Selalu Tenang Sampai Bulan Depan!

Apakah selama ini Sobat merasa kalau gaji yang Sobat terima terlalu kecil dibandingkan pengeluaran setiap bulan? Bukan hanya pas-pasan, bisa jadi Sobat justru selalu tekor di akhir bulan! Hmm, kalau Sobat sering mengalami hal ini, empat tips hemat gaji kecil berikut ini jelas akan jadi penolong Sobat, nih!

Mengapa? Karena gaji yang Sobat rasa “kecil” sebenarnya bisa jadi cukup untuk memenuhi semua kebutuhan Sobat selama sebulan, lho! Trik dari tips hemat gaji kecil ini sebenarnya hanya satu: terapkan pengelolaan keuangan yang terencana, dan lakukan dengan disiplin.

Karena itulah Sobat perlu mengatur kembali bagaimana cara Sobat menggunakan uang gaji bulanan dengan cermat dan baik. Untuk memandu Sobat memulai pengelolaan gaji yang lebih baik, yuk simak keempat tips berikut ini!

Tips Hemat Gaji Kecil Agar Cukup untuk Kebutuhan Sehari-Hari

Langsung Sisihkan untuk Tabungan

Tips Hemat Gaji Kecil dengan Menabung di Awal

Pisahkan rekening tabungan dengan rekening uang untuk belanja. (Foto: Gypsy Minimalist)

Biasanya, kapan Sobat menyisihkan uang untuk ditabung? Kalau Sobat menunggu ada uang sisa dari gaji, Sobat sebenarnya melakukan manajemen gaji yang keliru, tuh! Soalnya, cara menabung yang tepat dan bijak adalah melakukannya begitu gaji Sobat terima. Dengan begitu, Sobat sudah memiliki jumlah yang jelas yang bisa dialokasikan untuk pengeluaran sehari-hari, termasuk membayar tagihan atau cicilan. Oh iya, menabungnya di rekening terpisah, ya!

Tentukan Apa Prioritas Kebutuhan Sobat

Belanja Kebutuhan Bulanan dengan Cermat

Gunakan prioritas ketika belanja bulanan agar tidak kalap. (Foto: Future Customer)

Sebelum pergi belanja untuk kebutuhan bulanan, pastikan Sobat sudah membuat skala prioritas untuk masing-masing barang yang akan dibeli. Intinya, Sobat tentukan apa barang yang harus didahulukan karena Sobat benar-benar butuh, dan barang apa yang tidak terlalu Sobat butuhkan sehingga bisa ditunda. Dengan begitu, Sobat bisa menekan pengeluaran saat belanja bulanan.

Selain itu, sebaiknya Sobat menghindari tempat-tempat perbelanjaan, termasuk online shop sekalipun. Hal ini dilakukan untuk mencegah Sobat mengeluarkan uang untuk barang-barang yang sebenarnya tidak Sobat butuhkan, tapi hanya inginkan. Kalau ada barang yang Sobat inginkan, tak ada salahnya Sobat menabung dulu kalau dana yang ada tidak cukup.

Baca juga: Yuk Dicoba! Ini Dia Cara Menghemat Uang Gaji dengan 4 Kebiasaan Sederhana

Membuat Catatan Pengeluaran Harian

Buat Catatan Pengeluaran untuk Tips Hemat Gaji Kecil

Buat catatan pengeluaran setiap hari untuk evaluasi belanja. (Foto: NerdWallet)

Sobat pun bisa mulai introspeksi dengan mencatat apa saja pengeluaran Sobat setiap hari. Kemudian, jumlahkan semua pengeluaran tersebut agar Sobat bisa mengetahui dengan lebih jelas berapa jumlah pengeluaran Sobat tiap minggu maupun tiap bulan. Kalau Sobat tidak ingin repot-repot pakai buku catatan, Sobat bisa pakai fitur notes di HP, atau pakai aplikasi catatan pengeluaran.

Setiap harinya, cek kembali catatan pengeluaran Sobat untuk hari tersebut sebelum tidur. Biasanya, akan ada rasa sesal yang timbul karena merasa ada pengeluaran yang dilakukan untuk barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Hal ini akan mendorong Sobat untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan uang.

Bawa Uang Tunai Secukupnya Saja

Melakukan Transaksi Pembayaran dengan Uang Tunai

Bawa uang tunai secukupnya saja setiap kali keluar. (Foto: Kiplinger)

Terkadang, membawa terlalu banyak uang tunai justru akan membuat Sobat “kalap”. Karena itu, hindari risiko mengeluarkan uang untuk barang-barang yang tidak dibutuhkan dengan membatasi jumlah uang tunai yang dibawa.

Baca juga: Atur Keuangan Pribadi Sobat dengan 5 Tips Sederhana Ini, Yuk!

Bisa jadi, alasan mengapa gaji Sobat sering ludes sebelum gajian berikutnya adalah pengeluaran yang boros atau sembarangan. Apalagi ketika Sobat belum bisa membedakan antara keinginan dengan kebutuhan. Karena Sobat mengutamakan keinginan, Sobat pun tanpa sadar menghabiskan uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak Sobat butuhkan.

Meski begitu, Sobat juga bisa perbaiki kondisi keuangan dengan mencari penghasilan tambahan, kok. Salah satunya dengan menjalankan bisnis sampingan, seperti bisnis pembayaran online dan PPOB yang Unitedtronik tawarkan!

Mengapa Unitedtronik? Karena ada banyak keuntungan yang bisa Sobat rasakan dengan menjadi mitra Unitedtronik. Mulai dari produk yang lengkap, support 24 jam, sampai kemudahan transaksi hanya dalam satu aplikasi!

Nggak percaya? Download saja dulu aplikasinya di Play Store dan App Store. Gratis, kok!