4 Tips Keuangan untuk Pemalas, Bisa Langsung Dicoba Sekarang Juga!

Kondisi keuangan pribadi yang sehat perlu diusahakan lewat manajemen keuangan pribadi yang baik. Karena itu, Sobat yang termasuk pemalas barangkali sudah terlanjur merasa malas karena merasa kalau mengelola keuangan pribadi itu cukup merepotkan. Padahal, sebenarnya tidak, lho!

Kalau tidak percaya, coba simak empat tips keuangan untuk pemalas berikut ini, yuk! Tips-tips yang akan Sobat temukan di sini sangat mudah untuk dilakukan dan bisa dicoba sekarang juga, lho. Apa saja, ya?

4 Tips Menabung untuk Pemalas

1. Pilih Tabungan Otomatis

Kartu ATM

Malas sisihkan uang untuk menabung di awal bulan? Manfaatkan pemotongan otomatis untuk tabungan dari bank, yuk! (Foto: Financial Times)

Untuk Sobat yang pemalas, menabung mungkin terdengar seperti sesuatu yang cukup membuat malas untuk dilakukan. Akibatnya, niat menabung hanya selamanya jadi niat. Tapi, untungnya sekarang ada produk tabungan yang bisa terhubung secara otomatis dengan kartu debit Sobat atau rekening gaji. Dengan begitu, Sobat bisa tentukan berapa jumlah tabungan yang bisa dipotong tiap bulan secara otomatis tanpa harus mengumpulkan niat untuk menyisihkannya.

2. Gunakan Amplop Pengeluaran

Tips Keuangan untuk Pemalas dengan Amplop Anggaran

Bagi anggaran untuk pengeluaran rutin ke dalam amplop berdasarkan kategori untuk bantu kendalikan pengeluaran dengan lebih baik. (Foto: Mommies Daily)

Sobat bisa pertimbangkan untuk kembali ke cara jadul, yaitu jajan dan belanja hanya dengan uang tunai. Jadi, tentukan berapa jumlah uang yang ingin digunakan untuk keperluan jajan dan belanja setiap bulan, kemudian lakukan penarikan tunai. Masukkan uang tersebut ke dalam amplop yang bisa dipisah-pisah berdasarkan kategorinya – amplop untuk uang makan, uang ngopi, uang bensin, dan sebagainya – atau bagi uang secara merata tiap minggunya – satu minggu satu amplop.

Kalau dengan cara ini ternyata Sobat masih sering “curi-curi” uang dari rekening atau tabungan, atau malah habis sebelum waktunya, artinya Sobat belum bisa mengendalikan diri saat belanja.

Baca juga: Tips Mengatur Pengeluaran dengan Sistem Amplop Anggaran

3. Menabung di Celengan

Menabung di Celengan Tips Keuangan untuk Pemalas

Zaman boleh modern, tapi menabung di celengan tetap tidak ketinggalan zaman, kok! (Foto: woke.id)

Malas menyisihkan uang langsung di awal bulan karena merasa jumlahnya terlalu besar? Sobat bisa kembali gunakan cara jadul, yaitu menabung di celengan. Jumlahnya bisa bebas Sobat tentukan sendiri, bahkan jika Sobat ingin memanfaatkan celengan agar uang receh dari kembalian tidak terbuang.

Atau, Sobat bisa bagi target tabungan bulanan sesuai jumlah harinya agar merasa bersemangat untuk menabung teratur tiap hari. Misalnya, Sobat menarget untuk menabung Rp600.000 tiap bulan. Kemudian, bagi angka tersebut dengan 30 hari, dan hasilnya adalah menabung Rp20.000 tiap hari. Rasanya jadi lebih enteng, kan?

4. Bayar Tagihan, Pulsa, dan Paket Data Online

Ilustrasi Transaksi Online Lewat Smartphone

Bayar tagihan dan beli pulsa secara online lewat aplikasi lebih irit, lho! (Foto: What a Small World)

Walaupun Sobat mungkin malas, tapi tak diragukan lagi kalau ada tagihan bulanan yang harus dibayarkan. Misalnya tagihan listrik dan air, atau cicilan kendaraan bermotor. Di samping itu, Sobat juga perlu beli pulsa dan paket data teratur tiap bulan, atau bahkan lebih dari sekali dalam sebulan.

Untungnya, sekarang Sobat bisa menggunakan aplikasi smartphone untuk melakukan segala transaksi pembayaran dan pembelian tersebut. Jadi, Sobat tidak perlu repot-repot dan mengumpulkan niat keluar rumah untuk pergi ke ATM atau konter, kan? Belum lagi, pembayaran secara online atau lewat aplikasi smartphone juga relatif lebih murah. Untuk tagihan, biaya admin yang harus Sobat bayarkan biasanya lebih rendah. Sedangkan untuk pulsa dan paket data, tak sedikit yang harganya di bawah harga konter.

Contohnya di aplikasi Unitedtronik yang bisa Sobat gunakan untuk membayar segala jenis tagihan dan membeli pulsa serta paket data dari semua operator. Selain produk yang lengkap, harganya juga dijamin irit dan kecepatan transaksinya paling sip! Bahkan, Sobat juga bisa berjualan dengan aplikasi Unitedtronik, lho. Jadi, selain berhemat, Sobat juga bisa cari tambahan uang, kan?

 Nah, itulah empat tips keuangan untuk pemula yang bisa Sobat coba sekarang juga, termasuk menjadikan Unitedtronik sebagai #PahlawanTransaksi sahabat pembayaran Sobat. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga, gratis!