Cara Daftar SNMPTN 2020 secara Online

Para siswa SMA yang akan lulus SMA atau sudah lulus dan menunggu untuk mendaftar tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) hari ini resmi bisa memulai ‘pertarungan’. Siang ini, Jumat, 14 Februari 2020, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah membuka pendaftaran SNMPTN pada pukul 14.00 WIB.

Jalur yang dibuka lebih awal ini adalah jalur prestasi yang bisa diikuti oleh siswa yang memilii rapor dan prestasi yang baik. Siswa yang masuk dalam kuota pemeringkatan sekolah bisa mendaftar di portal LTMPT http://portal.ltmpt.ac.id. Kemudian, siswa harus melengkapi semua data yang diminta, memilih perguruan tinggi negeri (PTN), serta program studi yang diminati. Pada langkah ini, siswa sekaligus bisa mengunggah dokumen prestasi.

Tidak hanya prestasi di bidang akademik, siswa berprestasi di bidang seni dan olahraga juga bisa mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang diakui sesuai dengan ketentuan dari LTMPT. Semua siswa bisa memilih PTN dan prodi yang diminati, sesuai dengan latar belakang peminatan masing-masing sewaktu SMA. Untuk program studi, siswa bisa memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau masing-masing satu dari dua PTN.

Setelah semua data selesai diisi serta semua dokumen sudah diunggah, siswa bisa mencetak kartu bukti pendaftaran. Kartu ini adalah tanda bukti sah sebagai peserta SNMPTN., data dan dokumentasi diunggah, siswa pendaftar dapat mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. Tidak perlu terburu-buru, pendaftaran baru akan ditutup pada 27 Februari 2020 sehingga para siswa memiliki waktu yang cukup panjang untuk melengkapi data dan dokumen.