Fortnite Kini Bisa Diunduh di Google Play Store

Fortnite kini hadir secara resmi di Google Play Store. (Foto: Epic Games)

Setelah 18 bulan berjuang berjalan tanpa merilis aplikasi secara resmi di Google Play Store, Epic Games selaku pengembang gim Fortnite baru saja memasukkan gim mereka ke etalasi aplikasi Google tersebut. Gim battle royal tersebut kini bisa diunduh langsung melalui Google Play Store. Sebelumnya, Epic Games menolak memasukkan Fortnite ke Google Play Store karena menganggap Google mengambil pembagian keuntungan yang terlalu besar dari pengembang gim.

Google selama ini memang menerapkan sistem komisi 30 persen dari setiap aplikasi yang dipasang di Google Play Store. Dengan demikian, dari setiap transaksi yang terjadi di dalam aplikasi atau game yang dipasarkan lewat Google Play Store, Google akan mendapatkan keuntungan sebesar 30%. Hal ini terus dikritik oleh Epic Games yang mewakili suara developer independen.

Selama ini, Epic Games memasarkan gim besutan mereka melalui laman website mereka dengan format APK. Meski tidak diunduh dari Google Play Store, namun Epic Games menjamin keamanan gim mereka bagi para pengguna Android. Meski demikian, Google menganggap semua software pihak ketiga sebagai malware, dan Google Play Protect (platform keamanan Google) memblokir semua software yang berasal dari luar Google Play Store. Secara langsung, hal ini memengaruhi banyaknya calon pengguna Fortnite yang gagal instal Fortnite di ponsel mereka.

Hal ini yang membuat Epic Games merasa Google mempersulit posisi mereka dalam ekosistem games di Play Store karena memberikan notifikasi bahwa cara mengunduh game Fortnite tidak aman, bahkan dianggap membawa malware bagi ponsel. Pemberitahuan ini tentu membuat banyak pengguna yang ingin mengunduh Fortnite mengurungkan niat mereka karena takut ponselnya terkena malware. Hal inilah yang akhirnya membuat Epic Games menyerah dan memasukkan gim mereka secara resmi ke Google Play Store.

“Setelah 18 bulan Fortnite tersedia di Android dari luar Google Play Store, kami akhirnya sadar. Google membuat software yang diunduh dari luar Google Play Store merugi baik dari sisi teknis maupun bisnis. Muncul notifikasi keamanan terus menerus dan larangan dukungan layanan operator seluler,” tulis Epic Games di laman resmi mereka.

Dengan demikian, pengguna saat ini bisa mengunduh gim Fortnite langsung dari Google Play Store tidak seperti sebelumnya di mana pengguna harus mengunduhnya melalui laman resmi Epic Games.