Hari Bumi 2019, Yuk Jaga Planet Kita dengan 4 Kebiasaan Sederhana Ini!

Pada tanggal 22 April setiap tahunnya, seluruh masyarakat di dunia merayakan Hari Bumi Sedunia alias Earth Day. Momen ini adalah saat yang tepat buat Sobat untuk mengubah dan meningkatkan kualitas hidup dengan cara-cara yang pastinya ramah lingkungan. Sebab, hanya Bumi lah planet yang bisa semua makhluk hidup sebut sebagai rumah. Karena itu, Hari Bumi 2019 ini adalah waktu yang pas untuk memulai langkah demi menjaga rumah Sobat ini!

Baca juga: Waspada Bokek Prematur! Temukan Solusinya di Sini!

Apakah menjaga Bumi adalah hal yang sulit? Untungnya, hal ini sebenarnya adalah tugas yang sangat mudah. Bahkan, Sobat cukup melakukan berbagai hal kecil untuk menjaga Bumi, lho. Tentunya, biasakan hal-hal baik tersebut dan tularkan kepada orang-orang di sekitar agar manfaatnya makin terasa, ya!

Lantas, apa saja berbagai kebiasaan kecil dan mudah untuk menjaga Bumi? Yuk, simak daftarnya di dalam tips Hari Bumi 2019 berikut ini!

Tips Hari Bumi 2019 yang Mudah dan Sederhana

Matikan Lampu Setelah Tidak Dibutuhkan

Mematikan Lampu Saat Sudah Tidak Digunakan

Foto: Shutterstock

Setelah selesai memakai ruangan, matikan lampu sebelum Sobat keluar. Atau, begitu pagi datang, matikan lampu di teras dan ruangan lain yang sudah tidak membutuhkan penerangan lagi. Cara ini mudah dan sederhana, tapi sangat signifikan dalam membantu menjaga Bumi, lho! Apalagi, Sobat juga bisa sekalian menghemat tagihan listrik hanya dengan satu cara mudah ini.

Baca juga: Tak Perlu Pakai Cara Curang, Lakukan Cara Sakti Ini untuk Hemat Biaya Tagihan Listrik

Berkontribusi untuk Penanaman Pohon

Dua Anak Kecil Menanam Pohon di Lingkungan Tempat Tinggal

Foto: National Geographic Kids

Semakin meluasnya area perkotaan yang mengubah sawah dan kawasan hijau jadi hutan pencakar langit telah berkontribusi besar mengurangi jumlah pohon. Padahal, pohon punya banyak manfaat untuk kehidupan seluruh makhluk hidup, termasuk manusia.

Untungnya, sekarang Sobat bisa bantu tanam lebih banyak pohon lagi dengan mudah. Sudah ada banyak organisasi lingkungan yang bisa Sobat datangi untuk bergabung. Atau, Sobat bisa pilih berdonasi kalau Sobat punya kesibukan tinggi setiap hari.

Cara lain yang tak kalah mudahnya adalah menanam lebih banyak tanaman hijau di lingkungan Sobat. Jadi, Sobat tidak selalu harus pergi jauh untuk membuat Bumi hijau kembali, kan?

Baca juga: Dijamin Anti Miskin Kuota dengan 5 Tips Jitu Selalu ON Ini!

Konsumsi Buah, Sayur, dan Sumber Makanan Lainnya dari Petani Lokal

Belanja Buah Segar di Pasar Lokal untuk Rayakan Hari Bumi 2019

Foto: Blogs UAJY

Tips yang satu ini bukan hanya bisa membantu para petani lokal, tapi juga memberikan nutrisi yang lebih baik buat tubuh Sobat, lho! Terus, mengapa belanja langsung dari petani lokal?

Berbeda dengan produk yang dijual di supermarket, produk yang ada di petani atau pasar lokal tersedia tanpa melalui proses distribusi yang panjang. Dengan kata lain, produk bisa sampai di tangan Sobat tanpa harus dibawa di dalam kendaraan, yang pastinya memakan bahan bakar untuk bisa beroperasi, kan?

Baca juga: SMART Goal, Apa Itu? Yuk, Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Gunakan Moda Transportasi Ramah Lingkungan

Bersepeda Sebagai Sarana Transportasi Sehari-Hari

Foto: Austin Food Magazine

Untuk Sobat yang setiap harinya menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian, seperti ke kantor atau ke kampus, Sobat bisa luangkan satu hari untuk menggunakan sarana transportasi umum. Kalau jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh, coba berjalan kaki atau bersepeda saja.

Lebih bagus lagi kalau Sobat jadikan kebiasaan, misalnya tentukan 2 atau 3 hari dalam seminggu di mana Sobat memilih untuk menggunakan angkutan umum, sepeda, atau jalan kaki. Buat Sobat yang merasa naik angkutan umum itu repot, Sobat juga bisa pilih ojek atau taksi online yang super praktis. Ongkosnya juga bisa dipangkas asal Sobat punya saldo e-money untuk jasa transportasi online pilihan Sobat.

Saldo Sobat habis? Jangan cemas! Sobat bisa isi ulang saldo e-money Sobat sendiri tanpa harus lewat driver atau pergi ke ATM, kok. Lewat aplikasi Unitedtronik, Sobat bisa pilih layanan e-money yang Sobat gunakan untuk diisi ulang saldonya cukup dari smartphone. Pokoknya praktis dan mudah! Sobat hanya perlu unduh aplikasinya gratis dari Play Store dan App Store.

Bagaimana menurut Sobat? Empat tips di atas sangat sederhana, kan? Walaupun mudah, tapi efeknya luar biasa, lho! Syaratnya hanya satu: jadikan kebiasaan. Pelan-pelan juga tak apa, asal konsisten. Soalnya, kalau bukan di Bumi, di mana lagi kita bisa tinggal? Benar, kan?

Selamat Hari Bumi 2019!