Lenovo Pamerkan PC Lipat Pertama di Dunia

Pengguna Sedang Menggunakan Prototipe PC Lipat dari Lenovo

Smartphone lipat saat ini sudah dipandang sebagai tren besar berikutnya di dunia teknologi, yang dibuktikan dengan kehadiran Huawei Mate X dan Samsung Galaxy Fold – nama yang terakhir sayangnya harus ditunda kehadirannya karena masalah pada layar lipat yang terjadi pada April 2019. Akan tetapi, industri nampaknya tak berhenti hanya pada produk itu saja, yang dibuktikan dengan kemunculan PC lipat buatan Lenovo.

PC lipat yang akan jadi yang pertama di dunia tersebut merupakan sebuah prototipe ThinkPad dengan teknologi serupa seperti yang digunakan pada smartphone. Hanya saja, yang Lenovo pamerkan bukan sekadar produk demo. Sebab, Lenovo rupanya sudah mengembangkan PC tersebut selama tiga tahun, dan berencana meluncurkan produk akhir pada 2020 sebagai bagian dari merk ThinkPad X1 premium. Tujuannya adalah menjadi produk premium dalam kelas laptop, dan bukannya sekadar aksesoris atau komputer kedua layaknya sebuah tablet.

Mengapa PC Lipat?

PC Lipat Lenovo Saat Digunakan Seperti Sebuah Tablet

Foto; The Verge

Selain keren dan pastinya inovatif, tentu banyak yang bertanya mengapa Lenovo mengembangkan PC lipat. Jawabannya rupanya sederhana: portabilitas. Secara konsep, PC seperti ini sebenarnya melakukan hal yang berkebalikan dengan apa yang ingin dicapai oleh smartphone lipat. Sebab, ketika smartphone lipat membawa perangkat seukuran smartphone standar dan membuatnya jadi lebih besar, ThinkPad lipat justru membawa PC berukuran standard an membuatnya jadi lebih kecil.

Hasilnya adalah layar display 2K OLED berukuran 13,3 inci dengan rasio 4:3 yang bisa dilipat jadi seukuran buku. Meskipun belum ada informasi lanjut tentang berat produk yang pasti, Lenovo mengklaim bahwa berat ThinkPad lipat kurang dari 1 kg. Kemudian, ketika perangkat dilipat jadi setengah, ukurannya pun jadi jauh lebih kecil daripada laptop biasa.

Fitur dan Keunggulan ThinkPad Lipat

ThinkPad Lipat Ketika Digunakan dalam Mode Laptop

Foto: The Verge

Dilansir dari The Verge, prototipe yang ada saat ini belum memiliki cukup banyak fitur untuk dibahas secara mendetail, selain soal layarnya yang memang bisa terlipat. Selain itu, sistem pengoperasian Windows pun berfungsi dengan baik sebagai antarmuka sentuh. Ketika perangkat dilipat, genggamannya terasa nyaman seperti ketika menggenggam sebuah buku.

Perangkat ini pun bisa dibalik ke samping dan digunakan seperti sebuah laptop pada umumnya, dengan permukaan bagian bawah yang bisa berfungsi sebagai keyboard digital – mirip seperti Lenovo Yoga Books. Sementara bagian yang menjadi “alas” ketika ThinkPad lipat digunakan dalam mode laptop merupakan rumah untuk baterai. Dengan begitu, perangkat tidak akan miring atau jatuh.

ThinkPad Lipat dari Lenovo yang Dilengkapi dengan Pen

Foto: The Verge

Bagaimana soal spesifikasi? Sayangnya, informasi soal spesifikasi masih jauh dari kata minim. Lenovo masih menutup mulut soal informasi yang satu ini, kecuali fakta bahwa ThinkPad lipat menjalankan Windows dan memiliki Intel CPU. Sedangkan spesifikasi lain seperti RAM atau bahkan kapasitas baterai masih belum dijelaskan sama sekali.

Teknologi lipat seperti ini faktanya masih berada di tahap pengembangan awal. Belum lagi, apa yang terjadi pada Galaxy Fold menimbulkan keraguan besar di pikiran masyarakat soal apakah teknologi lipat benar-benar akan bisa beroperasi dengan baik. Meski begitu, kehadiran ThinkPad lipat tetap dinantikan, mengingat masih ada banyak waktu sampai tanggal rilisnya tahun 2020 nanti.

Agar Sobat tidak ketinggalan update terbaru soal ThinkPad lipat, pastikan kuota internet Sobat selalu terisi. Gunakan aplikasi Unitedtronik untuk isi pulsa dan beli paket data pilihan. Dapatkan aplikasinya gratis di Play Store dan App Store sekarang juga!