Masih Menganggur Setelah Lulus? Mungkin 6 Alasan Ini Penyebabnya!

Ilustrasi Masih Menganggur Setelah Lulus

Untuk Sobat yang sudah lulus kuliah, pasti harapannya adalah segera mendapatkan pekerjaan. Sayangnya, berbekal ijazah – sarjana sekalipun – ternyata tidak selalu menjamin seseorang tak lagi menganggur setelah lulus. Apakah Sobat juga mengalami hal yang sama?

Memang benar bahwa jalan tiap orang berbeda-beda, dan mendapatkan pekerjaan saat ini tak selalu mudah. Akan tetapi, Sobat bisa mendapatkan solusi jika Sobat mengetahui kira-kira apa penyebab mengapa Sobat masih menganggur setelah lulus.

6 Alasan Umum Mengapa Masih Menganggur Setelah Lulus

1. Minim Informasi Lowongan Pekerjaan

Suasana Job Fair

Job fair adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi seputar loker. (Foto: Eventsget)

Saat ini, informasi soal lowongan pekerjaan (loker) sebenarnya bisa diperoleh dengan mudah, apalagi setelah ada internet. Sayangnya, ada beberapa orang yang malas atau tidak aktif mencari informasi, sehingga informasi yang mereka punya minim. Padahal, bisa jadi informasi yang terlewatkan adalah sebenarnya informasi yang dibutuhkan.

2. Minim atau Tidak Punya Pengalaman Kerja

Kurangnya Pengalaman Kerja di CV Jadi Alasan Masih Menganggur Setelah Lulus

Kurangnya pengalaman kerja di CV bisa jadi alasan masih menganggur setelah lulus, lho! (Foto: Karirpad)

Berbagai perusahaan saat ini mensyaratkan para pelamar agar punya pengalaman kerja, apalagi jika posisi atau pekerjaan yang Sobat incar terbilang spesifik berdasarkan keahlian tertentu. Kalau begitu, Sobat bisa bekali diri dengan pengalaman kerja terlebih dahulu di bidang yang sesuai dengan pekerjaan impian agar resume Sobat semakin menarik.

3. Terbatasnya Lowongan

Ilustrasi Proses Persaingan Saat Rekrutmen Karyawan

Terbatasnya lowongan yang ada menyebabkan persaingan saat proses lamaran yang ketat. (Foto: We Are Derbyshire)

Tanpa harus dihitung satu per satu, Sobat barangkali sudah tahu kalau ada ribuan pencari pekerjaan baru setiap tahunnya. Belum lagi mereka yang sama-sama masing menganggur dan sudah lulus sebelumnya yang menambah jumlah “saingan” Sobat. Karena jumlah lowongan yang dibuka terbatas sementara jumlah pelamar membludak, Sobat harus memiliki sesuatu yang membuat Sobat berbeda dari para pencari pekerjaan lainnya. Salah satunya adalah membekali diri dengan skill lebih atau pengalaman kerja lebih banyak.

4. Kurang Koneksi

Kurangnya Koneksi Bisa Buat Sulitnya Mendapatkan Informasi Tentang Lowongan Kerja

Selain memperbanyak teman, koneksi juga bisa bantu Sobat mendapatkan lebih banyak informasi soal loker. (Foto: Harvard Business Review)

Meskipun saat berkuliah dulu belajar idealnya jadi fokus utama, bukan berarti Sobat harus menghabiskan waktu di kampus hanya untuk mengikuti kelas, kemudian pulang. Pasalnya, mengikuti berbagai kegiatan di kampus juga punya banyak manfaat, termasuk dalam memperluas koneksi yang bisa membantu Sobat mendapatkan informasi soal lowongan pekerjaan, lho!

Bagaimana dengan Sobat yang sudah lulus? Jangan khawatir! Sambil menunggu panggilan kerja, Sobat bisa isi waktu dengan mengikuti komunitas atau kegiatan positif lainnya yang juga bisa memperluas koneksi, kok.

5. Untuk Anak Rantau, Lebih Memilih Pulang Kampung

Ilustrasi Tidak Melakukan Apa-Apa di Rumah

Bagaimana mau dapat pekerjaan kalau di rumah tidak melakukan apa-apa? (Foto: Adweek)

Tentunya tak ada salahnya untuk kembali ke tempat asal setelah bertahun-tahun merantau untuk melanjutkan pendidikan. Hanya saja, apa yang akan Sobat lakukan setelah pulang kampung? Apakah untuk mendapatkan pekerjaan di daerah asal, atau berwirausaha? Tentunya kalau alasannya ini jelas lebih produktif dibandingkan menyerah dan tidak melakukan apa-apa sepulangnya Sobat dari perantauan.

6. Hanya Fokus Cari Kerja

Wanita Menggunakan Smartphone untuk Bekerja

Penghasilan bisa didapat bukan hanya lewat gaji dengan menjadi karyawan, lho! (Foto: SheKnows)

Sering kali, keluarga atau orang-orang di sekitar menuntut seseorang untuk mencari pekerjaan dan menjadi karyawan seumur hidup. Padahal, nafkah atau penghasilan bisa diperoleh lewat cara lain, yaitu dengan memulai usaha sendiri. Untuk Sobat yang datang dari keluarga yang menjalankan bisnis, Sobat bisa ambil peluang tersebut untuk mendapatkan pengalaman kerja terlebih dahulu.

Alternatif lainnya, Sobat bisa mulai dengan merintis usaha sendiri dari nol. Bahkan Sobat juga bisa menjalankannya sebagai sumber pemasukan sambil menunggu panggilan kerja. Dengan begitu, waktu luang yang ada jadi semakin produkfit, kan?

Kalau modal terbatas, Sobat tak perlu khawatir karena sekarang ada banyak ide bisnis dengan modal minim yang bisa langsung dijalankan, lho! Misalnya dengan menjadi dropshipper, yang bisa dibilang hanya bermodalkan smartphone dan kuota internet.

Ada juga peluang menjadi agen pulsa dan PPOB yang tidak butuh modal besar. Bahkan, modalnya bisa bebas Sobat tentukan sendiri, seperti jika Sobat menjadi agen lewat aplikasi Unitedtronik. Sobat hanya perlu download aplikasinya, registrasi, isi saldo, dan langsung bertransaksi, lho!

Yuk, mulai bisnis Sobat sekarang juga #denganUnitedtronik! Download aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store, gratis.