5 Cara Membuat Anggaran dengan Mudah, Bikin Pengeluaran Makin Hemat

Sobat barangkali sudah tahu pentingnya membuat anggaran. Tapi, mungkin Sobat juga merasa membuat anggaran itu terasa merepotkan, bahkan menakutkan. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Sobat lakukan demi membuat anggaran dengan mudah, bahkan bebas rasa gelisah. Apa saja ya tipsnya?

Tips Membuat Anggaran dengan Mudah

1. Buat Anggaran untuk Hal-Hal Terpenting

Membuat Anggaran dengan Mudah untuk Keluarga

Ketahui apa yang jadi kebutuhan utama dan penting saat membuat anggaran. (Foto: Mother Distracted)

Menurut Lauren Greutman, penulis buku The Recovering Spender, Sobat perlu buat anggaran yang sesuai dengan kebutuhan Sobat. Jadi, agar Sobat tidak kesulitan mengikuti anggaran yang telah dibuat, tulis hal-hal yang memang dirasa penting, dan tulis juga hal-hal yang saat ini jadi pengeluaran Sobat. Kemudian, bandingkan keduanya.

Ketika Sobat membandingkan kedua daftar tersebut, Sobat bisa identifikasi hal-hal yang ternyata tidak termasuk ke dalam kategori hal-hal penting dan bermakna, tapi selalu jadi pengeluaran teratur. Setelah itu, potong pengeluaran tersebut dan alokasikan untuk kelompok pengeluaran yang lebih penting, misalnya membayar cicilan motor.

2. Lakukan Pembayaran Hanya Secara Tunai

Ilustrasi Pembayaran Tunai dengan Amplop Anggaran

Utamakan pembayaran tunai untuk mempermudah Sobat mengontrol pengeluaran. (Foto Mommies Daily)

Kalau Sobat cenderung melakukan pemborosan karena menggunakan kartu kredit, fitur pembayaran PayLater, atau bahkan kartu debit atau e-money. Sobat bisa kembali ke cara pembayaran yang “jadul”, yaitu dengan uang tunai. Salah satu contohnya adalah dengan menerapkan sistem amplop anggaran, di mana sejumlah uang tertentu sudah disiapkan ke dalam masing-masing amplop untuk jenis pengeluaran yang berbeda-beda.

Baca juga: Tips Mengatur Pengeluaran dengan Sistem Amplop Anggaran

3. Kurangi Frekuensi Belanja

Belanja di Supermarket

Jadwalkan kapan Sobat perlu belanja untuk menghindari pemborosan. (Foto: EveryDollar)

Salah satu cara untuk membuat anggaran dengan mudah agar makin praktis untuk diikuti adalah mengurangi frekuensi Sobat berbelanja dalam sebulan. Jadi, tentukan berapa kali Sobat perlu belanja dalam sebulan, serta tanggalnya. Misalnya, Sobat bisa tentukan jadwal belanja tiap tanggal 1 dan 15 tiap bulan, atau sebulan sekali saja.

Meski terdengar sederhana, sebenarnya cara ini bisa memberi efek signifikan pada pengeluaran Sobat, lho! Di samping itu, menentukan waktu khusus untuk berbelanja akan mendorong Sobat untuk lebih merencanakan pengeluaran, misalnya dengan membuat daftar belanja.

4. Beri Uang Saku untuk Diri Sendiri

Dompet Berisi Uang Tunai

Coba trik memberi uang saku untuk diri sendiri agar bisa menghemat pengeluaran. (Foto: Agriland.ie)

Siapa bilang hanya anak sekolahan saja yang boleh diberi uang saku? Sobat juga memberi uang saku untuk diri sendiri. Artinya, Sobat hanya boleh menggunakan uang saku untuk pengeluaran yang sudah ditentukan selama sebulam. Jika uang saku habis, belanja Sobat juga harus berhenti.

Kalau dorongan untuk boros tetap besar walaupun Sobat sudah menggunakan sistem uang saku, coba Sobat beri jatah uang saku untuk dua minggu, 10 hari, atau malah tiap minggu. Dengan begitu, Sobat bisa lebih berhati-hati ketika akan mengeluarkan uang untuk pengeluaran di luar kebutuhan utama.

5. Manfaatkan Aplikasi Budgeting

Menggunakan Aplikasi untuk Membuat Anggaran dengan Mudah

Manfaatkan teknologi untuk bantu permudah kelola keuangan. (Foto: EveryDollar)

Cara lain untuk membuat anggaran dengan mudah dan sederhana adalah dengan memanfaatkan teknologi. Sebab, sekarang ada banyak aplikasi atau program online yang bisa Sobat gunakan untuk membuat anggaran dan mencatat pengeluaran setiap hari. Dengan begitu, Sobat bisa mengetahui kondisi keuangan dengan lebih jelas setiap saat.

Supaya anggaran jadi makin longgar, Sobat bisa manfaatkan bisnis sampingan untuk dapatkan penghasilan tambahan, lho. Jadi, Sobat bisa menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari, atau untuk menambah tabungan. Apalagi, sekarang ada berbagai ide bisnis sampingan yang bisa Sobat mulai dengan mudah dan cepat tanpa harus keluar modal sampai jutaan, lho!

Seperti menjadi agen pulsa dan PPOB dengan aplikasi Unitedtronik. Karena hanya dengan satu aplikasi, Sobat bisa lakukan segala transaksi, bahkan tanpa harus ganggu aktivitas sehari-hari! Apalagi, Sobat bisa bebas tentukan sendiri saldo awalnya sebagai modal usaha Sobat. Praktis, kan?

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai bisnis sampingan Sobat sekarang juga bersama Unitedtronik! Download aplikasinya di Play Store dan App Store, gratis kok!