Mesin SIBINA Bisa Baca Nomor IMEI Smartphone, Keamanan Data Jadi Terancam?

Mengecek Nomor IMEI Smartphone

Pada Jumat (18/10/2019), pemerintah melalui tiga kementerian akhirnya telah mengesahkan peraturan soal blokir smartphone ilegal atau black market (BM) melalui Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 11 Tahun 2019. Dalam prosesnya, pemerintah akan mengandalkan mesin SIBINA alias Sistem Informasi Basis Database IMEI Nasional.

Mesin SIBINA ini memiliki kemampuan untuk melihat IMEI smartphone pengguna, kemudian membantu mengidentifikasi apakah smartphone tersebut ilegal atau tidak. Sebab, smartphone legal memiliki nomor IMEI yang terdaftar di dalam database Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Halaman Cek Nomor IMEI Lewat Situs Kemenperin

Mengecek status nomor IMEI perangkat lewat imei.kemenperin.go.id. (Foto: Skyegrid Media)

Karena kemampuan SIBINA dalam mengidentifikasi nomor IMEI perangkat pengguna, akhirnya muncul kekhawatiran soal keamanan data yang tersimpan kalau-kalau terjadi kebocoran. Lantas, apakah benar bahwa SIBINA justru menyebabkan adanya celah keamanan pada data pengguna?

Menjawab kekhawatiran tersebut, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam acara penandatanganan Peraturan Menteri soal pemblokiran smartphone ilegal lewat IMEI menegaskan bahwa meskipun SIBINA mampu membaca nomor IMEI smartphone pengguna, data yang tersimpan di dalamnya akan tetap aman dan tidak ada informasi yang ikut tersedot.

Pasalnya, nomor IMEI merupakan identitas smartphone yang hanya dimiliki oleh GSMA dan berupa nomor, bukannya informasi. Dengan demikian, mengetahui nomor IMEI tidak serta-merta membuat seseorang jadi tahu siapa pengguna smartphone, maupun mendapatkan informasi lain yang tak kalah penting.

Di samping itu, saat ini pemerintah sudah memiliki lebih dari 1,4 miliar data nomor IMEI yang akan terus-menerus diperbaharui dan dikroscek dengan sistem milik GSMA. Airlangga juga memastikan semua sistem yang digunakan untuk implementasi peraturan ini siap beroperasi, termasuk call center.

Sementara itu, Sobat juga bisa mengecek status nomor IMEI perangkat Sobat lewat situs imei.kemenperin.go.id. Supaya lancar saat mengecek, pastikan paket internet Sobat ON selalu, ya! Apalagi, Sobat sekarang punya Unitedtronik yang bisa digunakan untuk membeli paket data kapan saja Sobat butuh, bahkan saat tiduran di kamar sambil chatting dengan sahabat.

Belum punya aplikasinya? Jangan khawatir, karena Sobat bisa download Unitedtronik langsung di Play Store dan App Store, gratis!