Pantang Mubazir, Mulai Menabung Uang Receh dengan 5 Tips Ini, Yuk!

Sering kali, uang receh disepelekan karena nilainya yang dianggap terlalu kecil. Jadi, banyak orang yang memilih untuk meletakkan uang receh secara sembarangan, apalagi uang receh koin. Padahal, menabung uang receh juga bisa memberikan manfaat, lho! Apalagi, kalau dikumpulkan secara teratur, jumlahnya bisa jadi lumayan.

Untuk Sobat yang tertarik ingin mencoba menabung uang receh, ada beberapa tips dan trik yang bisa Sobat terapkan, nih. Jadi, uang receh yang dikumpulkan, apalagi uang koin, bisa bermanfaat di waktu lain. Wah, apa saja ya tipsnya?

Tips Menabung Uang Receh

1. Tentukan Pecahan Uang yang Ingin Ditabung

Mengumpulkan dan Menabung Uang Receh

Daripada disia-siakan, lebih baik uang koinnya ditabung, kan? (Foto: Kaskus)

Hal pertama yang bisa Sobat lakukan adalah menentukan nilai pecahan uang receh yang ingin Sobat tabung. Yang pasti, tentukan nominal yang tidak akan terasa memberatkan Sobat, ya. Misalnya, pilih pecahan Rp1.000, Rp500, atau Rp200. Atau, Sobat bisa tentukan pecahan uang receh saja yang ditabung, berapapun nilainya. Dengan begitu, setiap kali Sobat mendapatkan pecahan uang yang sudah ditentukan, Sobat akan langsung menyimpannya untuk ditabung.

Baca juga: 6 Alasan Umum Gagal Menabung, Mana yang Paling Sering Dialami?

2. Pisahkan Tabungan

Mengumpulkan Uang Receh dalam Wadah

Pisahkan tabungan uang receh berdasarkan kebutuhan. (Foto: Keepo)

Sobat bisa lakukan tips ini kalau Sobat ingin memisahkan tabungan untuk nominal pecahan yang berbeda-beda. Jadi, tabungan untuk pecahan Rp1.000 akan dipisahkan dengan tabungan untuk pecahan Rp500 atau Rp2.000. Dengan begitu, Sobat bisa lihat sendiri bagaimana masing-masing tabungan akan bertambah dari waktu ke waktu.

3. Gunakan Uang Kembalian

Uang Receh Kembalian

Supaya tidak menumpuk di dalam dompet atau tas, tabung saja uang receh dari kembalian! (Foto: Raumus)

Sering kali, uang receh yang Sobat peroleh adalah uang kembalian setelah berbelanja atau membayar makanan. Nah, kalau Sobat merasa kembalian dengan nilai pecahan yang Sobat anggap receh justru akan memenuhi dompet, Sobat bisa masukkan uang kembalian tersebut ke dalam tabungan.

4. Tentukan Jangka Waktu Tabungan

Mengumpulkan Uang Receh

Supaya makin semangat, tentukan ingin berapa lama menabung uang koin recehnya! (Foto: Tirto.ID)

Supaya Sobat semakin termotivasi untuk menabung uang receh, Sobat bisa coba tentukan berapa jangka waktu menabung yang pas. Sebab, semakin jelas Sobat menentukan jangka waktunya, Sobat akan cenderung lebih bersemangat untuk mengumpulkan uang receh dan bukan meletakkannya secara sembarangan. Lama waktunya bisa Sobat tentukan sendiri dengan bebas, misalnya tiga bulan, enam bulan, atau sampai satu tahun.

5. Pastinya, Siapkan Tempatnya!

Menggunakan Galon untuk Menabung Uang Receh

Gunakan wadah apapun untuk menabung. (Foto: MoneySmart)

Yang jelas perlu Sobat siapkan adalah tempat atau wadah untuk menabung. Pilihannya bebas, boleh celengan plastik atau tanah liat, atau wadah bekas botol air mineral ukuran 1,5 liter. Bahkan, Sobat juga boleh gunakan gallon bekas, lho!

Kalau batas waktu menabung sudah terpenuhi, Sobat bisa bawa uang receh tersebut ke bank untuk disetorkan ke rekening tabungan Sobat. Yang penting, pastikan Sobat sudah merapikannya, ya. Jangan sampai uangnya distaples dan pisahkan masing-masing nominal agar lebih mudah dihitung. Kalau perlu, Sobat sebaiknya sudah menghitung total uangnya di rumah, bahkan total untuk masing-masing nominal yang dibawa.

Alternatif lainnya, Sobat bisa gunakan uang receh yang sudah terkumpul tersebut untuk membeli barang yang dibutuhkan. Atau, Sobat bisa menggunakannya sebagai modal usaha, lho! Wah, masa sih ada bisnis yang bisa dimulai dengan uang receh?

Pastinya ada, karena sekarang ada banyak ide bisnis yang bisa dimulai meskipun Sobat hanya mudah modal minim. Contohnya jadi agen pulsa dan PPOB dengan aplikasi Unitedtronik. Soalnya, Sobat bisa bebas tentukan sendiri besar modal awalnya yang akan Sobat gunakan sebagai saldo awal tanpa ada potongan sama sekali, lho!

Tertarik mencoba bisnis untung modal minim? Yuk, download aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store sekarang juga!