Ruangguru dan Zenius Gratiskan Layanan Belajar Online

Ruang guru memberikan akses pelajaran gratis. (Foto: Instagram/@ruangguru)

Platform ruang belajar online yakni Ruangguru dan Zenius, baru saja memberlakukan kebijakan yang menyentuh hati. Dua raksasa ruang belajar online ini memutuskan memberikan layanan belajar gratis kepada seluruh siswa di Indonesia, berkaitan dengan diliburkannya sekolah-sekolah di berbagai daerah sebagai imbas penyebaran virus COVID-19.

Beberapa daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jaw Timur telah meliburkan sekolah dari SD hingga perguruan tinggi selama kurang lebih dua minggu demi menanggulangi penyebaran virus COVID-19. Keputusan ini diberlakukan demi mencegah penyebaran yang kian tidak terkontrol.

Menanggapi hal tersebut, program sekolah online Ruangguru dan Zenius dapat diakses secara gratis oleh seluruh siswa di Indonesia. Dengan demikian, meski tidak masuk sekolah, siswa tetap bisa belajar di rumah. Program belajar gratis ini berlaku mulai Senin (16/3) pukul 08.00-12.00 WIB dan mencakup semua mata pelajaran untuk kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS). Siswa juga bisa latihan mengerjakan soal lewat fitur Bank Soal dan Online Tryout yang tersedia di aplikasi Ruangguru.

Akses belajar gratis dari Zenius. (Foto: Youtube/zenius)

Sementara Zenius menggratiskan akses belajar online-nya yang meliputi 80.000 video pembelajaran di seluruh platformnya. Sama halnya dengan Ruangguru, materi belajar di Zenius bisa digunakan oleh murid kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA baik IPA maupun IPS. Tidak hanya itu, Zenius juga menyediakan materi latihan soal dan pembahasan soal-soal UN untuk siswa yang akan menempuh ujian akhir.

Dengan keberadaan dua platform belajar gratis ini, diharapkan para siswa yang tidak masuk sekolah karena penanggulangan virus COVID-19 dapat tetap belajar di rumah dan tidak ketinggalan materi pelajaran.