Siap Rilis, Huawei P40 Tidak Pakai Layanan Google

Logo Huawei. (Foto: Huawei)

Kabar ‘rujuk’ antara Google dan Huawei sudah mulai santer terdengar. Meski demikian, bersatu kembalinya dua raksasa industri digital dunia ini tampaknya belum akan terjadi dalam waktu singkat. Buktinya, produk baru Huawei yang akan dirilis, belum menggunakan layanan Google.

Jelang peluncuran resminya pada 26 Maret 2020 mendatang, Huawei P40 belum merilis spesifikasinya sama sekali. Meski demikian, fitur-fitur smartphone teranyar Huawei ini mulai bocor di dunia maya. Berdasarkan laman benchmark Geekbench, diketahui bahwa Huawei P40 Series akan dibekali chipset HiSilicon Kirin 990 5G yang membuat ponsel dapat dipacu hingga kecepatan 1,95 GHz.

Teaser Huawei P40 Series. (Foto: Huawei)

Dengan dukungan RAM 8GB, sistem operasi ponsel ini setara dengan Android 10 yang dikemas dalam desain antarmuka EMUI 10 buatan Huawei. Sebagai solusi dari pelarangan Google Mobile Service oleh pemerintah Amerika Serikat, Huawei membuat sistem mobile service mereka sendiri yakni Huawei Mobile Service (HMS).

Meski diprediksi akan sulit dipasarkan secara global, namun ponsel ini digadang-gadang akan tetap laku di pasar Tiongkok karena penduduk negara tersebut sudah akrab dengan berbagai platform dan sistem operasi buatan negara mereka sendiri.

Karenanya, kehadiran Huawei P40 Series yang tidak terpasang Android dan Google serta memiliki sistem operasi sendiri, diperkirakan tidak akan berdampak terlalu besar pada penjualan ponsel ini.