Switch, Provider Digital Baru Pesaing By.U

Setelah Telkomsel membuat gebrakan dengan provider digitalnya By.U, muncul pesaing baru yang akan meramaikan pasar provider digital, yakni Switch Mobile. Dengan mengusung jargon “worry free”, Switch Mobile hadir dengan mengutamakan layanan kemudahan dan kenyamanan dengan target pasar anak muda usia 17 hingga 35 tahun.

Swith Mobile ingin meniadakan kekhawatiran kehabisan kuota bagi para penggunanya. Switch Mobile akan hadir dengan kuota darurat yang memungkinkan penggunanya tetap terhubung ke kepada pengguna lain meski kuota utama sudah habis.

Tidak hanya tetap bisa mengakses internet, pengguna juga tetap bisa mengirimkan SMS dan menelepon dengan paket emergency. Hal inilah tampaknya yang menjadi keunggulan yang diandalkan oleh Switch Mobile. Mengenai masa aktif awal kartu, Switch Mobile memiliki masa aktif waktu yang panjang untuk awal penggunaan yakni 120 hari. Selanjutnya, pengguna akan mendapat perpanjangan masa aktif selama 90 hari setiap mengisi kuota.

Switch akan dirilis pertengahan tahun nanti. (Foto: Kompas)

Switch Mobile merupakan bisnis yang menjadi bagian dari Sinarmas Group, yakni pemilik operator Smartfren. Oleh karena itu, untuk operasional, Switch Mobile akan ‘menumpang’ jaringan infrastruktur milik Smartfren. Dengan kata lain, kualitas sinyalnya akan sama dengan Smartfren.

Meski telah diumumkan secara resmi pada Selasa, 10 Maret 2020, namun produk ini baru akan dirilis pada pertengahan tahun 2020. Untuk memperoleh layanan Switch Mobile, pengguna masih harus menggunakan kartu SIM fisik. Namun, pengguna bisa mendapatkannya melalui registrasi dalam aplikasi dan tidak bisa membelinya secara langsung di gerai sebagaimana provider konvensional.