Smartphone Baru Produksi 2020 Wajib Pasang Android 10

Android 10 Dijalankan pada Smartphone

Setelah serangkaian versi beta, Android 10 telah resmi diluncurkan pada bulan September kemarin. Meski begitu, Google sebagai pengembang Android ingin agar persebaran sistem operasi ini bisa dilakukan dengan lebih cepat dan masif.

Hal tersebut diketahui dari dokumen yang menyatakan bahwa tenggat waktu lisensi Google Mobile Service (GMS) untuk smartphone anyar yang menjalankan Android 9 alias Android Pie akan jatuh pada 31 Januari 2020. Artinya, smartphone baru yang didaftarkan melewati tanggal tersebut wajib menjalankan Android 10.

Baca juga: Android Sudah Punya Lebih Dulu, Inilah 4 Fitur iPhone 11 Baru

Secara garis besar, GMS berisi rangkaian aplikasi, pustaka, dan layanan Google, seperti Google Play Service dan Google Play Store. GMS sendiri harus memiliki lisensi Google agar bisa dipasang sejak awal, alias dengan cara pre-install, pada perangkat Android.

Tampilan Dark Mode pada Android 10

Dark Mode, salah satu fitur baru pada Android 1. (Foto: Android Result)

Sementara itu, proses pengajuan hingga akhirnya produsen smartphone bisa memperoleh lisensi Google dapat memakan waktu lama dan terbilang kompleks. Artinya, kalau ada produsen yang masih lebih memilih memasang Android 9 Pie untuk perangkat barunya, perusahaan harus melakukan pengajuan jauh sebelum 31 Januari 2020.

Meski begitu, Google masih membuka pintu bagi para produsen yang smartphone-nya barangkali belum bisa mendukung Android 10 untuk mengajukan izin GMS Android 9. Hanya saja, pembaruan sistem untuk Android 9 akan dihentikan begitu Android 11 nanti rilis, yang diperkirakan baru akan rilis Agustus 2020. Setelah Android 11 dirilis, hanya pembaruan keamanan saja yang tersedia untuk perangkat yang menjalankan Android 9.

Kalau smartphone Sobat sekarang menjalankan Android versi apa, nih? Oh iya, pastikan juga kalau paket internet Sobat masih aktif supaya bisa update informasi terbaru setiap hari, ya. Kalau kuota sudah darurat, perpanjang paket lewat Unitedtronik aja yang punya banyak pilihan produk lengkap dan harga yang pasti ramah di kantong.

Belum punya aplikasinya? Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga, gratis!