Seperti yang barangkali sudah Sobat ketahui, ada berbagai ide yang bisa dilakukan untuk memasarkan bisnis kecil yang Sobat jalankan. Contohnya promosi dari mulut ke mulut alias word of mouth (WOM), yang memang sangat efektif dan terjangkau, sehingga sangat populer dipilih untuk pemasaran usaha kecil.
Sayangnya, proses WOM berjalan cukup lambat, sehingga butuh waktu lama untuk bisa merasakan efeknya, terlebih jika bisnis Sobat masih sangat baru. Karena itu, Sobat perlu beriklan untuk menumbuhkan pangsa pasar Sobat dengan lebih cepat.
Kalau begitu, apa saja ya strategi iklan yang bisa Sobat pilih agar jualan makin laku dan bisnis kecil Sobat dikenal oleh lebih banyak orang? Yuk, simak empat tips berikut ini yang sudah dirangkum spesial hanya untuk Sobat. Selamat membaca!
Ide Pemasaran Usaha Kecil
1. Media Iklan Cetak

Beriklan di koran adalah salah satu contoh iklan media cetak. (Foto: Firstpost)
Meskipun bisa jadi ide ini dibilang jadul, nyatanya iklan cetak masih jadi cara beriklan yang sangat efektif. Apalagi, media ini juga masih lebih mudah diterima masyarakat dibandingkan media pemasaran lainnya. Beberapa contoh iklan cetak adalah iklan di koran, baik itu iklan baris, iklan banner, maupun iklan dalan format advertorial. Di samping itu, jangan lupa siapkan kartu nama bisnis Sobat agar bisa diberikan kepada calon pelanggan potensial!
2. Lewat Komunitas Bisnis Kecil

Berpartisipasi dalam acara yang diadakan komunitas bisnis lokal bisa bantu promosikan usaha Sobat, lho! (Foto: The San Diego Union-Tribune)
Sebuah organisasi atau komunitas bisnis biasanya menawarkan peluang bagi para anggotanya untuk beriklan. Pilihannya pun beragam, mulai dari promosi gratis lewat website komunitas atau iklan di koran pada segmen khusus. Di samping itu, bergabung ke dalam komunitas tersebut juga sebenarnya merupakan strategi pemasaran bisnis kecil yang tak kalah bagusnya. Apalagi jika komunitas yang Sobat ikuti rajin mengikuti berbagai acara seperti pameran usaha atau berpartisipasi maupun mengadakan acara yang bersifat non-bisnis sekalipun, misalnya bakti sosial.
3. Media Iklan Non-Cetak

Media iklan non-cetak juga bisa dimanfaatkan untuk pemasaran usaha Sobat. (Foto: Marketing Land)
Contoh media iklan non-cetak misalnya TV dan radio. Kalau iklan TV masih terasa terlalu mahal, Sobat bisa manfaatkan iklan radio yang biasanya lebih terjangkau. Di samping itu, mengidentifikasi stasiun radio dan segmen apa yang tepat untuk iklan Sobat sebenarnya juga lebih mudah dilakukan. Meskipun terdengar tak kalah jadul, iklan radio nyatanya masih sangat ampuh, apalagi jika materi iklan didukung dengan jingle yang menarik sehingga pendengar akan selalu mengingatnya walaupun sudah mematikan radio.
Cara lain yang bisa Sobat lakukan adalah dengan memanfaatkan email lewat mailing list. Dengan begitu, Sobat bisa menyampaikan kabar atau promosi terbaru yang sedang berlangsung lewat email, termasuk memberikan freebies atau gratisan seperti eBook gratis maupun resource lain yang sekiranya akan berguna bagi segmen Sobat.
Baca juga: Untuk Mencapai Target Penjualan, Cermati 6 Hal Penting Ini!
4. Media Iklan Online

Iklan online bisa jadi alternatif yang tak kalah efektif dengan biaya lebih bersahabat. (Foto: MarTech Today)
Membuka lapak atau toko di marketplace bisa jadi cara yang ampuh sebagai bagian dari pemasaran usaha kecil Sobat. Sebab, ketika Sobat mengunggah produk baru, pada dasarnya Sobat juga sedang mengiklankan produk Sobat, terutama pada mereka yang mengikuti toko Sobat. Belum lagi, ada juga fitur iklan di dalam masing-masing marketplace yang bisa Sobat manfaatkan.
Di samping itu, Sobat juga bisa manfaatkan iklan Google atau Facebook untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis kecil Sobat. Apalagi, iklan online sudah terbukti lebih ekonomis karena Sobat bisa atur berapa anggaran yang ingin Sobat alokasikan untuk iklan.
Temukan Strategi Pemasaran Usaha Kecil yang Paling Pas
Pada dasarnya, sebenarnya tidak ada strategi iklan yang paten alias yang pasti menjanjikan keuntungan terbesar untuk Sobat. Sebab, memang ada media iklan yang cocok untuk bisnis Sobat, tapi tidak untuk bisnis lainnya, maupun sebaliknya.
Sobat bisa sedikit bereksperimen untuk menentukan strategi pemasaran bisnis kecil yang paling pas, atau membuat pilihan berdasarkan pertimbangan matang dan bijak terlebih dahulu. Yang tak kalah penting, jangan lupa untuk merencanakan iklan dan pemasaran dengan seksama, kemudian memantau hasilnya agar Sobat bisa temukan strategi yang paling pas.
Bagaimana kalau Sobat selama ini ingin punya bisnis sendiri, tapi masih ragu-ragu karena merasa belum punya modal cukup? Sekarang, Sobat tak perlu ragu lagi karena ada beberapa ide usaha kecil yang bisa Sobat mulai sekarang walaupun dengan modal minim. Contohnya bisnis agen pulsa dan PPOB dengan aplikasi Unitedtronik.
Mengapa Unitedtronik? Karena dengan aplikasi Unitedtronik saja, Sobat sudah bisa lakukan banyak transaksi, lho! Apalagi, semua transaksi bisa dilakukan hanya lewat satu aplikasi. Jadi, Sobat juga bisa memanfaatkan ide ini untuk bisnis sampingan, kan? Selain itu, modal seminim apapun tetap bisa Sobat gunakan untuk memulai bisnis ini, karena saldo awalnya yang bisa bebas Sobat tentukan sendiri.
Jangan sampai Sobat melewatkan kesempatan ini! Yuk, download aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store dan mulai bisnis kecil Sobat sekarang juga!