4 Platform dengan Fitur PayLater, Bisa Jajan Sekarang Bayar Belakangan!

Dalam kurun waktu setahun belakangan ini, nampaknya muncul tren baru yang ditawarkan oleh berbagai platform atau aplikasi gaya hidup di Tanah Air. Tren ini merupakan sebuah fitur untuk membantu para pengguna bertransaksi dengan lebih mudah dan nyaman, dan membolehkan pengguna melakukan pembayaran kemudian. Ya, fitur tersebut adalah fitur PayLater.

Pada dasarnya, cara kerja dari fitur PayLater ini serupa dengan kartu kredit. Dengan begitu, perusahaan akan menalangi pembayaran dari transaksi yang dibuat oleh pelanggan terlebih dahulu. Baru kemudian pelanggan melakukan pembayaran atau pelunasan langsung kepada perusahaan.

Karena sistemnya, tak heran jika perusahaan pengelola aplikasi telah bekerja sama dengan pihak ketiga. Sebab, pihak ketiga inilah yang akan menyediakan dana untuk menalangi pembayaran transaksi yang pelanggan buat sebelumnya.

Lantas, apa saja ya aplikasi yang punya fitur ini? Simak daftarnya di sini!

Platform Populer di Indonesia dengan Fitur PayLater

1. OVO

Pengguna Sedang Mengakses Aplikasi OVO dari Smartphone

OVO PayLater bisa digunakan lewat aplikasi oleh pengguna premium. (Foto: Tech in Asia Indonesia)

Perusahaan e-wallet yang berafiliasi dengan Lippo Group ini resmi meluncurkan layanan PayLater mereka yang diberi nama OVO PayLater pada Mei 2019. Fitur ini terlaksana berkat kerja sama OVO dengan Taralite, yang nantinya menalangi para pengguna.

Saat ini, OVO PayLater bisa digunakan di  200.000 merchant offline dengan menggunakan aplikasi OVO. Sobat bisa mengaktifkan fitur ini hanya jika Sobat sudah meng-upgrade status Sobat menjadi  premium. Persetujuan pembayaran lewat OVO PayLater hanya memakan waktu beberapa detik, dan tidak ada intervensi manual. Sobat pun bisa menggunakannya saat berbelanja di Tokopedia.

2. Kredivo

Aplikasi Kredivo Terdaftar di OJK

Kredivo terdaftar di OJK, jadi dijamin aman untuk Sobat! (Foto: Kredivo)

Berbeda dengan ketiga platform di atas, di mana layanan PayLater tersedia baru-baru ini, Kredivo sendiri memang merupakan platform yang 100% berfungsi seperti kartu kredit. Hanya saja, bentuknya digital dan bisa digunakan lewat aplikasi Kredivo di smartphone Sobat.

Dengan Kredivo, Sobat bisa melakukan transaksi sekarang, kemudian pembayaran dilakukan dalam kurun waktu 30 hari ke depan tanpa bunga. Atau, Sobat bisa pilih metode pembayaran cicilan dengan tenor 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Pilihan metode cicilan inilah yang membuat Kredivo berbeda dengan platform pembayaran lainnya. Apalagi, memang bisa dibilang bahwa platform ini merupakan pelopor layanan PayLater di Indonesia.

Baca juga: Tips Hemat Uang yang Sering Dilupakan, Tapi Sebenarnya Ampuh Amankan Dompet!

3. Traveloka

Ilustrasi Fitur PayLater dari Traveloka

Pesan dulu, liburan dulu, baru bayar belakangan dengan Traveloka PayLater. (Foto: Tech in Asia Indonesia)

Selalu menunda-nunda niat untuk liburan karena belum ada uang? Jangan khawatir, karena Sobat bisa manfaatkan layanan Traveloka PayLater, yang dana pinjamannya disediakan oleh Danamas. Bahkan, selain memesan tiket transportasi dan akomodasi, Sobat juga bisa menggunakan fitur ini untuk berbagai transaksi pembelian lainnya lewat Traveloka. Contohnya Kuliner, Aktivitas & Rekreasi, Spa & Kecantikan, dan Tiket Bioskop.

4. GoPay

Layanan PayLater dari Aplikasi GoPay

PayLater dari GoPay bisa digunakan untuk berbagai transaksi lewat aplikasi GoJek

GoPay, layanan pembayaran secara elektronik yang berada di bawah naungan GoJek, juga memiliki layanan PayLater. Hanya saja, fitur ini bisa digunakan hanya untuk berbagai transaksi yang ditawarkan oleh aplikasi, yaitu  GoRide, GoCar, GoFood, GoTix, GoPulsa, GoBills, dan GoSend. Hanya saja, PayLater dari GoPay hanya bisa dimanfaatkan oleh pengguna tertentu saja. Artinya, pengguna akan terlebih dahulu ditinjau oleh GoJek sebelum akhirnya dipilih dan bisa mengaktifkan fitur ini.

Nantinya, pengguna akan diminta untuk melakukan pembayaran di akhir bulan (mengikuti penanggalan kalender) lewat GoPay. Jadi, saldo GoPay akan dipotong berdasarkan jumlah tagihan, plus biaya administrasi. Jadi, pengguna akan selalu dikirimi notifikasi oleh GoPay untuk mengisi ulang saldo GoPay-nya untuk menyelesaikan tagihan. Hal ini pul perlu agar pengguna tidak mendapatkan denda karena terlambat bayar.

Apakah Sobat termasuk salah satu pengguna GoPay yang terpilih untuk bisa menggunakan layanan GoPay PayLater? Kalau iya, Sobat bisa isi ulang saldo GoPay dengan aplikasi Unitedtronik, lho! Jadi, tagihan PayLater Sobat dijamin aman dan bisa dibayar tepat waktu di akhir bulan.

Top up saldo GoPay sambil tiduran di kamar ya dengan Unitedtronik! Spbat belum punya aplikasinya? Tenang, Sobat bisa download secara gratis di Play Store dan App Store, kok!