Tips Hemat Uang yang Sering Dilupakan, Tapi Sebenarnya Ampuh Amankan Dompet!

Tips Hemat Uang dengan Tidak Boros Pengeluaran

Tak perlu diragukan lagi kalau berhemat adalah langkah penting dalam menjaga kondisi finansial. Sebab, dengan begitu Sobat bisa mengendalikan pengeluaran agar gaji yang diterima tidak langsung ludes begitu masuk ke dalam rekening. Pentingnya berhemat pun bisa dibuktikan dengan begitu banyaknya tips hemat uang yang bisa Sobat temukan, baca, dan coba.

Tapi, apakah Sobat masih merasa gagal berhemat walaupun sudah menjajal berbagai tips hemat uang yang ada di luar sana? Kalau iya, bisa jadi tips yang selama ini Sobat jalankan sebenarnya kurang cocok dengan kondisi Sobat sendiri! Soalnya, tips mirip seperti sepatu atau baju, alias cocok-cocokan dan tergantung pada orangnya.

Nah, untuk membantu Sobat yang masih kesulitan berhemat, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa jadi belum pernah Sobat coba. Jangan khawatir, tipsnya mudah kok! Siapa tahu tips hemat uang ini justru cocok dengan kondisi Sobat, kan?

Tips Hemat Uang untuk Kesehatan Dompet Sobat

Beli Barang Bekas yang Masih Oke

Tips Hemat Uang dengan Membeli Barang Bekas Berkualitas

Walaupun bekas, kalau masih berkualitas dan lebih murah, kenapa tidak? (Foto: MoneySmart)

Tentunya bukan sembarang beli barang bekas, ya. Tapi, pilihlah barang bekas yang masih dalam kondisi oke. Misalnya ketika Sobat akan membeli kendaraan atau perabot tertentu, seperti rak. Kalau Sobat rajin mampir ke toko barang bekas, Sobat bisa temukan berbagai pilihan barang yang masih dalam kondisi prima, kok. Dengan harga yang jauh lebih miring, tentunya ini merupakan alternatif yang tak kalah menarik, bukan?

Baca juga: 4 Tips Hemat Gaji Kecil, Dijamin Selalu Tenang Sampai Bulan Depan!

Tidak Membandingkan Harga Saat Belanja

Konsumen Menggunakan Smartphone Saat Berbelanja

Untuk dapatkan harga yang lebih murah, bandingkan harga barang yang mau dibeli waktu belanja. (Foto: Adobe Stock)

Inilah salah satu alasan utama mengapa Sobat tidak perlu merasa terburu-buru waktu belanja. Kalau Sobat memang ingin berhemat, bandingkan dulu barang yang akan Sobat beli dengan harga di toko sebelah. Hal yang sama juga perlu Sobat lakukan waktu belanja online, yang cenderung lebih mudah dan praktis kalau Sobat ingin membandingkan harga dari beberapa toko pada waktu bersamaan. Kecuali barang yang ingin Sobat beli memang sangat eksklusif, ingat kalau barang tersebut tidak dijual hanya di satu toko, ya!

Manfaatkan Diskon dengan Bijak

Label Kupon Diskon dan Promo Harga

Kalau tidak dikontrol, diskon justru akan buat pengeluaran makin boros. (Foto: Strategic Juju)

Siapa sih yang tidak ingin dapat diskon? Tak perlu diragukan lagi, adanya potongan harga jelas akan mengurangi pengeluaran Sobat. Akan tetapi, diskon justru malah bisa menjadi alasan mengapa Sobat menjadi boros saat berbelanja. Biasanya, Sobat justru malah mengeluarkan uang lebih banyak untuk belanja karena berpikiran “mumpung diskon, nih!” Apalagi, barang yang dibeli biasanya bukan barang yang benar-benar dibutuhkan.

Nah, kalau ada diskon untuk barang yang memang benar-benar Sobat butuhkan, baru manfaatkan promosi tersebut untuk belanja lebih banyak daripada biasanya. Contohnya produk kebutuhan sehari-hari seperti sabun, sampo, dan makanan instan, serta barang kebutuhan pribadi seperti baju atau make up.

Yakin Kalau Harus Beli?

Meminjam Barang dari Tetangga

Kalau bisa pinjam, mengapa harus keluar uang untuk beli, kan? (Foto: Bob Vila)

Coba Sobat pertimbangkan lebih dulu, apakah barang yang akan dibeli tersebut memang benar-benar harus dibeli? Jangan-jangan, sebenarnya barang tersebut bisa dipinjam dari teman atau tetangga! Apalagi kalau barangnya bukan barang yang akan Sobat gunakan sering-sering.

Memutuskan beli karena merasa harganya murah? Wah, Sobat justru harus berhati-hati karena yang harganya murah tapi tidak dikontrol sering kali jadi alasan mengapa pengeluaran jadi jebol. Andaikan Sobat tidak melupakan tips yang satu ini, coba bayangkan berapa banyak uang yang bisa Sobat hemat!

Baca juga: Atur Keuangan Pribadi Sobat dengan 5 Tips Sederhana Ini, Yuk!

Itulah beberapa tips hemat uang yang, sayangnya, orang-orang sering lupa untuk lakukan. Padahal tips ini punya efek yang ampuh untuk menyelamatkan kondisi finansial pribadi. Semoga setelah ulasan ini, Sobat bisa langsung mencoba dan merasakan manfaatnya, ya!

Agar kondisi keuangan Sobat makin sehat, tidak ada salahnya lho menjajal bisnis sampingan. Apalagi, sekarang ada banyak bisnis sampingan yang bisa dimulai hanya dengan modal minim, seperti usaha pembayaran online dan PPOB. Sobat yang kerja kantoran atau sibuk mengurus keluarga juga tidak perlu khawatir aktivitasnya terganggu. Soalnya, bisnis pembayaran online dan PPOB bisa dilakukan lewat aplikasi smartphone. Contohnya aplikasi Unitedtronik, yang bisa Sobat unduh gratis di Play Store dan App Store.

Yuk, mulai bisnis sampingan Sobat untuk pemasukan tambahan lewat smartphone dengan Unitedtronik sekarang juga!