5 Cara Jitu Jadi Mompreneur Sukses

Menjadi Mompreneur Sukses dengan Tips Ini

Saat ini, menjadi mompreneur menjadi tren yang semakin berkembang di Indonesia. Bahkan, sudah ada banyak wanita di Indonesia yang membuktikan bahwa mereka bisa menjadi mompreneur sukses walaupun harus membagi waktu antara pekerjaan atau bisnis dengan keluarga.

Mompreneur adalah istilah yang menggabungkan kata mom (ibu) dengan entrepreneur (wirausahawan). Artinya, mompreneur merupakan istilah untuk menunjuk seorang ibu rumah tangga yang juga aktif bekerja, baik itu di kantor atau dengan menjalankan usaha sendiri.

Seiring dengan perkembangan teknologi, ibu rumah tangga sekarang bisa lebih leluasa bekerja, bahkan tanpa harus meninggalkan rumah. Soalnya, ada berbagai ide bisnis yang bisa dijalankan ibu rumah tangga di rumah sambil mengurus keluarga, apalagi dengan memanfaatkan internet.

Meskipun bekerja dan mengurus keluarga adalah hal yang sulit untuk dijalankan bersamaan, bukan berarti mustahil, kok. Seperti para mompreneur lain yang sudah sukses, Sobat juga bisa mengikuti jejak mereka!

Yuk, simak lima tips menjadi mompreneur sukses yang perlu Sobat lakukan sekarang juga!

Tips Menjadi Mompreneur Sukses

Manajemen Waktu yang Baik

Ilustrasi Manajemen Waktu untuk Bekerja Secara Efisien

Foto; Iobint

Karena Sobat harus membagi waktu dan tenaga untuk dua dunia – keluarga dan pekerjaan – maka Sobat harus pintar-pintar mengelola waktu. Ingat, Sobat hanya punya 24 jam sehari. Karena itu, Sobat perlu manajemen waktu agar bisa bekerja dengan efisien tanpa harus mengabaikan urusan penting keluarga. Salah satu caranya adalah dengan mengatur jadwal yang jelas.

Baca juga: Urus Keluarga Sambil Bisnis, Inilah 5 Tips Manajemen Waktu Ibu Rumah Tangga

Bangun Komunikasi dengan Anggota Keluarga

Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Foto: TUW.org

Sobat perlu komunikasikan jadwal yang sudah dibuat dengan anggota keluarga lainnya. Dengan begitu, mereka pun tahu kapan tepatnya bisa mendapatkan perhatian Sobat yang sepenuhnya. Selain itu, cara ini menjadi batasan yang jelas untuk membedakan kapan waktunya untuk bekerja dan kapan waktu yang memang dikhususkan untuk urusan keluarga.

Untuk Sobat yang memiliki buah hati yang masih bayi atau masih kecil, biasanya agak sulit untuk Sobat agar bisa mendorong anak agar mau memahami bahwa Sobat sedang bekerja. Kalau begitu, Sobat perlu mengatur jadwal jam kerja di sela-sela jam istirahat si kecil.

Disiplin dalam Urusan Manajemen Keuangan

Ilustrasi Mompreneur Sukses Bekerja Sambil Mengurus Bayi

Foto: Woman’s Day

Pada dasarnya, menjadi mompreneur sama saja dengan menjadi pelaku bisnis pada umumnya. Artinya, Sobat juga harus memiliki kemampuan dalam urusan manajemen keuangan, serta disiplin dalam menerapkannya. Dengan begitu, Sobat pun bisa mengetahui kondisi keuangan dan perkembangan usaha yang Sobat jalankan.

Pilih Jenis Usaha yang Buat Bersemangat

Suasana Meja Kerja Mompreneur yang Bekerja dari Rumah

Foto: Working Mom

Menjalankan bisnis adalah sebuah proses yang panjang dan berkelanjutan. Karena inilah Sobat tidak bisa melakukannya setengah-setengah atau sekadar sesuai mood. Untuk memotivasi Sobat agar selalu bersemangat ketika mengurus bisnis, pilihlah jenis usaha yang bisa buat Sobat terus semangat. Misalnya jenis usaha yang cocok dengan minat atau hobi Sobat.

Selalu Jaga Semangat Kerja

Memasak Bersama Anak Jadi Aktivitas Hiburan di Akhir Pekan

Foto: Country Living Magazine

Ketika Sobat merasa lelah atau jenuh ketika menjalankan usaha di rumah, Sobat tak perlu khawatir. Hal ini lumrah dirasakan bahkan oleh para mompreneur sukses di luar sana sekalipun. Untuk mengatasi perasaan negatif seperti itu, Sobat perlu memanfaatkan waktu luang dengan maksimal, terutama untuk bersantai dan mengistirahatkan tubuh maupun pikiran.

Sobat tak perlu harus pergi berlibur dengan keluarga ke luar kota, kok. Menghabiskan waktu hanya untuk keluarga di akhir pekan saja sudah cukup untuk mengatasi stres karena pekerjaan sehari-hari. Di samping itu, jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup setiap malam, ya!

Baca juga: Tips Bekerja dari Rumah untuk Sobat yang Masih Bertransisi

Menjadi mompreneur sukses memang butuh waktu yang panjang serta kerja keras dan dedikasi yang tinggi. Akan tetapi, Sobat pasti bisa mencapainya! Jangan malu juga walaupun bisnis Sobat masih bisnis rumahan kecil-kecilan. Soalnya, semua bisnis sukses pasti bermula dari yang kecil dulu, kan?

Kalau Sobat sudah lama ingin menjalankan bisnis sendiri, tapi masih belum tahu ingin menjalankan bisnis apa, Sobat tak perlu bingung lagi. Soalnya, Sobat bisa jalankan bisnis pembayaran online dan PPOB yang tidak sulit untuk dijalankan sambil mengurus keluarga sekalipun. Contohnya seperti yang ditawarkan oleh Unitedtronik.

Apalagi, ada aplikasi Unitedtronik yang bisa Sobat gunakan untuk bertransaksi hanya dengan menggunakan smartphone, kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan?

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, dapatkan aplikasi Unitedtronik sekarang juga gratis dari Play Store dan App Store!