Hati-Hati, 7 Kesalahan dalam Usaha Ini Bisa Sebabkan Masalah Besar dalam Bisnis, Lho!

Ilustrasi Kesalahan dalam Usaha yang Perlu Diwaspadai

Ketika Sobat akan memulai bisnis sendiri, mengetahui tips dan langkah untuk mengembangkan dan membesarkan usaha agar sukses ternyata tidak cukup, lho! Agar makin komplit, Sobat juga perlu tahu dan paham apa saja kesalahan dalam usaha yang ternyata bisa mengakibatkan masalah besar yang bisa merugikan bisnis Sobat.

Wah, apa saja ya kesalahan dalam usaha yang perlu Sobat waspadai dan hindari? Yuk, baca ulasannya berikut ini! Selamat membaca dan semoga informasinya bermanfaat untuk bisnis Sobat, ya!

Baca juga: 6 Tips Bisnis untuk Pemula, Bangun Usaha Jadi Menguntungkan

7 Kesalahan dalam Usaha yang Perlu Diwaspadai

1. Tidak Tahu Alasan Mengapa Memulai Usaha

Membuat Perencanaan untuk Bisnis

Apa yang jadi alasan Sobat memulai bisnis? (Foto: Business Law Donut)

Bisa dibilang, kesalahan yang satu ini adalah kesalahan fatal. Sebab, tahu alasannya (why) berarti akan mendorong Sobat untuk mencari jalan untuk mencapai sesuatu, alias bagaimana caranya (how). Padahal, menjalankan usaha hingga sukses adalah sebuah proses panjang. Kalau Sobat tidak tahu mengapa Sobat ingin menjalankan usaha dan tidak tahu harus melakukan apa, jangan heran bisnis Sobat nanti akan bubar begitu saja.

2. Hanya Ikut-Ikutan

Ilustrasi Ikut-Ikutan Kesalahan dalam Usaha

Dalam memulai bisnis, jangan bersikap seperti kambing yang hanya mengikuti kambing lainnya saat digembala. (Foto: Total Result Ag Consulting)

Kesalahan dalam usaha yang satu ini merupakan salah satu alasan mengapa seseorang tidak tahu mengapa ia menjalankan bisnis – “Orang lain semuanya mendapatkan uang dengan cara ini, jadi aku ya ikut-ikutan saja,” kira-kira seperti itu penggambarannya. Jika motivasi tidak datang dari dalam diri sendiri, selamanya Sobat ya hanya akan bergantung pada orang lain.

3. Langsung Berasumsi Bank akan Memberikan Pinjaman

Pengajuan Pinjaman Ditolak

Bank memang bisa memberikan pinjaman untuk usaha, tapi apakah pengajuan Sobat akan pasti diterima? (Foto: Invest Cyberjaya)

Tak perlu diragukan lagi bahwa modal uang adalah salah satu modal penting untuk memulai usaha. Meski begitu, tak jarang banyak yang menunda-nunda keinginan untuk memiliki bisnis sendiri karena merasa belum punya cukup modal. Untungnya, ada berbagai program pinjaman atau kredit yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan modal usaha.

Hanya saja, Sobat juga perlu tahu dan paham bahwa lembaga seperti bank tidak akan memberikan pinjaman dengan begitu mudahnya. Sebab, bisnis yang masih sangat muda dianggap punya risiko tinggi, sehingga biasanya bank tidak akan dengan begitu mudahnya melepaskan dana untuk Sobat pinjam.

Karena itu, menggunakan aset sendiri seperti tabungan tetap jadi pilihan yang paling bisa diandalkan sebagai modal usaha. Baru setelah itu, Sobat bisa ajukan pinjaman setelah bisnis berkembang dan punya prospek menjanjikan.

Baca juga: Sedang Cari Pinjaman Modal Usaha? Perhatikan 4 Hal Ini!

4. …Serta Langsung Berasumsi Bahwa Pelanggan akan Datang Sendiri

Ekshibisi Bisnis

Tanpa promosi, bagaimana bisa pasar tahu kalau Sobat punya bisnis atau produk yang mereka butuhkan? (Foto: La Tempestad)

Bahkan jika Sobat memilih untuk membeli franchise, Sobat tetap perlu melakukan promosi agar pelanggan datang. Jadi, jauh lebih fatal lagi kan kalau Sobat sama sekali tidak mempromosikan bisnis dan produk ketika bisnis dan produk tersebut jelas-jelas masih baru dan belum familiar bagi masyarakat?

5. Mengabaikan Masukan dan Nasehat dari Orang Lain

Hindari Kesalahan Mengabaikan Masukan dari Luar

Ingin bisnis sukses? Buka pikiran dan hati agar bisa melihat segala kemungkinan dan peluang. (Foto: Paycron)

Menjadi pelaku bisnis berarti Sobat harus mau membuka hati dan pikiran. Dengan begitu, Sobat pun bisa mendapatkan masukan atau melihat peluang yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan bisnis. Nah, kalau Sobat meremehkan pentingnya masukan dari luar, bagaimana bisnis Sobat bisa maju, kan?

6. Menomorduakan Konsumen

Ilustrasi Pemilik Bisnis

Bisnis butuh konsumen agar bisa berkembang, jadi pastikan Sobat selalu mencermati apa saja kebutuhan mereka. (Foto: SeeLevel HX)

Sebagus dan sesempurna apapun produk yang sudah Sobat rancang, hasilnya percuma kalau tidak ada yang membeli, alias tidak mampu menjaring konsumen. Kalau begini, bagaimana bisa bisnis meraup untung? Karena itu, Sobat perlu mempelajari pasar dan menggunakan masukan dari segmen bisnis Sobat dalam menentukan dan mengembangkan produk. Intinya adalah satu: buat produk yang bisa menjadi solusi atas kebutuhan atau masalah yang dihadapi segmen pasar.

7. Tidak Membangun Jaringan Relasi

Membangun Relasi dengan Vendor

Bangun relasi dengan vendor, pelanggan, karyawan, hingga kompetitor untuk mengembangkan bisnis. (Foto: Integrity Indonesia)

Walaupun Sobat memulai bisnis sendiri, pada nyatanya proses dijalai dan kesuksesan diraih dengan bantuan pihak-pihak lain – vendor atau supplier, investor, pelanggan, karyawan, pemerintah sebagai pembuat regulasi usaha, hingga kompetitor. Karena itu, Sobat perlu jaringan relasi yang baik dengan berbagai pihak seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Kesalahan dalam usaha tersebut perlu Sobat hindari, tak peduli apa segmen bisnis yang akan Sobat geluti. Artinya, Sobat yang menjalankan usaha sampingan atau bisnis rumahan juga perlu berhati-hati dengan kesalahan-kesalahan tersebut.

Kalau selama ini Sobat ingin punya usaha sendiri, tapi merasa terhalang modal yang tak kunjung cukup, Sobat tak perlu khawatir. Sebab, sekarang ada berbagai ide bisnis modal minim yang bisa Sobat jalankan, termasuk sebagai usaha sampingan. Salah satunya adalah menjadi agen pulsa dan pembayaran PPOB dengan aplikasi Unitedtronik.

Cukup download aplikasinya, registasi, dan isi saldo awal sebagai modal yang jumlahnya bisa bebas Sobat tentukan sendiri, Sobat sudah bisa berjualan, lho! Apalagi Sobat hanya butuh satu aplikasi, jadi Sobat tak perlu buka konter sendiri. Cocok untuk Sobat yang sudah sibuk kerja kantoran, kan?

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai bisnis Sobat sekarang juga dengan Unitedtronik! Download aplikasinya di Play Store dan App Store, gratis!