8 Aplikasi untuk Mudik Ini Dijamin Buat Perjalanan Makin Nyaman dan Lancar, Nih!

Dengan masuknya musim mudik, pastinya Sobat yang rutin menjalankan tradisi ini setiap tahun ingin agar perjalanannya lancar dan nyaman, bukan? Terlebih kalau Sobat mudik menggunakan alat transportasi sendiri. Sayangnya, kemacetan selalu jadi hal lumrah yang “meramaikan” tradisi mudik. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi, tahukah kalau perjalanan Sobat sekarang bisa jadi makin lancar berkat adanya aplikasi untuk mudik?

Bahkan, nyatanya ada berbagai aplikasi untuk mudik yang bisa membantu Sobat, lho! Aplikasi tersebut bisa diunduh secara cuma-cuma di perangkat smartphone Sobat. Nah, apa saja ya nama aplikasinya? Simak di dalam daftar berikut ini!

Daftar Rekomendasi Aplikasi untuk Mudik

Google Maps

Menggunakan Aplikasi untuk Mudik di Mobil

Bukan hanya untuk kegiatan sehari-hari, Google Maps juga bisa dipakai untuk mudik. (Foto: TIRTO)

Wah, siapa yang tak kenal aplikasi ini? Selain bisa membantu kelancaran Sobat saat menggunakan jalan sehari-hari, Google Maps pun merupakan salah satu aplikasi untuk mudik yang populer dan bisa diandalkan, lho! Salah satu keunggulannya adalah adanya tiga tanda warna untuk menunjukkan tingkat kepadatan jalan raya. Kalau warnanya hijau berarti jalanan lancar, kuning berarti jalanan padat, sedangkan merah menunjukkan kondisi macet.

Selain itu, Sobat juga bisa temukan lokasi berbagai fasilitas umum yang pastinya dibutuhkan dalam perjalanan mudik. Misalnya SPBU, rumah makan, rest area, dan tempat ibadah. Kemudian, Sobat pun bisa mengakses Google Maps secara offline selama Sobat sudah mengunduh file peta daerah yang akan Sobat lewati saat mudik nanti.

Baca juga: Pasti Bikin Mudik Makin Praktis, Ini Dia Keuntungan Uang Elektronik Lainnya!

Waze

Aplikasi yang satu ini punya fungsi mirip dengan Google Maps, yaitu aplikasi peta dan navigasi yang juga sering digunakan sehari-hari. Dengan Waze, Anda bisa cek tingkat kemacetan jalanan dan mencari jalur alternatif dengan jarak tempuh terpendek. Di samping itu, sesama pengguna Waze pun bisa saling berbagi informasi soal kondisi jalanan secara real time.

NTMC Mudik

Sedangkan NTMC Mudik merupakan aplikasi yang dirilis Korlantas Mabes POLRI dan pertama kali diperkenalkan Lebaran tahun 2018 kemarin. Mirip dengan Google Maps, Sobat pun bisa mengecek lokasi titik kemacetan, rest area, SPBU, dan sebagainya. Kemudian, dengan aplikasi untuk mudik yang satu ini, pengguna pun dapat mengakses beberapa layanan tambahan. Contohnya Jasa Marga, NTMC TV, Jasa Raharha, serta informasi resmi dari POLRI.

HERE WeGo

Kalau Sobat khawatir di jalan nanti kesulitan mendapatkan sinyal, Sobat sekarang sudah bisa lega karena ada aplikasi HERE WeGo yang bisa digunakan tanpa koneksi internet, lho! Dengan fungsi mirip dengan Google Maps dan Waze, Sobat yang akan mudik ke daerah dengan jaringan internet yang lambat dijamin bisa tetap menikmati perjalanan yang lancar.

Travoy

Travoy adalah aplikasi yang dibuat dan dikembangkan Jasa Marga. Dengan Travoy, Sobat bisa masukkan tanggal keberangkatan untuk digabungkan dengan data pengguna lainnya. Kemudian, Sobat pun bisa mengecek kira-kira berapa banyak orang yang akan mudik pada waktu yang sama.

Di samping itu, Travoy pun menawarkan beragam informasi penting terkait mudik. Misalnya tarif tol, pemesanan makanan di rest area dalam radius 20 km, dan lokasi rest area. Ada juga fitur Yuk Mampir yang menampilkan daftar lokasi wisata serta kuliner di luar area tol jika Sobat ingin beristirahat sejenak di sela-sela perjalanan.

LM – Info Traffic Lalu Lintas

LM alias Lewat Mana punya berbagai informasi penting yang pastinya berguna untuk para pemudik. Sobat bahkan bisa temukan informasi tentang kecelakaan lalu lintas, lho! Di samping itu, ada juga fitur pantauan lalu lintas lewat CCTV. Hanya saja, saat ini fitur tersebut hanya bisa digunakan untuk CCTV yang tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali.

Baca juga: Atur Keuangan Saat Mudik dengan 4 Tips Jitu Ini!

MAXstream

Telkomsel bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) POLRI untuk menyajikan live streaming pantauan lalu lintas di jalur mudik lewat 50 CCTV lewat kanal Mudik Hepi 2019 di dalam aplikasi ini. Sobat bisa mengaksesnya selama sebulan, yaitu sejak 27 Mei sampai 26 Juni 2019. Jalur mudik yang terpantau dalam 50 CCTV tersebut tersebar dari Pelabuhan Merak, Bakauheni, sampai Ketapang.

Peta Jelajah Nusantara

Pengguna Menunjukkan Aplikasi Peta Jelajah Nusantara di Smartphone-nya

Aplikasi Peta Jelajah Nusantara bisa juga dimanfaatkan untuk mudik lancar, nih! (Foto: Liputan6)

Sementara itu, aplikasi ini merupakan buah dari kerja sama antara PT XL Axiata Tbk dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Karena terhubung dengan Google Maps, Sobat pun bisa mengakses berbagai fitur navigasi yang tersemat di dalamnya, termasuk jalur mudik menuju posko kesehatan, terminal bus, dan posko mudik. Selain itu, ada juga informasi tentang masing-masing posko serta pengaturan jalur lalu lintas.

Agar mudik Sobat semakin nyaman dan lancar, pastikan paket internet Sobat sudah terisi, ya! Kalau lupa, Sobat tak perlu cemas atau repot-repot cari swalayan, konter, atau ATM, kok. Soalnya, ada aplikasi Unitedtronik yang punya produk lengkap dan pastinya hemat!

Yuk, download aplikasi Unitedtronik sekarang juga di Play Store dan App Store. Selamat mudik ya Sobat, semoga selamat dan lancar di perjalanan!