Facebook Down Ulah Pemerintah? Ini Penjelasan Kominfo

Gangguan Server Menyebabkan Facebook Down pada 14 April 2019

Seperti yang sudah Sobat ketahui, Facebook down pada Minggu 14 April 2019 kemarin juga mengakibatkan pengguna tidak bisa mengakses Instagram dan WhatsApp. Rupanya, penyebabnya sudah diketahui.

Baca juga: Update Facebook Terbaru Akan Perketat Persebaran Kabar Bohong

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Keminfo), masalah tersebut disebabkan oleh gangguan pada server. Karena itulah Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak bisa diakses di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Facebook Down Sebabkan Pengguna Sulit Akses Instagram dan WhatsApp

Foto: iNews.id

Kominfo merilis pernyataan tersebut lantaran timbul tuduhan bahwa gangguan tersebut dikarenakan pemerintah. Hal ini diketahui dari adanya pesan berantai yang beredar di WhatsApp begitu layanan telah kembali normal. Dalam pesan tersebut, ditulis bahwa gangguan yang terjadi merupakan upaya pemerintah dalam merekam jejak pengguna di media sosial.

Baca juga: Sekarang Bisa Daftar WhatsApp Tanpa Nomor HP, Lho!

Gangguan yang terjadi kemarin dan menyebabkan Facebook down membuat platform media sosial ini tak bisa digunakan di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Thailand, Prancis, Bahrain, sampai Oceania. Masalah yang terjadi juga mengakibatkan timbulnya gangguan pada WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger.

Dilansir dari The Verge, gangguan layanan tersebut adalah gangguan kedua yang terjadi dalam kurun satu bulan.

Jangan lupa isi pulsa dan paket internet favorit Sobat supaya tidak ketinggalan update informasi terkini. Unduh aplikasinya gratis di Play Store atau App Store sekarang juga!