Gomi Produksi Speaker Berbahan Dasar Limbah Plastik dengan Desain Unik

Foto: Gomi

Sebuah perusahaan desain asal Inggris, Gomi, berhasil membuat speaker dengan bahan dasar limbah plastik. Berbasis di kota Brighton, perusahaan ini mendaur ulang limbah plastik tipe Low Density Polythylen (LDPE) menjadi speaker bluetooth dengan desain unik.

Baca juga: Aplikasi Agritech RiTX Buat Petani Bisa Bekerja dengan Teknologi Masa Kini

Dilansir dari Newsatkas, Gomi membutuhkan proses yang cukup rumit untuk menghasilkan speaker go green ini. Setidaknya ada tiga modul yang digunakan untuk membuat tiap speaker yang masing-masing terdiri dari 100 kantong plastik. Setiap modul ini kemudian akan dilebur, dikompresi dan dicetak menjadi bahan kerangka speaker.

Baca juga: 8 Hal Sepele yang Bisa Dilakukan untuk Lebih Hemat Biaya Listrik

Gomi bekerja sama dengan penjual di Sussex untuk mendapatkan limbah plastik yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, perusahaan juga menerima limbah plastik yang berasal dari rumah. Hal ini sesuai dengan fokus utama Gomi, yakni mengurangi penimbunan dan pembakaran limbah plastik.

Baca juga: Perdana! Lexar Pasarkan MicroSD Berkapasitas 1TB

Desain dan pola pada setiap speaker sangatlah unik. Hal ini dikarenakan Gomi membuatnya secara handmade untuk memperkuat kesan antik pada speaker buatannya ini. Untuk ukurannya, speaker ini berdimensi 138x270x80 mm dan dilengkapi dengan Bluetooth 4.0 serta baterai Li-Ion 20.000 mAh  yang tahan selama 18 jam untuk memutar musik.

Baca juga: Wanna Kicks AR, Aplikasi Canggih untuk Pencinta Sneaker

Lalu berapa harga speaker unik ini? Setiap setnya, speaker daur ulang ini dihargai sebesar sekitar $260 atau setara dengan 3,7 juta rupiah. Sobat penasaran ingin memilikinya? Sabar dulu karena speaker ini baru akan rilis ke publik pada bulan November 2019 mendatang.

Selalu update informasi terkini mengenai topik favoritmu. Pastikan kuota internetmu selalu terisi #denganUnitedtronik. Download aplikasinya DI SINI. (Ind.)