Ingin Memulai Bisnis Patungan dengan Teman atau Saudara? Perhatikan 5 Hal Ini!

Memulai Bisnis Patungan dengan Teman atau Saudara

Modal sering kali jadi masalah yang mengganjal banyak orang yang ingin memulai usahanya sendiri. Karena modal yang kurang, akhirnya banyak yang menunda, atau bahkan mengubur keinginan untuk menjalankan bisnis. Padahal, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan, seperti menjalankan bisnis patungan bersama dengan seseorang yang sudah dipercaya.

Dengan menjalankan bisnis patungan, Sobat pun bisa mendapatkan tambahan modal sambil menjalankan bisnis bersama dengan orang yang Sobat sudah percaya, seperti teman atau saudara. Meski begitu, bukan berarti memulai bisnis dengan modal patungan bisa dilakukan tampa mempertimbangkan hal-hal tertentu, lho.

Untuk Sobat yang sudah berniat untuk menjalankan bisnis  secara patungan, perhatikan lima hal penting berikut ini, ya! Dengan begitu, usaha yang dijalankan bisa berjalan lancar dan hubungan Sobat dengan rekan bisnis bisa tetap harmonis.

Baca juga: Hati-Hati! Pikiran-Pikiran Seperti Ini Bisa Jadi Penyebab Bisnis Gagal, Lho

Tips Sukses Memulai Bisnis Patungan

Tentukan Tujuan Bisnis yang Jelas

Merencanakan Bisnis Bersama Rekan

Foto: BusinessTown

Sama seperti ketika Sobat memulai bisnis dengan modal sendiri, Sobat juga perlu menentukan dengan jelas apa tujuan bisnis patungan yang akan dijalankan tersebut. Jangan lupa pakai formula SMART Goal dalam menyusun rencana bisnis, ya!

Buat Perjanjian Bisnis

Ilustrasi Tanda Tangan Surat Perjanjian

Foto; Korea Bizwire

Pada dasarnya, uang merupakan topik sensitif, apalagi dalam urusan bisnis. Karena itu, sejak awal Sobat dan rekan bisnis perlu sama-sama menjabarkan dengan jelas tentang tugas, tanggung jawab, dan wewenang masing-masing sebagai penyetor modal. Selain itu, jumlah bagi hasil untuk masing-masing penyetor modal juga harus jelas.

Untuk kelancaran dan mencegah terjadinya salah paham di kemudian hari, buat perjanjian tertulis dan resmi secara hukum yang mencantum hal ini. Sebab, walaupun bisnis dijalankan dengan modal dari dua orang atau lebih, ada juga pemegang modal yang hanya ingin menyetorkan dana tapi tidak ingin terlibat dalam operasional bisnis. Walaupun rekan bisnis Sobat adalah saudara sendiri atau sahabat, poin ini jangan pernah sampai disepelekan.

Tentukan Pembagian Tugas yang Jelas

Mendiskusikan Bisnis Patungan Bersama dengan Teman atau Saudara

Foto: Refinery29

Hal ini berkaitan dengan perjanjian bisnis yang sudah disinggung sebelumnya. Di dalam perjanjian, tercantum dengan detail apa saja tugas masing-masing pemilik modal. Hal ini penting untuk menentukan batasan masing-masing pemilik modal dalam operasi bisnis. Jangan sampai terjadi perselisihan karena salah satu – atau malah semuanya – merasa kalau bisnis patungan tersebut milik mereka sendiri, sehingga membuat keputusan dan bertindak dengan seenaknya.

Baca juga: 5 Pelajaran Sukses untuk Bisnis Sobat dari Anthony Tan, Pendiri Grab

Jaga Rasa Saling Percaya

Dua Teman Memulai Bisnis Bersama-Sama

Foto: Coco’s Tea Party

Mustahil untuk bisa bekerja dengan seseorang yang tak bisa Sobat percayai, karena hal ini jelas akan sangat berpengaruh pada dinamika dan kelancaran bisnis di kemudian hari. Bahkan jika Sobat memulai bisnis patungan bersama teman yang sudah dikenal selama bertahun-tahun maupun saudara yang dekat sekalipun, menjalankan bisnis berbeda dengan aktivitas lainnya.

Untuk mencegah perselisihan karena masalah yang timbul, bangun sistem komunikasi dengan rekan Sobat. Dengan begitu, masalah dalam bisnis yang timbul bisa diketahui dan dibahas bersama-sama. Dengan begitu, tidak akan timbul rasa curiga dan tidak percaya antara satu sama lain.

Komitmen Penuh

Ilustrasi Komitmen Usaha dalam Bisnis Bersama Rekan

Foto: Big Lemon

Ingat, menjalankan bisnis bukanlah sesuatu yang bisa Sobat jalankan setengah hati. Hal yang sama pun perlu diketahui dan dipahami oleh rekan bisnis Sobat. Komitmen penuh antara kedua belah pihak pastinya akan sangat memengaruhi kelancaran operasi bisnis dan meminimalisir risiko terjadi perpecahan yang dapat berdampak negatif pada kelangsungan usaha.

Menjalankan usaha dengan bisnis patungan jelas menjadi alternatif yang patut dipertimbangkan, terlebih jika modal minim jadi masalah Sobat. Akan tetapi, tahukah Sobat kalau sebenarnya ada beberapa ide bisnis yang bisa Sobat jalankan dengan modal kecil sekalipun?

Meskipun hanya butuh modal minim, potensi untungnya tetap menarik, kok! Salah satunya adalah bisnis pembayaran online dan PPOB seperti yang dimiliki Unitedtronik. Dengan produk lengkap dan kemudahan bertransaksi lewat aplikasi smartphone, Sobat bahkan bisa menjalankan usaha sampingan ini sambil tetap melakukan aktivitas sehari-hari.

Yuk mulai bisnis Sobat sekarang juga dengan Unitedtronik! Dapatkan aplikasinya secara gratis di Play Store dan App Store.