Samsung Patenkan Desain Smartphone Layar Gulung, Desain untuk Produk Masa Depan?

Samsung Dapatkan Paten untuk Desain Smartphone Inovatif

Samsung masih mencari cara bagaimana mereka bisa merilis Galaxy Fold yang – sayangnya – diterpa masalah ketahanan dan masih belum jelas kapan akan dirilis. Meski demikian, hal tersebut tidak cukup untuk menghentikan perusahaan Korea Selatan tersebut dalam menciptakan inovasi desain smartphone baru. Hal ini dibuktikan dengan paten teranyar yang diperoleh Samsung untuk desain smartphone layar gulung.

Paten Desain Smartphone Layar Gulung

Dalam paten terkini yang diajukan kepada World Intellectual Property Office (WIPO), bukannya mematenkan desain smartphone lipat lagi, Samsung rupanya memamerkan desain untuk smartphone gulung. Informasi tersebut ditemukan oleh Let’s Go Digital, seperti yang dilansir dari Gizmodo.

Desain tersebut memang menunjukkan smartphone biasa, namun sebenarnya ada layar gulung istimewa di dalamnya. Bagian atas perangkat pun nampaknya bisa ditarik keluar, yang menyebabkan ukuran layar dengan aspect ratio yang pastinya berbeda dengan aspect ratio yang saat ini banyak digunakan. Terlepas dari ukuran layarnya yang tinggi, sekilas desain tersebut mirip dengan desain Blackberry Priv yang rilis pada 2015 silam.

Desain Smartphone Layar Gulung Samsung

Gambar desain smartphone baru yang sudah dipatenkan Samsung. (Foto: The Verge)

Smartphone layar gulung sejatinya bukanlah sesuatu yang mustahil. Buktinya, LG telah merilis TV dengan jenis layar serupa pada awal tahun ini, sementara Corning – pemasok Gorilla Glass untuk berbagai produsen smartphone, termasuk Apple – melaporkan perkembangan dalam produk kaca lipat yang tengah mereka buat. Meski begitu, para pengamat beranggapan bahwa teknologi layar gulung ini masih butuh waktu beberapa tahun sampai akhirnya bisa digunakan untuk smartphone.

Di samping itu, tak pelak lagi masyarakat pun mempertanyakan daya tahan smartphone layar gulung tersebut. Apalagi dengan mempertimbangkan mekanisme gesernya, yang bisa jadi sama rentannya terhadap butiran debu seperti masalah yang dialami dengan Galaxy Fold.

Pada akhirnya, smartphone dengan layar lipat maupun komponen yang dapat digerakkan memang akan memancing keraguan terlebih dahulu. Meski begitu, ada harapan juga bahwa Samsung akan menemukan cara untuk menerapkan teknologi pada produk smartphone mereka kalau nantinya benar akan dilepas di pasaran.

Ikuti terus perkembangan informasi teknologi setiap hari tanpa harus khawatir kuota internet habis! Beli paket data di mana saja dan kapan saja, bahkan sambil tiduran di kamar, dengan aplikasi Unitedtronik. Dapatkan aplikasinya gratis di di Play Store dan App Store sekarang juga!