Sukses Kembangkan Petani Bali, Panen.id Akan Merambah Yogyakarta

Satu lagi start up pertanian asal Indonesia, Panen.id yang siap untuk membantu petani Indonesia lebih maju lagi. Aplikasi yang dikembangkan oleh Johannes Dwi Cahyo Kristanto ini memfasilitasi para petani untuk menjual hasil panennya. Namun, ada perbedaan konsep bisnis yang menjadi perbedaan aplikasi ini dari aplikasi serupa.

Baca juga: Aplikasi Agritech RiTX Buat Petani Bisa Bekerja dengan Teknologi Masa Kini

Panen.id mengembangkan pola business to business (B2B) yang membantu petani menjual hasil panennya sekaligus dalam partai besar. Sasaran pembelinya adalah badan usaha seperti kafe, hotel dan katering. Sistem penjualan ini tentu lebih menguntungkan dibandingkan jika petani menjual hasil panennya untuk konsumsi rumah tangga karena petani tidak perlu menjual hasil panennya per kilogram atau bahkan kurang.

Baca juga: Gomi Produksi Speaker Berbahan Dasar Limbah Plastik dengan Desain Unik

Tidak hanya menjembatani penjualan kepada badan usaha, sisa hasil panen yang dimiliki petani juga bisa dijual di pasar offline yakni Panen Fresh. Di gerai milik Panen.id ini, petani akan bisa memasarkan hasil ladangnya kepada konsumen rumahan. Hal ini dirasa lebih menguntungkan bagi petani maupun konsumen karena petani dapat memperoleh harga yang lebih layak sedangkan konsumen akan mendapatkan barang yang lebih segar.

Baca juga: Tarif Ojek Online Naik Senin Depan, 5 Km Pertama Rp 10.000

Mengawali pergerakan di Bali, Panen.id sukses menguhubungkan petani dengan banyak hotel besar. di Bali seperti Hotel Santika Seminyak Bali, Fave Hotel, Ayana, Padma Legian, Four Seasons dan masih banyak lagi. Tahun ini, mereka mulai melebarkan kegiatan ke Yogyakarta dan telah menjalin kerjasama dengan beberapa hotel besar seperti The Royal Ambarukmo dan The Phoenix Hotel.

Baca juga: #TrashtagChallenge Viral, Berani Ikutan untuk Buat Bumi Lebih Bersih?

Start up yang baru berjalan dua tahun lebih ini juga telah meraih berbagai penghargaan, lho, Sobat. Beberapa diantaranya yaitu SDBT 2016, BEKRAF Pitch Day 2016, Startup World Cup 2017, Impact Accelerator Programs dan GNB Accelerator.

Ikuti informasi terkini mengenai topik favoritmu. Pastikan kuota internetmu selalu terisi dengan Unitedtronik. Dapatkan aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store sekarang juga. (Ind.)