Supaya Tidak Kelaparan Waktu Puasa, Ini Dia 5 Tips Bangun Sahur yang Ampuh!

Sobat sering kesulitan bangun saat sahur, jadi lebih memilih untuk melewatkan waktu ini? Kalau iya, Sobat perlu segera menerapkan tips bangun sahur berikut ini! Walaupun makan saat sahur hukumnya sunah, momen ini penting untuk menjaga Sobat tetap berenergi ketika berpuasa sepanjang hari, lho! Soalnya, Sobat baru bisa makan dan minum lagi ketika sudah datang waktunya berbuka.

Yuk, simak dan terapkan tips bangun sahur berikut ini!

Tips Bangun Sahur Agar Puasa Lancar

Hindari Konsumsi Kafein 10 Jam Sebelum Tidur

Seorang Barista Sedang Menyiapkan Secangkir Kopi Latte

Foto: Noteworthy

Sebaiknya hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein ketika dan setelah berbuka puasa. Contohnya kopi, cokelat, dan minuman bersoda. Dengan begitu, kafein tidak akan masuk ke dalam aliran darah dan Sobat bisa lebih mudah tidur di malam hari. Artinya, Sobat pun menghindari risiko tidak bangun sahur karena begadang.

Baca juga: Lupa Makan Sahur? Tenang, Ikuti Tips Ini Supaya Aktivitas Tetap Lancar

Stop Makan Sebelum Tidur

Tips Bangun Sahur dengan Hindari Makan Makanan Berat Sebelum Tidur

Foto; Freepik

Agar Sobat tidak jadi mendadak berenergi sebelum waktunya beristirahat, yang pastinya akan membuat Sobat justru tidak bisa tidur, jangan makan menjelang jam tidur. Idealnya, batasi makan sampai sekitar tiga jam sebelum waktu biasanya Sobat beristirahat. Cara ini juga dapat membantu mencegah naiknya asam lambung alias refluks, yang pastinya bisa mengganggu tidur Sobat.

Stop Bekerja Sebelum Tidur

Hindari Bekerja Sebelum Tidur Tips Bangun Sahur

Foto; Shopify

Sama seperti makan, Sobat juga perlu stop mengerjakan urusan pekerjaan sebelum waktu tidur. Pastikan Sobat sudah menyelesaikan hal-hal penting, termasuk mengecek email sekalipun, agar bisa sepenuhnya fokus beristirahat begitu berbaring di tempat tidur. Artinya, hindari begadang menyelesaikan urusan pekerjaan kecuali jika kondisinya memang sangat mendesak – Sobat mungkin bisa pertimbangkan untuk selesaikan pekerjaan setelah jam sahur saja.

Baca juga: Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa? Pasti Bisa dengan 6 Tips Ampuh ini!

Jauhkan HP, Laptop, dan TV dari Pandangan Sebelum Tidur

Seorang Anak Kecil Sedang Melihat Smartphone di Malam Hari

Foto: The Telegraph

Tahukah Sobat kalau layar smartphone, laptop, dan TV memiliki cahaya biru yang membuat Sobat justru jadi sulit tidur? Karenanya, buat mata nyaman sebelum tidur dengan menjauhkan barang-barang elektronik tersebut sejam sebelum waktu istirahat malam Sobat. Untuk menunggu sampai rasa kantuk datang, Sobat bisa membaca, bermeditasi, atau merenung.

Oh iya, tips bangun sahur yang satu ini juga bisa diterapkan sehari-hari setelah bulan Ramadan berlalu, lho! Dengan begitu, tak ada lagi yang namanya begadang main game atau nonton drama Korea semalaman yang pasti membuat produktivitas menurun saat bekerja keesokan harinya!

Pasang Alarm? Jangan Di-snooze!

Ilustrasi Sulit Bangun Saat Sahur

Foto: Freepik

Pastinya, alarm menjadi solusi untuk membantu Sobat bangun saat jamnya sahur. Akan tetapi, jangan sampai Sobat tergoda bujukan untuk memencet tombol snooze dengan alasan “tidur 10 menit lagi, ah”. Kalau dipencet terus-terusan, yang tadinya hanya 10 menit bisa-bisa jadi 30 menit atau bahkan sejam, lho! Bisa-bisa, Sobat bangun terlambat dan tidak bisa sahur!

Semoga kelima tips bangun sahur tepat waktu di atas bisa membantu Sobat bangun tepat waktu, ya! Kan sayang kalau produktivitas dan konsentrasi Sobat harus terganggu ketika beraktivitas di siang hari karena terlambat bangun untuk sahur.

Baca juga: 3 Waktu Paling Pas untuk Olahraga Saat Puasa

Agar Sobat makin produktif selama Ramadan, Sobat bisa mulai bisnis Sobat sendiri sekarang juga, lho! Untuk urusan modal, Sobat tak perlu khawatir karena Sobat bisa mulai tanpa harus keluar modal jutaan. Apalagi, Sobat juga bisa bertransaksi dengan mudah tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari seperti kuliah dan ngantor.

Kok bisa, ya? Tentu saja bisa, karena ada aplikasi Unitedtronik yang bisa digunakan untuk segala transaksi pembayaran online dan PPOB. Mulai dari pulsa, paket internet, tagihan PPOB, cicilan multifinance, asuransi, sampai voucher game online, semua transaksi tersebut bisa dilakukan hanya dari smartphone Sobat.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Unitedtronik di Play Store dan App Store dan mulai bisnis Sobat sekarang juga!